Connect with us

Nasional

MenPAN-RB Akui Standar CPNS Ketinggian

Published

on

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo.

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyadari bahwa standar nilai atau Passing grade tes CPNS 2018 terlalu tinggi. Sehingga, menurutnya sangat wajar banyak peserta tes tidak lulus.

Banyaknya peserta yang gugur rupanya sangat berdampak bagi kementerian atau lembaga, baik di pusat maupun daerah, lantaran membutuhkan pegawai untuk mengisi kekosongan jabatan.

“Kalau tidak, kemarin tuh sampai ada beberapa kabupaten/kota enggak ada yang lulus. Kan kasihan juga kami butuh pegawai tapi dari hasil tes itu soalnya ketinggian,” ujar Tjahjo di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Oleh karena itu, dia berencana menurunkan standar nilai atau passing grade tes CPNS. Menurutnya, penurunan standar nilai atau passing grade tersebut, tidak akan membuat kualitas soal yang dikerjakan peserta tes menurun. Sebab, pihaknya akan menambah materi atau soal terkait radikalisme.

“Tidak (tak turun kualitasnya), karena ada soal radikalisme masuk. Jadi isu-isu kebangsaan. Makanya kemudian diubah, soal wawasan kebangsaan, pancasila, ancaman secara umum tentang radikalisme,” pungkas dia.