Connect with us

Dunia

Puluhan Jasad dalam Truk Diduga WN China

Published

on

Polisi Essex memindahkan wadah truk tempat mayat ditemukan. (Foto: REUTERS/Peter Nicholls)

Geosiar.com, London – Kepolisian Inggris menyatakan dugaan sementara bahwa 39 jasad dalam truk kontainer yang ditemukan di kawasan industri di Grays, sekitar 32 kilometer timur London, pada Rabu (23/10), merupakan warga negara China.

“Jasad-jasad yang terdiri dari 8 orang wanita dan 31 orang pria diyakini warga negara Tiongkok,” tutur Polisi Essex seperti dilansir AFP, Jumat (25/10/2019).

Terkait dugaan ini, Staf kedutaan China tengah menuju ke Essex guna memverifikasi laporan itu. Pihak Kementerian Luar Negeri China perlu mengklarifikasi soal laporan tersebut.

“Staf kedutaan Cina di Inggris sedang menuju ke lokasi untuk memverifikasi situasi ini. Kami berkomunikasi dengan polisi Inggris untuk mencari klarifikasi dan konfirmasi dari laporan yang relevan,” ujar kementerian luar negeri China pada akun media sosial Weibo.

Fakta selanjutnya yang berhasil diungkap polisi yakni bahwa truk tersebut merupakan kendaraan yang disewa dari perusahaan Irlandia, Global Trailer Rentals Ltd (GTR). Juru bicara GTR telah menginformasikan hal tersebut.

“Truk trailer itu disewa pada 15 Oktober dari penyewaan truk di Co Monaghan dengan tarif € 275 per minggu sampai dikembalikan,” ujar Juru bicara GTR dilansir dari media lokal Irlandia, RTE.

Namun, pihak GTR mengaku tidak mengetahui jika truk sewaannya akan digunakan untuk membawa jasad manusia.

“Sama sekali tidak menyadari bahwa trailer itu akan digunakan dengan cara yang telah terjadi,” lanjutnya.

Sejauh ini, polisi telah mengamankan sopir truk berusia 25 tahun pembawa puluhan jasad tersebut. Polisi pun masih terus mendalami kasus ini.