Connect with us

Dunia

Pemerintah Vietnam Segera Memulangkan Mayat dalam Truk di Inggris

Published

on

Petugas forensik Kepolisian Inggris memeriksa truk asal Bulgaria, yang memuat 39 mayat, di Waterglade Industrial Park, Grays, bagian timur Kota London, Rabu (23/10). [Foto: AFP / Ben Stansall]

Geosiar.com, Inggris – Kedutaan Besar Vietnam untuk Inggris menginformasikan bahwa pihaknya segera memulangkan 39 mayat yang tewas dalam truk kontainer di kawasan industri Essex, Inggris, beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan karena seluruh proses identifikasi korban telah selesai.

Melansir dari AFP, Jumat (8/11/2019), Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, dalam surat kepada pihak keluarga korban mengungkapkan kesedihannya terhadap tragedi yang terjadi pada akhir Oktober itu. Dia pun berjanji akan membawa pulang semua korban secepatnya.

Sebelumnya, Menteri Keamanan Publik Vietnam mengungkapkan bahwa seluruh korban berasal dari enam provinsi, yaitu Hai Phong, Hai Duong, Nghe An, Ha Tinh, Quang Binh, dan Thua Thien Hue. Enam lokasi itu dikenal sebagai tempat pengumpan untuk bisnis emigrasi ilegal.

Sejauh ini, pihak berwenang Vietnam telah menahan sebanyak 11 orang yang diduga memfasilitasi perjalanan ilegal ke luar negeri. Tetapi tidak ada satupun pelaku yang resmi didakwa. Sementara itu, kepolisian Inggris sudah menahan pengemudi truk kontainer tersebut.

Sopir asal Irlandia Utara dituduh melakukan pembunuhan, pencucian uang, dan konspirasi dalam membantu proses imigrasi yang melanggar hukum.