Connect with us

Sumut

Lomba Pemazmur Agama Katolik 2019 Resmi Berakhir

Published

on

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan Ok Zulfi, M.Si sekaligus mewakili Plt Wali Kota Medan saat menyampaikan kata sambutan dalam acara penutupan Perlombaan Pemazmur Agama Katolik 2019 di Gedung Catholic Center, Jalan Mataram No 21, Medan, Sabtu (9/11/2019) malam. [Foto: Geosiar.com/YRS]

Geosiar.com, Medan – Perlombaan Pemazmur Agama Katolik Tahun 2019 telah resmi berakhir pada Sabtu (9/11/2019) malam. Kegiatan yang didukung Pemerintah Kota (Pemko) Medan ini berlangsung selama tiga hari, mulai 7-9 November 2019 di pelataran Gedung Catholic Center, Jalan Mataram No 21, Medan.

Acara penutupan ini diawali dengan misa penutup yang dipimpin oleh Pastor Beno Ola Tage. Seusai misa, acara dilanjutkan dengan penampilan hiburan dari para peserta lomba, sembari menunggu kehadiran tamu undangan. Tak lupa, dua MC pun turut melontarkan guyonan yang menghibur.

Adapun tamu undangan yang turut hadir, di antaranya Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan Ok Zulfi, M.Si sekaligus mewakili Plt Wali Kota Medan, Perwakilan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Wantun Naibaho, Ketua DPRD Medan Hasyim, SE, Sekretaris Camat Medan Baru M Mendrofa, Perwakilan BKAG Pusat Pdt. Dr. A. Sihotang, M.Hum dan Pdt. Dr. Tulus Siahaan, M.Th, Perwakilan Keuskupan Agung Medan Pastor Beno Ola Tage, para Suster, serta ratusan umat katolik se-Kota Medan.

[Foto: Geosiar.com/YRS]

Dalam kata sambutannya, Kadis Kebudayaan Kota Medan, Ok Zulfi, M.Si menyampaikan apresiasi terhadap suksesnya penyelenggaraan acara tersebut. Lebih lanjut, ia menceritakan upaya-upaya yang dirinya lakukan demi menyukseskan perlombaan keagamaan ini.

“Meskipun saya seorang muslim, saya ingin pemazmuran agama Katolik ini harus saya laksanakan dengan baik,” tutur Ok Zulfi.

Demi mewujudkan keinginannya itu, Zulfi pun berupaya mengevaluasi kegiatan pemazmuran yang sudah dilaksanakan dari tahun ke tahun. Bahkan, ia tak enggan mendatangi para pastor guna menyampaikan proposal kegiatan tersebut.

“Saya tanya Kabag Agama apa permasalahan yang sebelumnya terjadi pada saat pemazmuran ini. Dari situ, saya lakukan evaluasi dan mencoba berhubungan dengan beberapa pastor untuk menyampaikan kegiatan ini, dan mereka mendukung. Inilah upaya saya agar kegiatan ini supaya lebih baik dari tahun ke tahun,” ujar Ok Zulfi.

Ok Zulfi juga mengungkapkan bahwa Wali Kota Medan nonaktif, Dzulmi Eldin turut memberikan dukungan atas penyelenggaraan kegiatan yang sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir ini. Bahkan, Dzulmi menyarankan agar dirinya membuat surat resmi untuk mengadakan pertemuan dengan Uskup Agung.

“Besoknya, saya suruh staf saya, setelah jumpa Pak Beno, menyurati langsung Uskup Agung. Akhirnya, dengan waktu yang sangat singkat saya dapat jawaban untuk bertemu dengan Uskup Agung,” sambung Zulfi bercerita.

[Foto: Geosiar.com/YRS]

Sebelum bertemu Uskup Agung, Zulfi pun masih menyempatkan waktu untuk berkonsultasi dengan Dekan Fakultas Kebudayaan Universitas Sumatera Utara (USU). Dalam pertemuan itu, keduanya membahas kategori-kategori yang akan dilombakan. Dari situlah ia mendapat masukan untuk menandingkan kategori Gregorian.

“Kau bikin ini (lomba Gregorian), bilang sama Uskup. Pasti Uskup akan mendukung sepenuhnya kegiatan ini,” ujar Zulfi menirukan perkataan Dekan Fakultas Kebudayaan USU.

Ternyata apa yang disampaikan Dekan benar, tambah Zulfi, bahkan Uskup Agung memandatkan kepadanya agar melaksanakan perlombaan tersebut dengan baik. Bahkan, Uskup menyatakan ketertarikannya pada lomba gregorian. Sebab, pelaksanaan gregorian di Indonesia sudah jarang, hanya di Vatikan dan Amerika Latin yang masih rutin melakukannya.

“Dengan adanya perlombaan ini digali kembali, diharapkan akan merangsang dan menghidupkan kembali gregorian ini di gereja-gereja Katolik,” sambungnya.

[Foto: Geosiar.com/YRS]

Dengan berakhirnya kata sambutan dari Kadis Kebudayaan Kota Medan, maka Perlombaan Pemazmur Agama Katolik Tahun 2019 pun resmi ditutup dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Ketua DPRD Medan Hasyim, SE. (YRS)

Sumut

Miliki Sabu, BNNK Amankan Penjaga Sekolah SMP Negeri 5 Tebing Tinggi

Published

on

Kepala BNNK Tebing Tinggi, AKBP Faduhusi Awato Zendrato saat Press release penangkapan penjaga sekolah SMP Negeri 5 Tebing Tinggi terkait peredaran gelap narkotika, Senin (11/11) (WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Petugas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tebing Tinggi mengamankan seorang penjaga SMP Negeri 5 berinisial M (47) dengan barang bukti 5 bungkus narkotika jenis sabu,  Jumat (8/11/2019).

“Penangkapan seorang Pejaga sekolah  dengan barang bukti 0,70 gram, berdasarkan laporan Kepala SMP Negeri 5 Tebingtinggi,” ujar Kepala BNNK Tebing Tinggi AKBP Faduhusi Zendrato saat press release, Senin (11/11/2019).

AKBP Faduhusi Awato Zendrato mengatakan, penangkapan dilakukan setelah mendapatkan laporan dari Kepala SMP Negeri 5 bahwa ada tas berisi plastik klip bening yang tergantung di jendela sekolah, Jumat (08/11) sekitar pukul 09.00 WIB. Petugas pun langsung melakukan pengecekan dan meminta keterangan dari pihak sekolah.

“Hasil keterangan yang diperoleh, dicurigai penjaga sekolah yang melakukan tindakan pidana narkotika. Petugas lalu mendatangi kediaman M,”  jelasnya.

Tiba di kediaman M, petugas melakukan penggeledahan serta menyita barang bukti 5 bungkus plastik bening berisi narkotika jenis sabu dengan berat kotor 0,70 gram, 1 buah bong serta handphone.

Atas perbuatannya, penjaga sekolah tersebut dikenakan pasal 114 ayat (1), pasal 112 ayat (1), UU No 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 5 tahun paling lama 10 tahun penjara. (WH)

Continue Reading

Sumut

Eks Ketua DPRD Sumut Ajib Shah Bebas Setelah 4 Tahun Penjara

Published

on

Eks Ketua DPRD Sumut Ajib Shah Bebas Setelah 4 Tahun Penjara

Geosiar.com, Medan – Mantan Ketua DPRD Sumut, Ajib Shah yang divonis bersalah tekait kasus interpelasi yang melibatkan mantan Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho akhirnya sudah lepas  dari penjara per 10 November 2019. Ajib bebas setelah menjalani hukuman 4 tahun penjara di Rutan Salemba.

“Iya beliau sudah bebas kemarin,” kata Ketua KNPI Sumut, El Adriansyah, Senin (11/11/2019).

El mengatakan, setelah menghabiskan masa hukuman, Ajib Shah tidak langsung kembali ke Medan Karen harus bertolak ke Penang, Malaysia untuk menjalani operasi lutut.

“Rencanya mau operasi lutut dulu di Penang, tanggal 14 November baru kembali ke Medan,” kata keponakan Ajib Shah itu.

El tidak mengetahui kegiatan apa yang akan dilakukan pamannya setelah kembali ke Medan. Akan tetapi, ia meyakini mantan Ketua DPD I Golkar Sumut itu agar lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga.

“Pasti berkumpul dengan keluarga,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memvonis bersalah kepada mantan Ketua DPRD Sumatera Utara, Ajib Shah. Mantan Ketua DPRD Sumut, Saleh Bangun, dan anggota DPRD Sumut, Sigit Pramono, dan Chaidir Ritonga ikut divonis dalam kasus itu.

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi bersama-sama dan berlanjut,” tutur Hakim Ketua Arifin saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kemayoran, Rabu (15/6/2016).

 Paman dari Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah itu  divonis empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider tiga bulan kurungan. Sementara Saleh Bangun dijatuhi hukuman empat tahun penjara disertai denda Rp 200 juta subsider tiga bulan kurungan dan membayar uang pengganti Rp 712 juta.

Continue Reading

Sumut

Polres Tebing Tinggi Bersama Muspida Peringati Hari Pahlawan 2019

Published

on

Upacara di Taman Makam Pahlawan kota Tebing Tinggi, dipimpin Ketua Pengadilan Agama Tebig Tinggi Rosyid Mumtaz, S. HI, M.H

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019 Polres Tebing Tinggi bersama Muspida Kota Tebing Tinggi menggelar upacara peringatan hari pahlawan Tahun 2019. Upacara ini dipimpin langsung oleh Kajari Tebing Tinggi H. Mochamad Novel, SH, MH pada  Minggu (10/11/2019) di Lapangan Merdeka Kota Tebing Tinggi.

Sebelumnya sudah dilaksanakan rangkaian hari pahlawan dengan ziarah di Taman Makam Pahlawan kota Tebing Tinggi yang dipimpin Ketua Pengadilan Agama Tebing Tinggi Rosyid Mumtaz, S. HI, M.H .

Turut hadir dalam kegiatan Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi, S.IK,Walikota Tebing Tinggi H. Umar Zunaidi Hasibuan, Ketua DPRD Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution, SH,  Dandim 0204/DS diwakili Pabung Mayor Inf Robert Sinaga, Sekdako Tebing Tinggi, Para Perwira TNI/POLRI, Para Asisten, Staf Ahli, OPD, Camat serta Lurah se- Kota Tebing Tinggi.

Mengawali amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan Kajari Tebing Tinggi mengatakan bahwa setiap hari pahlawan, pihaknya diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Dimana pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menacapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” katanya.

“Dengan peringatan hari pahlawan ini kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana uangkapan salah seorang The Founding Fathers kita bung karno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai para  pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” ucap Sunadi

Beliau  mengajak seluruh saudara sebangsa dan setanah air agar kiranya hari pahlawan ini bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi, untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati  sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” tutup Kapolres. (WH)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com