Connect with us

Sumut

Eks Ketua DPRD Sumut Ajib Shah Bebas Setelah 4 Tahun Penjara

Published

on

Eks Ketua DPRD Sumut Ajib Shah Bebas Setelah 4 Tahun Penjara

Geosiar.com, Medan – Mantan Ketua DPRD Sumut, Ajib Shah yang divonis bersalah tekait kasus interpelasi yang melibatkan mantan Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho akhirnya sudah lepas  dari penjara per 10 November 2019. Ajib bebas setelah menjalani hukuman 4 tahun penjara di Rutan Salemba.

“Iya beliau sudah bebas kemarin,” kata Ketua KNPI Sumut, El Adriansyah, Senin (11/11/2019).

El mengatakan, setelah menghabiskan masa hukuman, Ajib Shah tidak langsung kembali ke Medan Karen harus bertolak ke Penang, Malaysia untuk menjalani operasi lutut.

“Rencanya mau operasi lutut dulu di Penang, tanggal 14 November baru kembali ke Medan,” kata keponakan Ajib Shah itu.

El tidak mengetahui kegiatan apa yang akan dilakukan pamannya setelah kembali ke Medan. Akan tetapi, ia meyakini mantan Ketua DPD I Golkar Sumut itu agar lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga.

“Pasti berkumpul dengan keluarga,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memvonis bersalah kepada mantan Ketua DPRD Sumatera Utara, Ajib Shah. Mantan Ketua DPRD Sumut, Saleh Bangun, dan anggota DPRD Sumut, Sigit Pramono, dan Chaidir Ritonga ikut divonis dalam kasus itu.

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi bersama-sama dan berlanjut,” tutur Hakim Ketua Arifin saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kemayoran, Rabu (15/6/2016).

 Paman dari Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah itu  divonis empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider tiga bulan kurungan. Sementara Saleh Bangun dijatuhi hukuman empat tahun penjara disertai denda Rp 200 juta subsider tiga bulan kurungan dan membayar uang pengganti Rp 712 juta.

Advertisement