Connect with us

Sumut

Plt Wali Kota Medan Resmi Buka Lomba Pemazmur Agama Katolik 2019

Published

on

Pemukulan gong oleh Plt Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution M.Si tanda dibukanya perlombaan Mazmur Agama Katolik 2019 (Geosiar/Tees)

Geosiar.com, Medan – Pelaksana tugas (plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution M.Si secara resmi membuka perlombaan Pemazmur Agama Katolik Tahun 2019, di pelataran Gedung Catholic Center, Jalan Mataram nomor 21, Medan pada Kamis (7/11/2019). Sebagai ucapan selamat datang, kehadiran Plt Wali Kota disambut meriah dengan tarian adat Sumatera Utara (Sumut), yakni tor-tor.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai 7-9 November ini dibuka dengan pemukulan gong oleh plt Wali Kota. Para peserta dalam kegiatan ini juga menyambut pembukaan ini dengan tepuk tangan yang begitu meriah.

Plt Wali Kota dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, setiap kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa akan didukung penuh oleh Pemko Medan.

Plt Wali Kota beri kata sambutan (Geosiar/tees)

“Pemko Medan akan mendukung setiap kegiatan pembinaan mental dan spritual kerohanian guna meningkatkan keimanan kita kepada tuhan yang maha esa,”  tutur Plt Wali Kota Medan.

Lanjut Plt Wali Kota Medan, ia berpendapat bahwa perhelatan ini sangat positif lantaran kegiatan ini adalah  salah satu bagian aktualisasi dari pelatihan mazmur serta memacu semangat remaja untuk terlibat sebagai pemazmur.  “Untuk itulah kami  memberikan motivasi kepada para peserta agar memberikan pujian yang terbaik bagi Tuhan dan semua yang mendengarkannya.”

Ketua Panitia kegiatan Johanes Sitepu SH didampingi Wakil Ketua Panitia Juan Lingga mengatakan kepada awak media bahwa tahun ini merupakan tahun ketiga perlombaan ini digelar. Sebelumnya hanya tersedia lomba Mazmur, namun tahun ini ditambahkan lomba Gregorian yaitu lagu di Katolik khusus untuk memuliakan Tuhan dengan gaya malaikat.

Selain itu lanjut Johanes, acara ini bertujuan guna mengembangkan talenta-talenta bermazmur umat Katolik dari anak-anak hingga kaum orang tua di Keuskupan Agung Medan.

“Mazmur adalah bagian inti dari ibadah Katolik. Kegiatan ini bertujuan agar umat juga menjadi sering membuka Mazmur dan semakin semangat menyanyikan lagu Mazmur di setiap stasi,” ungkap Johanes.

Dalam perlombaan ini sebanyak 11 paroki ikut berpartisipasi. Setiap stasi di bawah masing-masing paroki bebas mengirimkan jumlah utusannya untuk ikut serta dalam perlombaan. Akan tetapi untuk lomba Gregorian setiap paroki hanya boleh mengirimkan satu perwakilan.

Johanes menjelaskan, untuk lomba Mazmur, ada tiga kategori yakni orang tua pria dan wanita, dewasa atau OMK untuk pria dan wanita serta remaja kategori pria dan wanita. Sementara untuk anak-anak hanya dapat mengikuti lomba vokal solo.

Selain Plt Wali Kota Medan, kegiatan pembukaan lomba Mazmur ini juga dihadiri oleh mewakili Umat Agama Katolik Romo RD Beno Ola Tage, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan, DPRD Kota Medan, dan banyak lainnya.

Tak hanya itu, kegiatan pembukaan lomba Mazmur yang diikuti oleh ratusan umat ini dimeriahkan oleh puji-pujian dari OMK, paduan suara, juga menghadirkan  Delon sang juara Indonesian Idol musim pertama. (tees)