Connect with us

Sumut

Pemkab Sergai Hadiri Peresmian Pemasangan PJU-TS

Published

on

Pemkab Sergai Hadiri Peresmian Pemasangan 300 Unit PJUTS dari Kementerian ESDM

Geosiar. com, Sergai  – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP menghadiri peresmian pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) yang digelar di Aula Kantor Camat Sei Rampah, Selasa (12/11/2019).

Turut hadir dari  Kementerian ESDM RI Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi yang diwakili Dr. Ir. Hananto Kurnio, M.Sc, H. Abdul Wahab Dalimunthe, S.H., dari Komisi VII DPR RI,Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Syafrial Budi, SP, MP, Kadis Perkim H Dasril, SKM, M. Kes,Camat Sei Rampah Drs. Nasrudin Nasution, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dalam sambutannya  yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP mengungkapkan apresiasi dan rasa terimakasih atas bantuan yang diserahkan Kementerian ESDM.

“Bantuan ini penting nilainya dikarenakan penerangan jalan merupakan sarana yang masih dibutuhkan dalam jumlah banyak, baik yang bersumber dari tenaga surya, listrik ataupun Solar Home System (SHS),” ungkapnya.

Bantuan ini merupakan hasil sinergitas antara Pemkab Sergai dengan DPR RI khususnya anggota DPR yang mewakili daerah pemilihan Sumut. “Sampai dengan tahun 2019 kita sudah membangun 18.166 unit lampu penerangan jalan, demikian halnya dengan PJU tenaga surya yang sudah terbangun sebanyak 334 unit. “

“Kami sangat berharap bantuan semacam ini bisa tetap berlanjut di waktu yang akan datang untuk meminimalisir kecelakaan dan kejahatan yang rawan terjadi akibat kondisi penerangan jalan yang buruk,” tambah Bupati.

Bupati mengimbau partisipasi masyarakat untuk dapat menjaga PJU yang rawan jadi sasaran pencurian komponen. Ia meminta apabila ada lampu yang rusak, sengaja dirusak ataupun dicuri agar segera melaporkan ke pihak terkait, khususnya dalam hal ini Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Kementerian ESDM RI Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi yang diwakili Dr. Ir. Hananto Kurnio, M.Sc, mengatakan bahwa Kementerian ESDM menyerahkan sebanyak 300 unit PJU-TS dengan titik pemasangan di 4 Kecamatan yaitu di Perbaungan kelurahan Simpang Tiga Pekan sebanyak 100 unit, Kecamatan Teluk Mengkudu di Desa Liberia sebanyak 50 unit, Kecamatan Sei Rampah di Desa Firdaus sebanyak 50 unit, Kecamatan Tebing Tinggi di Desa Paya Lombang sebanyak 50 unit dan di Desa Paya Bagas sebanyak 50 unit. (art)