Connect with us

Dunia

Geng Perampok Bobol Katedral di Prancis

Published

on

Salah satu barang berharga yang dicuri di Katedral Oloron Sainte Marie. (Foto: AFP)

Geosiar.com, Prancis – Katedral Oloron-Sainte-Marie, Nouvelle-Aquitaine, Prancis, dilaporkan telah dirampok sekelompok orang pada Senin (4/11/2019). Laporan perampokan itu diterima sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Disebut, ada tiga pencuri yang melakukan aksi.

“Penduduk setempat terbangun dan terdengar sebuah suara dan polisi menerima peringatan tanda bahaya dari alarm katedral,” tutur pejabat kota, Laurent Paris seperti dikutip dari AFP, Selasa (5/11/2019).

Laurent mengatakan, pintu katedral sudah rusak ketika polisi tiba di lokasi. Diduga, pintu itu dihantam batang kayu yang diikat pada bagian depan sebuah mobil yang ditinggalkan di dekat lokasi kejadian.

Selain itu, polisi juga menemukan pagar besi yang menutupi sebuah kapel tempat penyimpanan keperluan ibadah dirusak dengan menggunakan gergaji. Atas pencurian ini, sejumlah piala perak, salib dan benda-benda yang digunakan untuk ibadah yang sebagian besar terbuat dari emas hilang.

Kemudian, sebuah patung yang menunjukkan adegan kelahiran Yesus dari abad ke-18 dan beberapa pakaian yang digunakan pastur, termasuk jubah pemberian Raja Francis I, turut dijarah.

Akibatnya, insiden pencurian itu juga memicu kecaman dari Menteri Kebudayaan, Franck Riester. Dia menegaskan, para pelaku akan mendapat hukuman atas perbuatan yang dilakukannya.

“Mereka yang bertanggung jawab akan ditemukan dan dihukum. Saya merasakan emosi dari para umat Katolik Prancis yang terkejut dengan adanya pencurian dan kerusakan itu,” ujarnya melalui akun @franckriester.