DPR Harap Uji Kelayakan Calon Kapolri Selesai Tempo 20 Hari

by

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengusulkan Komisaris Jenderal Idham Azis menjadi calon kapolri untuk menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang pensiun awal lantaran ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sebagai calon kapolri, Idham pun masih harus melalui tahapan uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Karena itu, Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin mendesak Komisi III segera menyelesaikan proses uji itu dalam kurun waktu 20 hari.

“Kami harapkan dalam kurun waktu 20 hari yang telah diatur UU, Komisi III DPR dapat menyelesaikan prosesnya dan memberikan hasilnya kepada kami untuk dibawa pada Pengambilan Keputusan Tingkat II,” ujar Aziz saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Sebagai pimpinan DPR, Aziz memastikan pihaknya tak akan mengintervensi kewenangan Komisi III asal bisa menggunakan waktu seefisien dan seefektif mungkin dalam proses uji kelayakan calon Kapolri selama batas waktu yang sudah diatur dalam UU.

“Kami dari unsur pimpinan DPR tidak ingin mengintervensi kewenangan yang ada di komisi teknis yaitu Komisi III DPR RI,” lanjut Aziz.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Rapat Konsultasi Pimpinan DPR Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR sudah menyepakati salah satu agendanya adalah pembacaan Surat Presiden terkait penunjukan Komjen Pol Idham Aziz sebagai Kapolri.

“Lalu nanti diserahkan ke komisi terkait, dalam hal ini Komisi III DPR untuk melakukan uji kelayakan calon Kapolri,” pungkasnya.

Hari ini, Selasa (29/10/2019), DPR RI akan menggelar Rapat Paripurna yang akan menetapkan pimpinan untuk melakukan proses uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri.