Connect with us

Dunia

Erdogan Klaim Tangkap Anak dan Istri Mendiang Bos ISIS

Published

on

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. [Foto: Cem Oksuz/Presidential Palace/Handout via REUTERS]

Geosiar.com, Turki – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengklaim bahwa pihaknya sudah menangkap anak dan istri pertama mendiang pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, yaitu Laila Jabir dan Asma Fauzi Muhammad al-Qubaysim. Erdogan mengungkap, penangkapan itu dilakukan pada 2 Juni 2018 dalam sebuah penggerebekan di Provinsi Hatay.

“Kami sudah menangkap istri Baghdadi, tetapi kami sengaja tidak mengungkapnya. Saya baru mengumumkannya hari ini untuk pertama kali,” tutur Erdogan, dilansir Associated Press, Kamis (7/11/2019).

Dalam penggerebekan itu, pasukan Turki membekuk 11 orang yang diduga simpatisan ISIS. Identitas Laila diketahui setelah dilakukan uji DNA. Selama ini, mereka ditahan di tempat detensi imigrasi Turki.

Erdogan mengatakan, Asma membeberkan seluruh aktivitas mendiang suaminya dan ISIS. Dari informasi itulah aparat Turki berhasil menangkap sejumlah orang yang diduga jejaring ISIS di sejumlah tempat. Kini, mereka masih memburu tiga istri mendiang al-Baghdadi.

Seperti diketahui, Baghdadi tewas dengan meledakkan bom bunuh diri saat akan ditangkap 26 Oktober lalu, oleh pasukan gabungan Kurdi dan Satuan Delta Angkatan Darat Amerika Serikat di tempat persembunyiannya di Suriah. Atas insiden itu, pengikut ISIS menyatakan berjanji akan membalas dendam atas kematian al-Baghdadi.