Connect with us

Sumut

Pemkab Sergai Gelar Rakor Penanggulangan Wabah Hog Cholera

Published

on

Rakor Penanggulangan Wabah Hog Cholera Pemkab Serdang Bedagai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (13/11/2019). [Foto: art/Geosiar.com]

Geosiar.com, Sergai – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar rapat koordinasi terkait penanggulangan wabah hog cholera di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (13/11/2019).

Bupati Sergai Ir H Soekirman yang disampaikan Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa

virus hog cholera yang menyerang ternak babi akhir-akhir ini sudah menjadi masalah serius seiring dengan bertambahnya jumlah ternak yang mati di Sumatera Utara (Sumut).

Bupati menyebutkan bahwa menurut Dinas Ketahanan Pangan Sergai, saat ini Kabupaten Sergai merupakan salah satu daerah yang terkena dampak cukup serius, ditandai dengan sekitar 894 ekor ternak babi yang mati di sentra-sentra peternakan di Kecamatan Sei Bamban, Dolok Masihul, Sei Rampah dan Tebing Tinggi.

Ditambahkan Bupati, masalahnya bukan hanya pada dampak kematian yang disebabkan virus yang berasal dari Benua Afrika ini, namun juga perilaku tak bertanggung jawab dari sejumlah besar peternak yang membuang sembarangan bangkai babi di sungai. Ini bisa menjadi efek buruk tambahan bagi lingkungan dan masyarakat yang tinggal dalam radius aliran sungai.

“Oleh karena itu semestinya kita sebagai aparatur pemerintah supaya lebih tanggap dan responsif untuk melakukan penanggulangan wabah hog cholera ini secara komprehensif. Dengan diadakannya rapat koordinasi ini, diharapkan agar seluruh lintas sektoral yaitu dari kepolisian, TNI dan ASN bisa bersinergi dalam penanggulangan wabah dan memberikan solusi terhadap munculnya wabah yang sudah mematikan 4.682 ekor babi di Sumut,” ungkap Sekda saat membacakan sambutan Bupati dalam rapat, Rabu (13/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Panisean Tambunan, S.Sos dalam laporannya mengatakan pihaknya telah melakukan pengambilan sampel air Sungai Bedagai di Dusun I Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Beringin pada Senin, 11 November lalu. 

“Dinas juga telah memeriksakan air sungai tersebut ke Laboratorium Mutu Agung Lestari Medan serta akan mendapatkan hasil dari pemeriksaan tersebut selama 7 hari kerja,” ujar dia.

Di pihak lain, Kadis Ketahanan Pangan Sergai M Aliuddin, SP, MP  menyatakan bila menurut data yang dimiliki Sergai, populasi ternak babi besar maupun kecil yang tersebar di 17 Kecamatan di Sergai mencapai 31.626 ekor. 

“Dari data di atas, kematian ternak babi yang terindikasi terkena virus hog cholera mencapai 894 ekor yang tersebar dalam 5 kecamatan di 9 desa,” katanya.

Sebagai langkah tindakan cepat, Aliuddin mengatakan Dinas Ketahanan Pangan telah berkoordinasi dengan pihak terkait dan juga telah menyiapkan posko di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sergai serta posko di setiap kecamatan. 

“Kami berharap kepada Camat dan Kepala Desa jika ada hewan ternak babi milik warga yang mati segeralah lapor ke kami,” imbau Aliuddin. 

Untuk diketahui, rapat ini dihadiri oleh Kepala Balai Veteriner Medan drh. Agustia, MP, Direktur Kesehatan Hewan Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian drh. Arif Wicaksono, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, MSi, jajaran Kepala OPD, dan unsur Muspika Sergai. (art)

Sumut

Ibu Iriana Jokowi Tiba di Kualanamu Gunakan Jalur Umum

Published

on

Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Kualanamu International Airport dengan menggunakan jalur kedatangan umum di terminal domestik. (Waspada.id)

Geosiar.com, Medan – Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo (Jokowi), mendarat di Kualanamu International Airport (KNIA), dengan pesawat Batik Air pada Rabu (22/10/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut pantauan, saat tiba di Bandara Kualanamu, Iriana menggunakan jalur umum dari terminal kedatangan domestik. Tidak terlihat pengawalan istimewa, cuma didampingi oleh beberapa petugas dari Paspampres mengawal dari terminal kedatangan domestik hingga ke parkiran mobil penjemputan yang sudah standby di depan Railink Kualanamu.

Setibanya Ibu Iriana di KNIA terpantau santai atau tidak begitu mengundang perhatian penumpang. Dirinya mengenakan kemeja batik kecoklatan tanpa menutup kepala dan di tangannya menenteng tas tenteng warna hitam.

Hanya beberapa orang yang tampak ada di KNIA mengenalnya. Dan berbisik-bisik menandakan mereka tak parcaya bahwa yang lewat merupakan ibu negara.

“Tak percaya bahwa yang barusan lewat ibu negara Iriana Jokowi karena penampilanya sederhana dan datangnya dari terminal penumpang umum,” ungkap salah satu pengguna jasa bandara.

Dikutip dari analisadaily, kedatangan Iriana guna menjenguk cucu di kota Medan.

Continue Reading

Sumut

Sekeluarga Jadi Korban Pembacokan di Langkat, Pelaku Sedang Diburu

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Medan – Satu keluarga di Kecamatan Stabat, Langkat, Sumatera Utara (Sumut) dilaporkan jadi korban pembacokan. Korban mengalami luka di sejumlah bagian tubuhnya. Saat ini polisi tengah memburu pelakunya.

Peristiwa tersebut terjadi di rumah korban di Kelurahan Sidomulyo, Kabupaten Langkat, Sumut, pada Selasa (21/1/2020) malam.

Adapun korban yang merupakan satu keluarga, bernama Eliawati (42), beserta anaknya Adona (28) dan cucunya Adinda (7). Mereka dibacok hingga terluka di bagian kepala, tangan dan sekitar dada. Pelaku diduga kenal dengan korbannya tersebut.

Kasat Reskrim Polres Langkat AKP Teuku Fathir Mustafa membenarkan peristiwa tersebut. Kini petugas sedang fokus mengejar pelaku yang sudah dikantongi identitasnya.

“Iya, ada 3 korban penganiayaan. Pelakunya sedang dalam pengejaran kami,” kata Kasat AKP Teuku Fathir.

Fathir melaporkan, korban langsung dilarikan ke RS setempat guna mendapat perawatan intensif.

“Untuk kondisi korban, Alhamdulillah sehat. Saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit atas luka yang dialaminya,” tutur Fathir.

Mengenai motif pelaku melakukan aksi tersebut. Termasuk, apakah antara pelaku dan korban saling kenal, polisi masih enggan memberikan keterangan secara detail.

“Nanti setelah pelaku diangkap kita sampaikan. Kita masih fokus ke pengejaran pelaku,” ungkap Fathir.

Continue Reading

Sumut

Mantan Gubsu Tengku Erry Silaturahmi dengan Kodam I/BB

Published

on

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah memberikan cendra mata kepada mantan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi (Antara)

Geosiar.com, Medan – Mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi membangun tali silaturahim dengan Keluarga Besar Kodam I Bukit Barisan.

Kedatangan Tengku Erry (adik almarhum Mayjen TNI (Purn) Tengku Rizal Nurdin yang sempat juga menjabat Pangdam I/BB tahun 1997-1998 dan Gubernur Sumut, disambut oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah dan didampingi
Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto, di Makodam I/BB, Medan, Selasa (22/1/2020).

Tengku Erry mengatakan bahwa kunjungannya tidak lain untuk membangun tali silaturahim dengan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah beserta para PJU Kodam I/BB lainnya.

Selain bersilaturahim dan saling bertukar informasi, kunjungan Tengku Erry juga dibawa Pangdam I/BB untuk berkeliling di Makodam I/BB, yakni melihat Museum Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting, ruangan fitnes AE Kawilarang dan kemudian foto bersama di Tugu Jenderal Besar Soedirman.

Sebelum meninggalkan Makodam I/BB yang berlokasi di Jalan Medan-Binjai itu, Tengku Erry menerima souvenir dari Pangdam Mayjen TNI MS Fadhilah. Yaitu figura dan foto bersama di depan Tugu Jenderal Besar Soedirman.

Dalam kunjungan ke Mokodam I/BB, Tengku Erry kelihatan tampak senang dan bahagia atas penyambutan yang amat ramah dari Pangdam I/BB beserta rombongan.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com