Connect with us

Sumut

Pemkab Sergai Gelar Rakor Penanggulangan Wabah Hog Cholera

Published

on

Rakor Penanggulangan Wabah Hog Cholera Pemkab Serdang Bedagai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (13/11/2019). [Foto: art/Geosiar.com]

Geosiar.com, Sergai – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar rapat koordinasi terkait penanggulangan wabah hog cholera di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (13/11/2019).

Bupati Sergai Ir H Soekirman yang disampaikan Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa

virus hog cholera yang menyerang ternak babi akhir-akhir ini sudah menjadi masalah serius seiring dengan bertambahnya jumlah ternak yang mati di Sumatera Utara (Sumut).

Bupati menyebutkan bahwa menurut Dinas Ketahanan Pangan Sergai, saat ini Kabupaten Sergai merupakan salah satu daerah yang terkena dampak cukup serius, ditandai dengan sekitar 894 ekor ternak babi yang mati di sentra-sentra peternakan di Kecamatan Sei Bamban, Dolok Masihul, Sei Rampah dan Tebing Tinggi.

Ditambahkan Bupati, masalahnya bukan hanya pada dampak kematian yang disebabkan virus yang berasal dari Benua Afrika ini, namun juga perilaku tak bertanggung jawab dari sejumlah besar peternak yang membuang sembarangan bangkai babi di sungai. Ini bisa menjadi efek buruk tambahan bagi lingkungan dan masyarakat yang tinggal dalam radius aliran sungai.

“Oleh karena itu semestinya kita sebagai aparatur pemerintah supaya lebih tanggap dan responsif untuk melakukan penanggulangan wabah hog cholera ini secara komprehensif. Dengan diadakannya rapat koordinasi ini, diharapkan agar seluruh lintas sektoral yaitu dari kepolisian, TNI dan ASN bisa bersinergi dalam penanggulangan wabah dan memberikan solusi terhadap munculnya wabah yang sudah mematikan 4.682 ekor babi di Sumut,” ungkap Sekda saat membacakan sambutan Bupati dalam rapat, Rabu (13/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Panisean Tambunan, S.Sos dalam laporannya mengatakan pihaknya telah melakukan pengambilan sampel air Sungai Bedagai di Dusun I Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Beringin pada Senin, 11 November lalu. 

“Dinas juga telah memeriksakan air sungai tersebut ke Laboratorium Mutu Agung Lestari Medan serta akan mendapatkan hasil dari pemeriksaan tersebut selama 7 hari kerja,” ujar dia.

Di pihak lain, Kadis Ketahanan Pangan Sergai M Aliuddin, SP, MP  menyatakan bila menurut data yang dimiliki Sergai, populasi ternak babi besar maupun kecil yang tersebar di 17 Kecamatan di Sergai mencapai 31.626 ekor. 

“Dari data di atas, kematian ternak babi yang terindikasi terkena virus hog cholera mencapai 894 ekor yang tersebar dalam 5 kecamatan di 9 desa,” katanya.

Sebagai langkah tindakan cepat, Aliuddin mengatakan Dinas Ketahanan Pangan telah berkoordinasi dengan pihak terkait dan juga telah menyiapkan posko di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sergai serta posko di setiap kecamatan. 

“Kami berharap kepada Camat dan Kepala Desa jika ada hewan ternak babi milik warga yang mati segeralah lapor ke kami,” imbau Aliuddin. 

Untuk diketahui, rapat ini dihadiri oleh Kepala Balai Veteriner Medan drh. Agustia, MP, Direktur Kesehatan Hewan Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian drh. Arif Wicaksono, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, MSi, jajaran Kepala OPD, dan unsur Muspika Sergai. (art)

Sumut

Marihot Nainggolan dan Ricky Chandra Siallagan Pimpin BPMF FIP Unimed

Published

on

Medan, Geosiar.com – Marihot Nainggolan dan Ricky Chandra Siallagan dipercayakan memimpin BPMF FIP Unimed periode 2020-2021. Mereka terpilih melalui sidang pleno yang dilaksanakan di Medan, Selasa (10/12/2019).

Rapat pleno dibuka oleh KPU PEMIRA FIP Unimed dan dilanjutkan Damai Zega selaku pimpinan sidang tetap yang juga anggota BPMF FIP terpilih. Pleno BPMF FIP sendiri dihadiri para anggota BPMF FIP terpilih.

Dalam pelaksanaan rapat Pleno BPMF FIP, berhasil menentukan Marihot Nainggolan sebagai Ketua Umum dan Ricky Chandra Siallagan sebagai Sekretaris Umum. Keduanya dipilih oleh anggota BPMF FIP yang menghadiri Rapat Pleno. Sedangkan unruk bendahara dipercayakan kepada Frisky Sandeva.

Setelah pleno usai, Marihot yang juga sebagai Ketua Umum terpilih yang didampingi Ricky Candra Nainggolan
mengucapkan terimakasih kepada seluruh Anggota BPMF FIP Unimed yang sudah mempercayakan Tonggak Kepemimpinan BPMF FIP setahun kedepan kepadanya.

Marihot berjanji akan menjaga amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. (rel)

Continue Reading

Sumut

Ridho Enggar dan Selviani Simanjorang Pimpin SEMA FIP Unimed

Published

on

Medan, Geosiar.com – SEMA FIP Unimed telah menggelar sidang pleno untuk menentukan Ketua dan Sekretaris SEMA FIP Unimed Periode 2020-2021, Selasa (10/12/2019). Sidang pleno dibuka oleh KPU PEMIRA FIP Unimed dan dilanjutkan Hotnita Gultom selaku pimpinan sidang tetap yang juga anggota SEMA FIP terpilih.

Pleno SEMA FIP sendiri dihadiri oleh 10 Anggota SEMA FIP, dimana 5 diantara nya tidak hadir dalam rapat Pleno tersebut.

Di dalam rapat Pleno SEMA FIP berhasil memilih Duet Ridho Enggar sebagai Ketua Umum dan Selviani Simanjorang sebagai Sekretaris Umum. Keduanya dipilih oleh seluruh anggota SEMA FIP yang hadiri.

Keduanya akan memimpin SEMA FIP dalam setahun kedepan dibantu oleh seorang Bendahara Umum, Yaitu Bethania Naibaho.

Setelah Pleno berakhir, Ridho yang juga sebagai Ketua Umum terpilih mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota SEMA FIP Unimed yang sudah mempercayakan tonggak kepemimpinan SEMA FIP setahun kedepan.

“Saya membutuhkan kerjasama tim yang baik untuk menjalankan roda organisasi. Karena SEMA ini adalah dari kita dan untuk kita,” harap Ridho.

Ridho pun berjanji akan membawa Fakultas Ilmu Pendidikan menjadi lebih baik lagi kedepannya. (rel)

Continue Reading

Sumut

Gubsu Hadiri Panen Raya Tiga Komoditas di Simalungun

Published

on

Gubsu Hadiri Panen Raya Tiga Komoditas di Simalungun (Antaranews)

Geosiar.com, Simalungun – Gubernur Sumatera Utara atau Gubsu Edy Rahmayadi ikut memanen tiga komoditas hasil pertanian di Nagori Maligas Bayu, Kecamatan Huta Bayu Raja, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Wakil Bupati Simalungun H Amran Sinaga pada Selasa (10/12/2019) mengatakan, Gubsu turut hadir sebelum membuka Festival Danau Toba Ke 7 tahun 2019 di Open Stage Parapat, Simalungun pada (9/12/2019).

Wakil Bupati berharap agar panen raya padi, jagung dan cabai merah dapat menjadikan Nagori Maligas Bayu sebagai destinasi wisata tani kedepannya.

Sementara bantuan bibit dan 50 ekor ternak sapi dapat menjadi motivasi bagi petani untuk menciptakan pupuk organik.

Apalagi seperti diketahui, Kabupaten Simalungun adalah lumbung beras di Sumatera Utara serta berperan mendorong meningkatkan produksi hasil pertanian sebesar 70 persen.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com