Connect with us

Dunia

60 Ribu Warga Jepang Dievakuasi Pasca Topan Hagibis

Published

on

Ilustrasi banjir Jepang usai Topan Hagibis (Foto: Planet Labs Inc Via REUTERS)

Geosiar.com, Jepang – Pemerintah Tokyo mengevakuasi sekitar 60.000 orang akibat bencana banjir dan tanah longsor pasca diterjang Topan Hagibis yang melanda Jepang Timur selama 2 pekan terakhir.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (26/10), aparat berwenang telah memperingatkan kemungkinan bencana tanah longsor dan banjir masih terus berlanjut, terutama di daerah yang terkena tanggul yang belum diperbaiki.

Sekitar 50.000 orang sudah dievakuasi dari kota di barat daya Tokyo, Sagamihara. Kota ini dilanda banjir hebat setelah badai topan. Akibatnya, enam warga Sagamihara meninggal dunia, termasuk satu keluarga tersapu bersama mobil mereka dan dua orang hilang.

Selain itu, pemerintah Tokyo juga telah mengevakuasi 10.000 orang dari Prefektur Chiba dan Fukushima, di timur dan timur laut Jepang. Daerah ini dihantam angin kencang dari Topan Faxai pada bulan September yang membuat beberapa daerah tanpa listrik selama berminggu-minggu sebelum dihantam hujan dari Hagibis.

Hingga saat ini, sekitar 82 orang tewas ketika Topan Hagibis menyerang Jepang Tengah dan Timur, belasan orang masih dinyatakan hilang dan lebih dari 300 lainnya terluka.