Connect with us

Politik

Anggota DPRD Medan, Mulia Syahputra: Kepling Dituntut Proaktif Soal Kebersihan dan Kenyamanan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota DPRD Medan Mulia Syahputra Nasution minta Plt Walikota Medan agar tegas memberdayakan seluruh Kepala lingkungan (Kepling) dan Lurah agar bertanggungjawab menjaga kebersihan dan kenyamanan di daerahnya masing masing. Apalagi saat ini sampah dan bangkai Babi dibuang warga sembarangan.

“Lurah dan Kepling supaya ditugaskan proaktif melakukan pengawsan lingkungan masing masing dari sampah yang dibuang sembarangan oleh oknum yang bertanggungjawab,” tegas Mulya Syahputra Nasution (foto) kepada wartawan di kantor DPRD Medan, Jumat (15/11/2019).

Menurut Mulya asal Partai Gerindra itu, Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution supaya tegas terhadap Kepling yang tidak mengindahkan instruksi walikota. “Bagi kepling yang lalai dalam tugas supaya dievaluasi sedangkan Kepling yang bekerja bagus harus mendapat penghargaan,” ujar Mulya.

Ditambahkan Mulya selaku politisi muda itu, Kepling sebagai perpanjangan tugas Walikota di tingkat bawah harus mampu menyerap segala persoalan di masyarakat. Selanjutnya untuk memfasilitasi segala persoalan untuk mencari solusi. Maka itu diharapkan harus proaktif disegala hal.

Sebagai contoh kata Mulya, masalah persoalan sampah bukan Kepling yang harus memungut sampah. Tapi Kepling dapat menggerakkan dan memfasilitasi persoalan sampah di masyarakat. “Sama halnya dengan bangkai Babi yang dibuang oknum tak bertanggungjawab di sembarangan tempat, peran Kepling dituntut harus lebih peduli untuk mensiasati,” papar Mulya.

Selain itu kata Mulya, Pemko Medan mulai dari Walikota hingga aparat paling bawah supaya tetap melakukan kordinasi dengan Pemkab Deli Serdang terkait penangan sampah atau kebersihan. “Karena biar bagaimanapun soal sampah bisa saja datang dari huluh sungai wilayah Deli Serdang yang berdampak ke muara di kota Medan. Juga masalah infrastruktur perlu kordinasi. Jangan ada yang merasa paling hebat,” saran Mulya. (lamru)

Advertisement