Connect with us

Lifestyle

Lansia Boleh Kok Coba 5 Olahraga Ini!

Published

on

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat baik dilakukan oleh para lansia. [Foto: istimewa]

Geosiar.com, Lifestyle – Seiring pertambahan usia, kondisi tubuh pun kian menurun sehingga membutuhkan perhatian khusus. Gejala-gejala penuaan sudah mulai muncul pada usia 50-an. Hal itu menandakan tidak semua aktivitas fisik atau olahraga bisa dilakukan demi meningkatkan kebugaran tubuh.

Selain meningkatkan kemampuan fisik, olahraga juga mampu memperbaiki kualitas tidur dan menjaga tubuh dari serangan penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, yang pada umumnya terjadi di usia 50-an ke atas.

Lantas olahraga apa saja yang tepat buat usia 50 tahun ke Atas? Melansir dari WebMD, berikut olahraga yang cocok untuk usia 50-an. Simak penjelasan berikut ini yuk.

Yoga

Bukan rahasia lagi jika yoga memiliki banyak manfaat kesehatan. Yoga dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Tak hanya itu, yoga juga dapat mengurangi kecemasan dan depresi yang kerap muncul seiring bertambahnya usia.

Jika Anda berada dalam kondisi sehat, setidaknya lakukan aktivitas kardio sebanyak 150 menit dalam sepekan. Akan lebih baik jika Anda membaginya ke dalam tiga hari menjadi 50 menit dalam setiap harinya.

Joging

Jika Anda tak masalah dengan keringat yang mengucur, coba lah untuk joging atau berlari kecil. Joging dapat membantu menjaga detak jantung dan melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular.

Kenakan sepatu yang tepat dan jangan lupa untuk beristirahat sejenak, maka persendian Anda akan baik-baik saja. Peregangan ekstra juga akan mengurangi kemungkinan cedera.

Berjalan kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang aman dilakukan oleh segala rentang usia baik anak-anak hingga dewasa tidak terkecuali orang tua.

Berjalan kaki menjadi olahraga untuk lansia yang dapat dilakukan dengan teratur sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Banyak manfaat dari berjalan kaki, yaitu menjaga kesehatan tulang, jantung, paru dan otot.

Tenis

Olahraga raket seperti tenis bagus untuk menekan risiko penyakit jantung. Bermain tenis dua hingga tiga kali dalam sepekan dapat meningkatkan stamina tubuh dan mengontrol kadar kolesterol.

Berenang

Olahraga air dapat membantu menjaga ketahanan tubuh serta membangun otot dan tulang. Berenang juga dapat membantu membakar kalori dan menjaga kesehatan jantung.

Meskipun tidak semua lansia mampu berenang, namun berenang merupakan salah satu olahraga untuk lansia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berenang mampu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Selain itu dengan berenang membuat lansia dapat bergerak bebas. Namun sebaiknya konsultasikan kegiatan olahraga ini kepada dokter agar tidak terjadi saat masalah saat melakukannya.

Itulah beberapa olahraga yang bisa dicoba untuk usia 50-an. Namun, Anda harus tetap waspada jika nyeri dada, masalah pernapasan, pusing, masalah keseimbangan, dan mual muncul saat berolahraga. Sebab, beberapa tanda itu bisa menjadi peringatan bagi kondisi tubuh.

Lifestyle

Peneliti: Hirup Aroma Jeruk Segar Ampuh Hilangkan Stres

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap orang pasti sangat familiar dengan aroma jeruk yang segar. Biasanya, saat mengupas buah yang identik dengan warna kuning tersebut, aroma jeruk langsung menguar dari kulitnya sehingga memberikan bau khas yang menyenangkan.

Akan tetapi, tahukan anda ternyata menghirup aroma jeruk segar mempunyai efek relaksasi pada tubuh sehingga mampu mengurangi stres dan meningkatkan mood baik.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyatakan bahwa aroma manis buah jeruk bisa mengurangi rasa tegang, cemas dan khawatir.

Penelitian juga menemukan bahwa menghirup aroma jeruk segar dapat mengurangi stres berkepanjangan terhadap ibu hamil yang akan melahirkan atau menghadapi persalinan. Aroma jeruk juga bisa diujicobakan pada anak-anak sekolah dan ternyata aromanya juga membantu menguirangi kecemasan anak-anak menghadapi pelajaran.

Jadi, apabila sedang merasa stres atau cemas, luangkan waktu untuk membeli jeruk segar dan menghirup aromanya agar stres berkurang ya.

Continue Reading

Lifestyle

Agar Kulit Telur Rebus Mudah Dikupas dan Tidak Lengket, Begini Tipsnya

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Salah satu tantangan yang biasa dihadapi orang-orang saat merebus telur yakni mengupas kulitnya satu per satu dengan penuh kesabaran. Lantaran kadang-kadang kulit telur susah dikupas dan bahkan menempel pada telur sehingga menyebabkan telur tidak bulat utuh sempurna.

Supaya dapat mengupas telur bulat utuh yang mudah dan tidak lengket. Berikut ini tipsnya seperti dilansir dari fimela.

Baking soda

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan baking soda. Menggunakan ini dapat membuat kulit telur menipis sehingga lebih mudah dikupas setelah matang.

Caranya, pertama rebus air di dalam panci. Masukkan telur ke dalam air panci yang sudah mulai menghangat. Selanjutnya, masukkan 1 sdm baking soda ke dalam air rebusan. Penambahan baking soda tergantung seberapa banyak telur yang direbus. Pastikan telur terendam semua dan jika merebus lebih banyak telur, masukkan dua sendok makan baking soda atau lebih.

Cuka dan garam

Apabila tidak memiliki baking soda, bisa juga memakai cuka dan garam. Penambahan cuka dan garam memiliki fungsi sama dengan baking soda, yakni membuat cangkang telur menipis atau tidak menempel pada telur sehingga mudah dikupas. Caranya, masukkan cuka dan garam dengan perbandingan 2:1 ke dalam telur yang mulai direbus.

Jika telur sudah direbus selama 10 menit, angkat dan segera ganti dengan air dingin. Rendam di dalam air dingin sebelum dikupas. Supaya lebih cepat dingin dan dikupas, gunakan air es.

Itulah tips agar telur mudah dikupas.

Continue Reading

Lifestyle

Peneliti: Hirup Aroma Apel Bisa Atasi Migrain

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Apel merupakan salah satu buah yang umum dimakan setiap orang, aromanya yang khas dengan kesan segar dan manis yang menyenangkan di hidung.

Saat membeli buah apel, beberapa orang suka mencium baunya yang khas dan segar, namun tahukah Anda bahwa ternyata kegiatan sederhana mencium bau apel ini ternyata mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh? Bahkan jika kamu tidak memakan apel tersebut.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 yang dimuat dalam Smell and Taste menemukan bahwa mencium aroma buah apel kemungkinan bisa meredakan sakit kepala hingga migrain.

Aroma segar buah apel direspon sebagai aroma yang mampu memberi efek relaksasi oleh otak sehingga mampu melepaskan hormon yang mampu membuat saraf rileks. Karena inilah bau apel mampu mengurangi gejala hingga rasa nyeri karena migrain.

Sementara penelitian lain yang menggunakan buah apel hijau untuk bahan penelitian menemukan bahwa aroma buah apel hijau bisa membantu mengendalikan perasaan cemas dan gelisah di kala menghadapi momen yang menegangkan dan menyebabkan stres.

Walau terkesan sepele, menghirup aroma buah apel sebelum membeli atau memakannya ternyata memiliki manfaat di luar dugaan ya.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com