Connect with us

Sumut

Anggota DPRD Medan Antonius Tumanggor Tinjau Rumah Banjir dan Nyaris Longsor

Published

on

Medan, Geosiar.com – Guna menyahuti keluhan warga soal banjir akibat sungai meluap karena tidak memiliki benteng. Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor meninjau sungai Sei Sikambing di Jl Danau Singkarak Lingk 1 Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat, Kamis (14/11/2019).

Saat melakukan peninjauan, Antonius Tumanggor didampingi Lurah Sei Agul Erfin Muharmansyah S.Sos, Kepling 1 Adi disambut tokoh masyarakat St J Hutapea dan Pendri Sitinjak. Kepada dewan, Hutapea menyampaikan keluhan terkait sungai sering meluap dan banjir. Dimana sungai dangkal dan tidak memiliki benteng.

Parahnya, rumah sepanjang pinggir aliran sungai rawan longsor dikarenakan erosi. Sebab pinggir sungai tidak memiliki tanggul. Kepada anggota dewan dan Lurah, warga berharap dapat difasilitasi pembangunan bronjong atau tanggul sepanjang pinggir sungai.

“Kami minta Pemko Medan bekerjasama dengan instansi lainnya dapat menormalisasi dan membangun beronjong sungai,” pinta Hutapea.

Keluhan yang sama disampaikan Pendri Sitinjak, lingkungannya selalu banjir karena sistem drainase yang buruk. Bahkan, kondisi banjir diakibatkan air sungai balik ke daratan merendam rumah penduduk. “Maka sangat perlu sungai dinormalisasi dan pembangunan benteng sehingga air sungai tidak balik ke darat,” sebut Sitinjak.

Menyahuti keluhan warga, Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor mendesak Pemko Medan segera melakukan perbaikan dan antisipasi awal.

“Sungai perlu dinormalisasi, bibir sungai juga perlu di bangun tanggul. Kita berharap Pemko Medan memberikan perhatian serius dan perbaikan prioritas,” ujar Antonius Tumanggor yang akrab disapa Anton itu.

Anton berharap, Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution segera mengkerahkan P3SU membersihkan sungai dan parit.

Kepada Lurah dak Kepling, Antonius menyarankan agar dapat mengkordinir gotong royong dari berbagai elemen masyarakat untuk membersihkan sampah lingkungan. Dan kepada masyarakat dihimbau untuk tidak membuang sampah ke sungai. “Kita harapkan masyarakat sadar akan menjaga kebersihan lingkungan,” sebut Antonius. (lamru)

Advertisement