Connect with us

Dunia

Gempa 6,6 Magnitudo Guncang Filipina Selatan

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Davao – Gempa bumi berkekuatan 6,6 Magnitudo mengguncang Mindanao tengah di Filipina selatan pada Selasa (29/10/2019). Insiden itu menghantam bangunan dan menyebabkan penduduk bergegas keluar dari bangunan sekolah dan kantor-kantor.

Berdasarkan keterangan Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) yang dikutip Reuters, gempa itu terjadi di 26 km sebelah timur dari Tulunan, Cotabato pada pukul 9:04 pagi waktu setempat.

Hingga kini belum ada laporan langsung tentang korban atau kerusakan besar, namun dengan beberapa gempa susulan yang diperkirakan terjadi, Phivolcs menyarankan warga di daerah yang terkena dampak untuk tetap berada di luar gedung.

Selain itu gempa bumi juga mengguncang provinsi dan kota-kota terdekat, termasuk Kota Davao, kota kelahiran Presiden Rodrigo Duterte dan salah satu di antara kota-kota terpadat di Filipina.

Radio DZMM menyampaikan bahwa kabel listrik tampak berayun di Davao, sementara orang bergegas ke ruang terbuka, dengan beberapa pingsan karena ketakutan. Kelas-kelas di sekolah ditangguhkan setelah gempa bumi.

Gempa tersebut juga menyebabkan pemadaman listrik di Kota General Santos.