Connect with us

Lifestyle

Lansia Boleh Kok Coba 5 Olahraga Ini!

Published

on

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat baik dilakukan oleh para lansia. [Foto: istimewa]

Geosiar.com, Lifestyle – Seiring pertambahan usia, kondisi tubuh pun kian menurun sehingga membutuhkan perhatian khusus. Gejala-gejala penuaan sudah mulai muncul pada usia 50-an. Hal itu menandakan tidak semua aktivitas fisik atau olahraga bisa dilakukan demi meningkatkan kebugaran tubuh.

Selain meningkatkan kemampuan fisik, olahraga juga mampu memperbaiki kualitas tidur dan menjaga tubuh dari serangan penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, yang pada umumnya terjadi di usia 50-an ke atas.

Lantas olahraga apa saja yang tepat buat usia 50 tahun ke Atas? Melansir dari WebMD, berikut olahraga yang cocok untuk usia 50-an. Simak penjelasan berikut ini yuk.

Yoga

Bukan rahasia lagi jika yoga memiliki banyak manfaat kesehatan. Yoga dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Tak hanya itu, yoga juga dapat mengurangi kecemasan dan depresi yang kerap muncul seiring bertambahnya usia.

Jika Anda berada dalam kondisi sehat, setidaknya lakukan aktivitas kardio sebanyak 150 menit dalam sepekan. Akan lebih baik jika Anda membaginya ke dalam tiga hari menjadi 50 menit dalam setiap harinya.

Joging

Jika Anda tak masalah dengan keringat yang mengucur, coba lah untuk joging atau berlari kecil. Joging dapat membantu menjaga detak jantung dan melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular.

Kenakan sepatu yang tepat dan jangan lupa untuk beristirahat sejenak, maka persendian Anda akan baik-baik saja. Peregangan ekstra juga akan mengurangi kemungkinan cedera.

Berjalan kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang aman dilakukan oleh segala rentang usia baik anak-anak hingga dewasa tidak terkecuali orang tua.

Berjalan kaki menjadi olahraga untuk lansia yang dapat dilakukan dengan teratur sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Banyak manfaat dari berjalan kaki, yaitu menjaga kesehatan tulang, jantung, paru dan otot.

Tenis

Olahraga raket seperti tenis bagus untuk menekan risiko penyakit jantung. Bermain tenis dua hingga tiga kali dalam sepekan dapat meningkatkan stamina tubuh dan mengontrol kadar kolesterol.

Berenang

Olahraga air dapat membantu menjaga ketahanan tubuh serta membangun otot dan tulang. Berenang juga dapat membantu membakar kalori dan menjaga kesehatan jantung.

Meskipun tidak semua lansia mampu berenang, namun berenang merupakan salah satu olahraga untuk lansia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berenang mampu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Selain itu dengan berenang membuat lansia dapat bergerak bebas. Namun sebaiknya konsultasikan kegiatan olahraga ini kepada dokter agar tidak terjadi saat masalah saat melakukannya.

Itulah beberapa olahraga yang bisa dicoba untuk usia 50-an. Namun, Anda harus tetap waspada jika nyeri dada, masalah pernapasan, pusing, masalah keseimbangan, dan mual muncul saat berolahraga. Sebab, beberapa tanda itu bisa menjadi peringatan bagi kondisi tubuh.