Connect with us

Sumut

Disdik Deliserdang Terapkan Program Outdoor Classroom Day

Published

on

Suasana anak-anak yang belajar di luar kelas di SMP Negeri 1 Sunggal. [Foto: ANTARA/HO-Pemkab Deliserdang]

Geosiar.com, Deliserdang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang telah menerapkan program Gerakan Sehari Belajar di Luar Kelas atau Outdoor Classroom Day (OCD) yang merupakan bagian dari program sekolah ramah anak, sekaligus memperingati Hari Anak Internasional 2019.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Deliserdang, Dedi Maswardy mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu program pemerintah yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Tujuannya untuk menunjang proses pembelajaran yang ramah anak,” ujar Dedi Maswardy dikutip dari ANTARA, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, kegiatan belajar-mengajar di luar kelas baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kreativitas belajar anak didik, khususnya dalam mengenal lingkungan sekitar. Program ini diharapkan bisa menumbuhkan tanggung jawab, jiwa saling menolong, menghargai di antara anak-anak sekitar dan lingkungannya.

“Program ini diharapkan akan menghasilkan anak didik yang selain pintar juga mempunyai kreativitas yang baik untuk pengembangan diri anak kepada lingkungan, juga bagi bangsa dan negara,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Pemkab Deliserdang memutuskan untuk lebih banyak mengunjungi daerah yang lain, agar sosialisasi OCD tersebut dapat berlangsung menyeluruh. Program ini dilaksanakan pada semua sekolah yang ada di Deliserdang, mulai dari tingkat TK, SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/MA. Selain Dinas Pendidikan, program ini berkolaborasi dengan berbagai dinas, seperti Dinas Lingkungan Hidup, P2KB dan P3A, Dinas Sosial dan BPBD.