Connect with us

Olahraga

Guardiola Usul Barcelona Bikin Patung Messi

Published

on

Pep Guardiola bersama Lionel Messi ketika masih menjadi pelatih Barcelona.

Geosiar.com, Olahraga – Sebagai mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola mengusulkan supaya klub asal Catalunya itu mempersiapkan sesuatu kepada salah satu bintang mereka, Lionel Messi sebagai bentuk penghormatan.

“Suatu hari nanti Messi akan pensiun dan Barcelona akan menghadapi hal itu,” tutur Guardiola kepada Radio Catalunya, dikutip dari FOX Sports Asia, Rabu (30/10/2019).

Guardiola menganggap Blaugrana sudah sepantasnya mempersiapkan patung pemain berjuluk La Pulga tersebut. Hal ini dikarenakan keberadaan Lionel Messi di skuad Barcelona juga membantu La Blaugrana merengkuh banyak prestasi.

“Apa yang dibutuhkan adalah mempersiapkan ruang untuk patung [Messi], cara untuk memberikan penghormatan kepadanya seperti [Laszlo] Kubala dan Johan [Cruyff], dan saya tidak ragu mereka akan menemukan itu,” lanjut Guardiola.

Lebih lanjut, Manajer Manchester City ini juga menuturkan bahwa sebuah klub harus bisa mengatur seorang bintang sama seperti pemain lainnya. Seperti Barcelona saat ini yang tengah mengatur Messi karena tidak lagi muda.

“Dia tidak bisa terus berlari, tidak mungkin. Jika Leo berlari seperti saat di musim pertamanya bersama saya, dia akan cedera setiap tiga bulan. Mengelola legenda 30 tahun ke atas adalah hal tersulit bagi seorang pelatih,” ungkapnya.

Dia pun mengaku cukup beruntung pernah melatih Messi dan pemain lain seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Dani Alves semasa di Barcelona.

“Ada pelatih hebat yang tidak memenangi apa pun karena mereka tidak memiliki Messi. Saya cukup beruntung memiliki dia, Xavi, Iniesta, Alves, dan Pique. Apalagi di usia yang sempurna,” pungkasnya.

Seperti diketahui, kedekatan Guardiola dengan para pemainnya selama di Barca tak bisa dianggap remeh. Mereka seperti memiliki hubungan spesial, terutama dengan Messi. Guardiola bahkan yakin Barcelona bakal memenangi segalanya setelah melihat permainan pemain asal Argentina itu untuk kali pertama.