Connect with us

Nasional

Pro-Kontra Larangan Memakai Cadar, Ini Kata Wapres Ma’ruf

Published

on

Wakil Presiden (wapres) Ma'ruf Amin

Geosiar.com, Jakarta – Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin meyakinkan bahwa larangan penggunaan cadar itu tidak ada. Wapres menjelaskan, yang diwacanakan oleh Menag adalah hanya menyangkut disiplin di masing-masing kantor tentang cara berpakaian di instansi.

“Nggak ada larangan, itu hanya disiplin di masing-masing kantor cara berpakaiannya instansi saja. Jadi tidak ada urusannya dengan agama,” tutur Ma’ruf kepada awak media usai meresmikan RSU Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Kamis (7/11/2019).

Ma’ruf mengatakan pembicaraan soal larangan penggunaan cadar sebetulnya tidak diperbolehkan dipakai di kantor-kantor pemerintahan.

“Yang tidak boleh itu di kantor-kantor, di anggota tentara, yang itu bukan soal agama. Itu soal disiplin. Kalau agama kan ada yang membolehkan, ada yang melarang. Jadi itu, masing-masing saja soal cadar itu,” jelas wapres yang juga Ketua Umum MUI nonaktif.

Ma’ruf Amin menegaskan, apabila pelarangan penggunaan cadar tersebut dterapkan sebagai bagian disiplin cara berpakaian di instansi pemerintahan, sudah sepantasnya hal tersebut dipatuhi.

“Tetapi kalau untuk misalnya di kantor-kantor, di tempat tertentu yang memang pada aturan cara berpakaiannya. Saya kira itu yang harus dipatuhi,” tutupnya.

Advertisement

Nasional

Usul Masa Jabatan Presiden Tiga Periode, Ini Kata Nasdem

Published

on

Presiden Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Partai NasDem menolak usul terkait perubahan masa jabatan presiden yang saat ini maksimal dua periode menjadi tiga periode. Usulan tersebut masuk dalam pembahasan amandemen UUD 1945.

“Cukup dua periode dengan lima tahun per periode. Gak perlu diotak-atik lagi,” kata Ketua DPP NasDem, Achmad Effendy Choirie, pada Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, periode lima tahun itu juga telah melalui berbagai pertimbangan dan komparasi dari berbagai negara di dunia yang menganut sistem demokrasi. “Pilihan ini jalan tengah. Sekali lagi, tidak perlu diotak-atik lagi.”

Sementara Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Arsul Sani menyatakan, ada usul perubahan masa jabatan presiden yang saat ini maksimal 2 periode menjadi 3 periode, dalam pembahasan amandemen UUD 1945.

“Itu kan baru sebuah wacana ya. Ada juga wacana yang lain,” ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Arsul mengungkapkan, ada juga usulan masa jabatan presiden diubah menjadi 1×8 tahun. Alasannya, masa jabatan yang lebih lama itu akan membuat presiden-wakil presiden mampu mengeksekusi programnya dengan lebih baik.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP itu mengungkapkan bahwa MPR masih menghimpun pelbagai masukan mengenai masa jabatan presiden ini. Maka segala usulan tidak usah disikapi berlebihan.

Continue Reading

Nasional

PSI Usul Masa Jabatan Presiden 7 Tahun dalam Satu Periode

Published

on

Ketua DPP PSI Tsamara Amany

Geosiar.com, Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan ide masa jabatan presiden selama tujuh tahun dalam satu periode. Ketua DPP PSI Tsamara Amany menuturkan, jika hanya satu periode, setiap presiden akan bekerja semaksimal mungkin.

“Fokus bekerja buat rakyat dan tak memikirkan pemilu berikutnya,” ungkap Tsamara dalam keterangan pers, Kamis (21/11/2019).

Masa jabatan satu periode, jelas Tsamara, akan membuat presiden terlepas dari tekanan politik jangka pendek, lebih fokus untuk melahirkan kebijakan terbaik. Politik akan terbebas dari pragmatisme.

Tsamara menjelaskan, masa kepemimpinan butuh diperpanjang hingga tujuh tahun supaya tiap presiden memiliki waktu cukup untuk mewujudkan program-program kerjanya dan menjadikan Negara menjadi lebih baik. “Satu periode ini akan menghilangkan konsep petahana dalam pemilihan presiden.” Dengan demikian, tak ada lagi kecurigaan bahwa petahana memanfaatkan kedudukannya untuk kembali memenangi pemilu.

Dalam pengamatan PSI, pada format 2 x 5 tahun pun, yang efektif cuma tujuh atau delapan tahun masa jabatan presiden. “Dua atau tiga tahun sisanya biasa dipakai untuk penyesuaian awal periode dan kampanye pemilu berikut,” tutur Tsamara.

Menurutnya, pemilu tiap tujuh tahun sekali jelas akan menghemat biaya. Jika biasanya tiap lima tahun ada pemilu, kelak hanya akan terjadi tiap tujuh tahun sekali.

Continue Reading

Nasional

Jokowi Umumkan 7 Stafsus Milenial

Published

on

Tujuh staf khusus milenial Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan tujuh staf khususnya pada Kamis (21/11/2019) sore. Periode kali ini sedikit berbeda dan istimewa lantaran diisi oleh sejumlah pemuda pemudi atau generasi milenial untuk mengawal kinerja pemerintahan di 2019-2024.

Setidaknya ada  beberapa nama baru yang familiar di telinga publik seperti Belva Devara sang pendiri ruang guru serta Putri Tanjung yang merupakan entrepreneur dan putri pengusaha Chairul Tanjung.

“Saya mau kenalkan staf khusus yang baru, tugasnya mengembangkan inovasi di berbagai bidang,” kata Presiden Joko Widodo ketika memperkenalkan para staf khususnya di Istana Kepresidenan, Kamis (21/11/2019).

Berikut adalah nama-nama staf khusus Presiden Jokowi:

1. Putri Tanjung – CEO dan Founder Creativepreneur

2. Adamas Belva Syah Devara – Pendiri Ruang Guru

3. Ayu Kartika Dewi – Perumus Gerakan Sabang Merauke

4. Angkie Yudistia – Pendiri Thisable Enterprise (Kader PKPI, difabel tuna rungu)

5. Billy Mambrasar – Direktur PT Papua Muda Inspiratif

6. Aminuddin Maruf – Aktivis Kepemudaan , mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Indonesia (PMII)

7. Andi Taufan Garuda Putra – CEO PT Amartha Mikro Fintech

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com