Connect with us

Olahraga

Lorenzo Pensiun dari MotoGP

Published

on

Jorge Lorenzo didampingi CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta saat menggelar jumpa pers, Kamis (14/11/2019) sore waktu setempat. [Foto: motogp.com]

Geosiar.com, Olahraga – Rider Repsol Honda, Jorge Lorenzo, mengumumkan pensiun dari dunia balapan MotoGP setelah musim 2019 berakhir. Hal itu disampaikan Lorenzo dalam konferensi pers dadakan pada Kamis (14/11/2019) sore waktu setempat atau malam WIB.

Pebalap berkebangsaan Spanyol itu menegaskan balapan MotoGP Valencia 2019 di Sirkuit Ricardo Tormo, yang digelar pada Minggu (17/11/2019) akan menjadi momen terakhirnya memacu motor.

“Saya selalu berpikir ada empat hari signifikan dalam hidup pebalap; balapan pertama, kemenangan pertama, gelar juara dunia pertama, dan kemudian hari di mana anda pensiun,” tutur Lorenzo, seperti dilansir Crash, Jumat (15/11/2019).

“Seperti yang anda semua pikirkan, saya di sini untuk mengumumkan harinya sudah tiba bagi saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP,” lanjut dia.

Rider 32 tahun itu mengaku pertama kali memikirkan untuk pensiun usai mengalami cedera akibat kecelakaan di Assen, MotoGP Belanda. Saat itu dia mengalami cedera retak tulang belakang, sampai harus absen membalap di tiga seri MotoGP 2019.

“Saya pertama kali berpikir tentang pensiun setelah cedera di Assen [Belanda], lalu membuat keputusan akhir setelah Malaysia,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Lorenzo juga meminta maaf karena gagal memenuhi harapan besar Honda yang pernah dijanjikannya kepada Manajer Repsol Honda, Alberto Puig.

“Saya harus bilang saya sungguh minta maaf kepada Honda. Terutama Alberto, yang memberikan saya kesempatan ini. Saya masih sangat ingat salah satu pertemuan dengannya, untuk memulai pembicaraan tentang kepindahan saya ke Honda. Sayangnya, saya harus berkata saya mengecewakannya. Saya mengecewakan Honda” ungkapnya.

Sebagai informasi, Jorge Lorenzo mengoleksi lima gelar juara dunia. Dua kali menjadi juara kelas 250cc (2006 dan 2007) dan tiga kali MotoGP (2010, 2012, dan 2015). Namun pada musim ini, performa Lorenzo menurun. Ia tercatat hanya menempati peringkat ke-18 dengan 25 poin, belum pernah naik podium, apalagi menang.