Connect with us

Nasional

Pro-Kontra Larangan Memakai Cadar, Ini Kata Wapres Ma’ruf

Published

on

Wakil Presiden (wapres) Ma'ruf Amin

Geosiar.com, Jakarta – Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin meyakinkan bahwa larangan penggunaan cadar itu tidak ada. Wapres menjelaskan, yang diwacanakan oleh Menag adalah hanya menyangkut disiplin di masing-masing kantor tentang cara berpakaian di instansi.

“Nggak ada larangan, itu hanya disiplin di masing-masing kantor cara berpakaiannya instansi saja. Jadi tidak ada urusannya dengan agama,” tutur Ma’ruf kepada awak media usai meresmikan RSU Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Kamis (7/11/2019).

Ma’ruf mengatakan pembicaraan soal larangan penggunaan cadar sebetulnya tidak diperbolehkan dipakai di kantor-kantor pemerintahan.

“Yang tidak boleh itu di kantor-kantor, di anggota tentara, yang itu bukan soal agama. Itu soal disiplin. Kalau agama kan ada yang membolehkan, ada yang melarang. Jadi itu, masing-masing saja soal cadar itu,” jelas wapres yang juga Ketua Umum MUI nonaktif.

Ma’ruf Amin menegaskan, apabila pelarangan penggunaan cadar tersebut dterapkan sebagai bagian disiplin cara berpakaian di instansi pemerintahan, sudah sepantasnya hal tersebut dipatuhi.

“Tetapi kalau untuk misalnya di kantor-kantor, di tempat tertentu yang memang pada aturan cara berpakaiannya. Saya kira itu yang harus dipatuhi,” tutupnya.

Advertisement