Connect with us

Dunia

Trump Buru Penerus Pimpinan ISIS

Published

on

Amerika Serikat tetap menyiagakan 500-600 pasukan di Suriah untuk melawan ISIS. [Foto: Delil Souleiman/AFP via Getty Images]

Geosiar.com, Washington – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pasukan militer AS sedang memburu penerus kepemimpinan kelompok Negara Islam (ISIS) yakni Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi.

“Terima kasih kepada seluruh pasukan AS, al-Baghdadi sudah mati, tangan kanannya juga tewas, kini kami sedang memburu yang ketiga,” ujar Trump dalam pidato peringatan Hari Veteran, New York, seperti dikutip dari AFP, Selasa (12/11/2019).

Dia pun mengklaim seluruh petinggi ISIS bakal dihabisi oleh pasukan AS. “Aksi terornya sudah berakhir dan musuh kami lari ketakutan. Orang-orang yang mengancam keselamatan warga negara kita akan berhadapan dengan kekuatan militer AS,” lanjut dia.

Seperti diketahui, pasukan gabungan AS dan Kurdi menyerang tempat persembunyian mendiang pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, di Suriah. Dalam operasi itu, al-Baghdadi dan dua orang anak meninggal akibat bom bunuh diri. Seorang tangan kanannya, Abu Hassan al-Muhajir, juga meninggal dalam operasi militer AS.

Kemudian, Pasukan Turki yang menyerbu Suriah juga dilaporkan berhasil menangkap adik al-Baghdadi, Rasmiya Awad (65) di dekat Kota Azaz, Aleppo, Suriah. Selain itu, mereka juga menangkap istri pertama al-Baghdadi, Asma Fauzi Muhammad al-Qubaysim, sekaligus anak perempuannya, Laila Jabir.