Connect with us

Lifestyle

Payudara Sering Gatal? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Published

on

Ilustrasi mengenai kesehatan organ payudara.

Geosiar.com, Lifestyle – Payudara gatal di waktu tertentu mungkin menjadi hal umum bagi sebagian wanita. Gatal pada payudara biasanya terjadi karena alasan yang sama seperti gatal di area lain seperti stimulasi ujung saraf. Seringkali rasa gatal di payudara ini bukan dikarenakan oleh penyakit kulit atau semacamnya, namun karena beberapa penyebab lainnya.

Dilansir dari Medical News Today, Rabu (13/11), berikut ini adalah beberapa alasan masuk akal mengapa payudara seringkali terasa gatal. Penasaran?

Perubahan hormon

Ketika menstruasi atau adanya kenaikan berat badan, hormon bisa berubah. Dan perubahan hormon ini juga bisa memberi pengaruh terhadap area kewanitaan tak terkecuali payudara. Payudara akan terasa gatal meski tak ada benjolan atau lainnya.

Suhu lingkungan

Perubahan suhu sekitar juga bisa menyebabkan kulit kering pada payudara dan membuatnya gatal. Terkena keringat setelah olahraga juga bisa membuat payudara gatal karena bakteri.

Memiliki eksim

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kering, gatal, dan radang yang muncul sebagai ruam merah. Jika Anda seringkali mengalami gatal pada payudara sesaat, eksim bisa menjadi penyebabnya

Kulit kering

Kulit kering pada payudara akan menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Kulit kering akan membuat permukaan areola dan puting mengelupas atau pecah-pecah dan bukan hanya gatal, tapi juga pedih. Oleskan pelembab agar tidak gatal, jangan digaruk.

Pertumbuhan

Beberapa perempuan akan mengalami beberapa fase pertumbuhan seperti misalnya pubertas, hamil dan menyusui. Pada fase-fase ini, payudara mengalami pertumbuhan sehingga ukuran payudara lebih besar, dan proses ini seringkali menimbulkan kulit gatal.

Kanker payudara

Pada kasus tertentu, payudara (terutama area puting dan areola) gatal bisa jadi gejala kanker karena jaringan payudara mengalami inflamasi atau peradangan. Terkadang diikuti gejala lain seperti panas dan bengkak.

Itulah beberapa penyebab payudara gatal. Ketahui apa penyebabnya dan jangan ragu memeriksakannya ke dokter jika gatal tak kunjung mereda.