Connect with us

Dunia

Kenang Runtuhnya Tembok Berlin, Langit Jerman Dihiasi Kembang Api

Published

on

Pesta kembang api di atas gerbang Brandenburg saat perayaan 30 tahun runtuhnya tembok Berlin di Berlin, Minggu (10/11/2019). [Foto: REUTERS/Fabrizio Bensch/pras].

Geosiar.com, Brandenburg – Jerman merayakan peringatan 30 tahun runtuhnya Tembok Berlin dengan meriah. Serangkaian upacara digelar mulai Sabtu hingga Minggu (10/11/2019) malam.

Di puncak acara, pemerintah Jerman mengadakan pesta kembang api yang dilaksanakan di atas gerbang Brandenburg, Berlin pada Minggu (10/11/2019). Seperti diketahui, Tombok Berlin merupakan pemisah antara ibu koya Jerman semasa Perang Dingin sampai akhirnya dirobohkan pada 9 November 1989.

Sebelumnya, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Jerman Timur yang sudah mendukung upaya perdamaian dan penyatuan dua wilayah. Dia pun mensyukuri atas peristiwa 30 tahun silam.

Pesta kembang api di atas gerbang Brandenburg saat perayaan 30 tahun runtuhnya tembok Berlin di Berlin, Minggu (10/11/2019). [Foto: REUTERS/Fabrizio Bensch/pras].

“Bersama para sahabat, kita mensyukuri peristiwa pada 30 tahun lalu. Tanpa ada keberanian dan keinginan bebas dari rakyat Polandia, Hungaria, Ceko, dan Slowakia, upaya perdamaian di Eropa Timur serta penyatuan Jerman tidak akan terjadi,” tutur Steinmeir pada upacara peringatan di tugu Bernauer Strasse Berlin Wall Memorial, Sabtu (9/11) lalu.

Seusai upacara, pada sore harinya digelar pesta rakyat yang diisi dengan pertunjukkan musik orkestra oleh Daniel Barenboim, serta musik elektro yang dipandu oleh DJ terkenal Jerman, WestBam. Kemudian, pada keesokan harinya ditutup dengan pesta kembang api.