Connect with us

Nasional

Ma’ruf Amin: Pemilihan Pergantian Ketum MUI Bakal Dirundingkan di Munas

Published

on

Wakil Presiden (wapres) Maruf Amin

Geosiar.com, Jakarta – Wakil Presiden (wapres) Maruf Amin mengungkapkan bahwa proses pemilihan Ketua Umum MUI periode selanjutnya bakal dibahas pada Musyawarah Nasional (Munas) MUI. Ma’ruf mengatakan biasanya pemilihan ketum MUI dilakukan melalui jalur musyawarah.

Ma’ruf mengatakan persaingan antara Muhammadiyah dengan Nadhlatul Ulama (NU) untuk menduduki kursi Ketum MUI merupakan hal yang biasa. Meski demikian akhirnya pun akan diputuskan dalam Munas MUI yang direncanakan akan digelar pada 2020 mendatang.

“Ya MUI itu biasa lah. Kalau bahasa orang NU itu gegeran, tapi akhirnya gergeran. Artinya biasa tarik menarik itu,” kata Ma’ruf di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

“Nanti akan selesai di Munas. Nanti di munas hasilnya dirundingkan,” Ma’ruf menambahkan.

Sebagai Ketua MUI non aktif, Ma’ruf menanggapi, apabila nantinya terjadi perlombaan diantara pihak Muhammadiyah dengan NU. Pasalnya, keputusan penunjukkan ketum MUI dilakukan dengan cara musyarawah sehingga hasil yang diperoleh merupakan kesepakatan bersama.

“Bahkan kalau di MUI tradisinya tak ada pemilihan. Adanya kesepakatan, kemudian ada ini jadi ini, ini jadi ini, sharing, yang ada kesepakatan,” tuturnya.