Connect with us

Sumut

Plt Walikota Medan Minta BPJS Segera Lunasi Tunggakan Rp 19 M ke RS Pirngadi

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt)  Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM berharap pihak BPJS Kesehatan segera melunasi tunggakan kepada RSUD Dr Pirngadi Medan sebesar Rp 19 miliar. Pelunasan sangat diharapkan guna kelancaran operasional pelayanan kesehatan di rumah sakit milik Pemko Medan tersebut. 

“Akibat belum dibayarnya tunggakan sebesar Rp.19 miliar, terus terang kondisi RSUD Dr Pirngadi saat ini ‘megap’. Sebagian besar pemasukan RSUD Dr Pirngadi Medan dari pembayaran BPJS kesehatan. Apabila tunggakan itu tak segera dibayar, bagaimana RSUD Dr Pirngadi bisa memberikan pelayanan kesehatan dengan baik, termasuk membayar gaji  pegawai non ASN,” kata Sekda.

Ungkapan sekaligus keluhan ini disampaikan Sekda ketika menerima kunjungan jajaran BPJS Kesehatan Pusat  yang dipimpin  Dr dr H Bayu Wahyudi  MKes MM selaku Direktur Kepatuhan Hukum dan  Hubungan Antar Kerjasama di Balai Kota Medan, Kamis (14/11/2019). Pasalnya, beberapa kali pertemuan dengan BPJS Kesehatan Cabang Medan dilakukan, tidak ada solusi terkait pembayaran tunggakan tersebut.

Selain tunggakan BPJS Kesehatan sebesar Rp.19 miliar tersebut, Sekda juga mengungkapkan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No.75/2019 terhitung mulai 1 Januari 2020  akan memberatkan APBD Kota Medan. Terhitung Juni 2019, tercatat sebanyak 324.570  orang warga miskin di Kota Medan yang ditanggung Pemko Medan sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Dengan kenaikan tersebut, jelas Sekda, iuran peserta PBI yang semula Rp.23.000/bulan meningkat menjadi Rp.42.000/bulan sehingga terjadi kenaikan sebesar Rp.19.000. Sedangkan untuk APBD 2020 dan sudah disahkan DPRD Medan yakni Rp.111 miliar lebih untuk peserta PBI.  “Artinya, dibutuhkan tambahan anggaran sebesar Rp.100 miliar untuk menyikapi kenaikan tersebut,” jelasnya.

Oleh karenanya Sekda menyambut baik kedatangan jajaran BPJS Kesehatan Pusat. Diharapkannya, kedatangan itu dapat menyelesaikan persoalan BPJS Kesehatan di Kota Medan, salah satunya tunggakan sebesar Rp.19 miliar tersebut. Dengan demikian RSUD Dr Pirngadi Medan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

Direktur Kepatuhan Hukum dan  Hubungan Antar Kerjasama BPJS Kesehatan Pusat Dr dr H Bayu Wahyudi  MKes MM mengatakan, tujuan kedatangan mereka, selain ingin berkomunikasi, juga mencari solusi guna menyelesaikan masalah BPJS Kesehatan di Kota Medan. Diakuinya, tidak hanya dengan RSUD Dr Pirngadi, BPJS Kesehatan juga punya tunggakan dengan rumah sakit lainnya di Indonesia.

“Tunggakan itu kita sebut gagal bayar (hutang). Sampai Oktober 2019, gagal bayar BPJS Kesehatan secara nasional dengan seluruh rumah sakit di Indonesia sebesar Rp.19 triliun. BPJS Kesehatan akan menyelesaikan seluruh tunggakan tersebut,” ungkap Bayu.

Adapun upaya untuk mengatasi gagal bayar tersebut, jelas bayu, diantaranya dengan menaikkan iuran BPJS Kesehatan melalui Perpres No.75/2019, dimana iuran Kelas 3 yang semula hanya Rp.23.000/bulan naik menjadi Rp.42.000/bulan, iuran Kelas 2 dari Rp.51.000/bulan menjadi Rp.110.000/bukan dan Kelas 1 yang semulan Rp.80.000/bulan menjadi Rp.160.000/bulan.

Kemudian, imbuhnya, melalui suntikan dana dari pemerintah. Menurut Bayu, pemerintah dalam waktu dekat ini akan membantu memberikan dana sebesar Rp.9 triliun   kepada BPJS kesehatan untuk mengatasi gagal bayar tersebut. “Sisa gagal bayar yang Rp.10 triliun lagi  sudah kita carikan solusi untuk membayarnya,” ungkapnya.

Mendengar penjelasan Bayu Wahyudi, Sekda dalam pertemuan yang juga dihadiri Kepala Badan Pengelola Kuangan dan Aset daerah (BPKAD) Kota Medan T Ahmad Sofyan, perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Medan, RSUD Dr Pirngadi, Bappeda Kota Medan serta unsur BPJS Kesehatan Cabang Medan, sangat berharap agar suntikan dana dari pemerintah sebesar Rp.9 triliun, diantaranya  digunakan untuk membayar tunggakan dengan RSUD Dr Pirngadi. (lamru)

Advertisement

Sumut

Marihot Nainggolan dan Ricky Chandra Siallagan Pimpin BPMF FIP Unimed

Published

on

Medan, Geosiar.com – Marihot Nainggolan dan Ricky Chandra Siallagan dipercayakan memimpin BPMF FIP Unimed periode 2020-2021. Mereka terpilih melalui sidang pleno yang dilaksanakan di Medan, Selasa (10/12/2019).

Rapat pleno dibuka oleh KPU PEMIRA FIP Unimed dan dilanjutkan Damai Zega selaku pimpinan sidang tetap yang juga anggota BPMF FIP terpilih. Pleno BPMF FIP sendiri dihadiri para anggota BPMF FIP terpilih.

Dalam pelaksanaan rapat Pleno BPMF FIP, berhasil menentukan Marihot Nainggolan sebagai Ketua Umum dan Ricky Chandra Siallagan sebagai Sekretaris Umum. Keduanya dipilih oleh anggota BPMF FIP yang menghadiri Rapat Pleno. Sedangkan unruk bendahara dipercayakan kepada Frisky Sandeva.

Setelah pleno usai, Marihot yang juga sebagai Ketua Umum terpilih yang didampingi Ricky Candra Nainggolan
mengucapkan terimakasih kepada seluruh Anggota BPMF FIP Unimed yang sudah mempercayakan Tonggak Kepemimpinan BPMF FIP setahun kedepan kepadanya.

Marihot berjanji akan menjaga amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. (rel)

Continue Reading

Sumut

Ridho Enggar dan Selviani Simanjorang Pimpin SEMA FIP Unimed

Published

on

Medan, Geosiar.com – SEMA FIP Unimed telah menggelar sidang pleno untuk menentukan Ketua dan Sekretaris SEMA FIP Unimed Periode 2020-2021, Selasa (10/12/2019). Sidang pleno dibuka oleh KPU PEMIRA FIP Unimed dan dilanjutkan Hotnita Gultom selaku pimpinan sidang tetap yang juga anggota SEMA FIP terpilih.

Pleno SEMA FIP sendiri dihadiri oleh 10 Anggota SEMA FIP, dimana 5 diantara nya tidak hadir dalam rapat Pleno tersebut.

Di dalam rapat Pleno SEMA FIP berhasil memilih Duet Ridho Enggar sebagai Ketua Umum dan Selviani Simanjorang sebagai Sekretaris Umum. Keduanya dipilih oleh seluruh anggota SEMA FIP yang hadiri.

Keduanya akan memimpin SEMA FIP dalam setahun kedepan dibantu oleh seorang Bendahara Umum, Yaitu Bethania Naibaho.

Setelah Pleno berakhir, Ridho yang juga sebagai Ketua Umum terpilih mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota SEMA FIP Unimed yang sudah mempercayakan tonggak kepemimpinan SEMA FIP setahun kedepan.

“Saya membutuhkan kerjasama tim yang baik untuk menjalankan roda organisasi. Karena SEMA ini adalah dari kita dan untuk kita,” harap Ridho.

Ridho pun berjanji akan membawa Fakultas Ilmu Pendidikan menjadi lebih baik lagi kedepannya. (rel)

Continue Reading

Sumut

Gubsu Hadiri Panen Raya Tiga Komoditas di Simalungun

Published

on

Gubsu Hadiri Panen Raya Tiga Komoditas di Simalungun (Antaranews)

Geosiar.com, Simalungun – Gubernur Sumatera Utara atau Gubsu Edy Rahmayadi ikut memanen tiga komoditas hasil pertanian di Nagori Maligas Bayu, Kecamatan Huta Bayu Raja, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Wakil Bupati Simalungun H Amran Sinaga pada Selasa (10/12/2019) mengatakan, Gubsu turut hadir sebelum membuka Festival Danau Toba Ke 7 tahun 2019 di Open Stage Parapat, Simalungun pada (9/12/2019).

Wakil Bupati berharap agar panen raya padi, jagung dan cabai merah dapat menjadikan Nagori Maligas Bayu sebagai destinasi wisata tani kedepannya.

Sementara bantuan bibit dan 50 ekor ternak sapi dapat menjadi motivasi bagi petani untuk menciptakan pupuk organik.

Apalagi seperti diketahui, Kabupaten Simalungun adalah lumbung beras di Sumatera Utara serta berperan mendorong meningkatkan produksi hasil pertanian sebesar 70 persen.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com