Connect with us

Dunia

Badai Siklon Terjang Bangladesh, Renggut 13 Nyawa

Published

on

Badai Siklon Bulbul melanda kawasan pesisir Bangladesh dan India hari Minggu (10/11/2019). [Foto: VOA]

Geosiar.com, Bangladesh – Badai Siklon Bulbul menerjang kawasan pesisir Bangladesh dan India, pada Minggu (10/11/2019). Sejauh ini dilaporkan sebanyak 13 orang meninggal dunia akibat bencana tersebut.

Dikutip dari BBC, Senin (11/11/2019), lima dari enam orang yang tewas disebabkan tertimpa pohon tumbang di Bangladesh. Kebanyakan dari mereka tewas setelah mengabaikan peringatan evakuasi dari pemerintah setempat. Sedangkan di Benggala Barat, India, tujuh orang terbunuh.

“Sebagian besar korban menolak untuk mengungsi dan mati karena pohon tumbang,” ujar Menteri Junior Bangladesh untuk Manajemen Bencana dan Bantuan, Enamur Rahman.

Sebelumnya, pemerintah setempat sudah memperingatkan nelayan agar tidak melaut untuk 12 jam berikutnya. Selama akhir minggu, hampir 2 juta orang dari seluruh distrik pesisir Bangladesh berkumpul di tempat perlindungan menjelang kedatangan badai ini.

“Meningkatnya korban dapat dihindari karena orang-orang dievakuasi tepat pada waktunya,” kata Seorang pejabat di distrik Bhola, Bangladesh.

Kini, pihak berwenang sudah mengumumkan bahwa badai angin berkecepatan 120 kilometer per jam itu mulai mereda. Sementara itu, sekitar 1.200 wisatawan yang terjebak di Pulau St Martin, bagian dari Cox’s Bazar sudah mulai dievakuasi hari ini.

“Sebuah kapal akan berlayar menuju Pulau St. Martin pada hari Senin untuk menyelamatkan 1.200 yang sebagian besar turis lokal dan telah terdampar selama berhari-hari,” kata Saiful Islam, kepala eksekutif kecamatan Teknaf.