Connect with us

Politik

Ditanya Siapa Jagoan Nasdem Pilwalkot Medan, Afif Abdillah Senyum, Jadwal Khusus untuk Akhyar Nasution

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Medan Afif Abdillah SE mengaku memiliki jagoan dari kader sendiri untuk calon kontestan pemilihan Walikota (Pilwalkot) Medan pada periode 2020-2024. Kader itu nantinya akan disandingkan dengan figur dari Partai lain yang telah mendaftar ke Partai NasDem.

“NasDem memiliki calon, itu pasti. Namun belum bisa kita pastikan diposisi Walikota maupun Wakil,” ujar Afif Abdillah (foto) kepada Geosiar.com, Rabu sore (6/11/2019). Namun Afif tetap tidak bersedia menyebut siapa nama calon mereka.

Diakui Afif Abdillah yang juga Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Medan itu, salah satu tujuan Partai NasDem Kota Medan melakukan penjaringan bakal calon (balon) Walikota dan Wakil Walikota Medan periode 2020-2024 adalah untuk memilih calon terbaik yang akan dipasangkan dengan kader Nasdem.

Seperti diketahui Partai NasDem melakukan penjaringan terhadap sejumlah bakal calon (balon) Walikota dan Wakil Walikota yang sebelumnya mendaftar ke Partai NasDem. Tahapan penjaringan itu telah melalui proses pemaparan visi dan misi strategi membangun kota Medan pada 5 Nopember lalu.

Disampaikan Afif, dari 11 orang calon yang mendaftar, 10 orang telah mengikuti tahapan pemaparan visi dan misi. Sedangkan 1 orang calon yakni Akhyar Nasution belum mengikuti tahapan pemaparan.

“Memang batas waktu yang kita jadwalkan sebelumnya telah lewat, para calon sudah menyampaikan pemaparan. Tapi karena 1 orang lagi calon belum sempat menyampaikan pemaparan visi misi, terpaksa kita perpanjang. DP Wilayah Sumut Partai NasDem memberikan batas tenggat waktu hingga pertengahan bulan Nopember ini,” terang Afif Abdillah didampingi Sekretaris Partai Nasdem Kota Medan.

Dijelaskan, perpanjangan waktu yang diberikan kepada Akhyar Nasution bukan lah hal yang istimewa. Namun karena Akhyar Nasution sebagai pejabat negara (Plt Walikota Medan) pantas diberikan kelonggaran waktu.

“Kita berikan penyesuain jadwal untuk beliau (red – Akhyar Nasution). Karena alasan tidak bisa mengikuti jadwal yang kita berikan yakni 5 Nopember lalu sangat dapat diterima. Dimana beliau dengan waktu bersamaan melakukan tugas dinas yang padat,” ujar Afif Abdillah seraya menyebut telah dilakukan komunikasi untuk penyesuaian jadwal khusus berikutnya.

Ditambahkan Afif, hasil penjaringan balon yang telah dilakukan akan diserahkan ke DPW Partai NasDem Sumut. Nantinya, dari 11 nama yang ikut seleksi penjaringan akan ditetapkan 3 nama ke DPW Sumut dan selanjutnya ke DPP Jakarta.

“Dari 3 nama itu, bisa saja 2 untuk Walikota dan bahkan sebaliknya. Dari 3 bama itu lalu kita sandingkan berpasangan dengan kader NasDem,” sebut Afif Abdillah seraya melontar senyum tanpa bersedia menyebut siapa figur dari mereka.

“Nanti Partai NasDem pusat yang menentukan. Tentu setelah melalui komunikasi politik dengan figur yang ikut penjaringan di Partai NaDem,” ujar Afif.

Sebagaimana diketahui, balon yang telah mendaftar dan mengikuti seleksi penjaringan di Partai NasDem untuk calon Walikota yakni Kolonel CKU H Syaiful A, DR Maruli Siahaan, H Ihwan Ritonga SE, MM. Sementara Ir Akhyar Nasution, MM belum mengikuti seleksi pemaparan.

Sedangkan untuk Wakil Walikota yakni
Sondang Siagian, Drs Putrama Alkhairi, Drs Zainal Arifin, H Nezar Zjoeli, Hamdan Sombolon, H Mhd Syafii dan Rusdi Sinuraya. (lamru)

Advertisement

Politik

Demokrat Soal Usulan Presiden 3 Periode: Cukup 2 Kali

Published

on

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan.

Geosiar.com, Jakarta – Partai Demokrat menolak dengan tegas usulan penambahan masa jabatan presiden menjadi 3 periode. Hal iti disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan. Dia menyebut usulan itu bukan rencana MPR.

“Enggak tahu (asal munculnya usulan). Itu mungkin selentingan saja, tapi yang jelas itu tidak merupakan salah suatu dari agenda,” ujar Syarief di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Menurutnya, perubahan masa jabatan presiden belum begitu diperlukan. Dia menegaskan bahwa masa jabatan presiden selama 2 periode sudah cukup optimal.

“Saya pikir sudah cukup 2 kali 5 tahun. Ya tidak urgensinya dan belum ada pikiran untuk sampai sejauh itu,” lanjut Wakil Ketua MPR itu.

Lebih jauh, Syarief mengungkapkan rencana MPR untuk amendemen UUD 1945 baru dalam tahapan penyempurnaan badan pengkajian. MPR juga baru berencana untuk meminta masukan para tokoh.

“Kedua, pimpinan-pimpinan MPR juga masih sedang bertemu dengan para tokoh-tokoh masyarakat, apakah para tokoh-tokoh partai politik. Kemudian di samping daripada itu kita juga baru merencanakan baru roadshow ke beberapa daerah. Jadi masih jauh,” tandasnya.

Continue Reading

Politik

PAN Pertanyakan Tugas dan Fungsi Stafsus Presiden

Published

on

Presiden Jokowi mengenalkan tujuh staf khusus, Kamis (21/11/2019) sore. [Foto: ANTARA/Wahya Putro A]

Geosiar.com, Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan tanggapan mengenai jajaran staf khusus (stafsus) yang baru saja diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi). PAN menganggap pengangkatan itu bertolak belakang dengan semangat dan prinsip efisiensi birokrasi di Indonesia.

“Dikhawatirkan, para staf khusus tersebut akan semakin membuat gemuk birokrasi di lingkungan istana,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Saleh Partaonan Daulay, Jumat (22/11/2019).

Saleh mengatakan bahwa jajaran pembantu presiden untuk menjalankan roda pemerintahan selama lima tahun ke depan sudah sangat banyak, mulai dari menteri, wakil menteri, staf kepresidenan, juru bicara hingga staf rumah tangga kepresidenan.

“Dengan pembantu sebanyak itu sebenarnya sudah membantu presiden mengatasi persoalan pemerintahan. Tak perlu lagi ditambah oleh tujuh staf khusus. Silakan dinilai sendiri, apakah itu efisien atau tidak,” sambungnya.

Lebih jauh, dia mempertanyakan perihal tugas dan fungsi ketujuh staf khusus tersebut. Dia menilai bahwa publik perlu penjelasan mendetail terkait tugas yang akan diemban oleh tujuh staf khusus baru itu.

“Saya tidak tahu apakah pada periode yang lalu presiden sudah memiliki staf khusus atau tidak. Sebab, saya tidak tahu atau tidak pernah mendengar aktivitasnya. Atau bisa saja, jumlahnya sedikit pada waktu itu sehingga kurang menggema,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jokowi telah memperkenalkan tujuh staf khusus dari kalangan milenial pada Kamis (21/11) sore. Jokowi mengatakan bahwa tujuh stafsus baru itu tak memiliki bidang tugas khusus. Tapi, akan kerja bersama dalam membuat program dan menyelesaikan masalah.

Continue Reading

Politik

Calon Bos BUMN, Ahok: Hidupku Ditolak Melulu

Published

on

Ahok saat ditemui sebelum Workshop Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (20/11/2019). [Foto/SINDOnews]

Geosiar.com, Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya angkat bicara terkait penolakan yang diterimanya usai diisukan menjadi salah satu bos Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ahok pun memulainya dari sindiran Rizal Ramli yang menyebutnya kelas Glodok.

“Disamain orang Glodok, saya kaya dong,” tutur Ahok saat ditemui di Hotel Grand Arkenso Semarang, Rabu (20/11/2019).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini justru berterima kasih karena disebut kelas Glodok. Sebab, Glodok merupakan salah satu pusat jual-beli sukses di DKI Jakarta, yang menurutnya tidak mudah untuk menjalankan usaha di sana.

“Dikira gampang jadi orang Glodok, sewa tempatnya mahal. Saya terima kasih,” lanjut dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menganggap bahwa penolakan-penolakan yang diterimanya merupakan hal yang wajar. Ia kemudian memberikan jawaban diplomatis.

“Hidup ini nggak ada yang bisa setuju seratus persen. Tuhan aja ada yang menentang kok,” uajrnya.

Sembari berjalan, ia kemudian melontarkan kalimat keluhan yang mengundang tawa orang yang berada di sekitarnya. “Kayaknya hidupku ditolak melulu,” tukas Ahok sambil tertawa.

Kendati mendapat penolakan, Ahok mengaku tetap bersedia jika memang ditunjuk dan diminta untuk menjadi petinggi salah satu BUMN. Seperti diketahui, Ahok diisukan bakal menjabat sebagai petinggi PLN atau Pertamina.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com