PKS Sebut Pengadaan Wamen Perlu Dikaji Ulang

by

Geosiar.com, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai penunjukan wakil menteri (wamen) dalam Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo-Ma’ruf Amin perlu dikaji ulang manfaatnya. Sebab, posisi ini dinilai berpotensi menimbulkan atmosfir yang tidak sehat dalam kementerian yang bersangkutan.

“Keberadaan wamen perlu hati-hati. Bukan hanya tidak sesuai dengan reformasi birokrasi, tapi juga berpeluang mengganggu harmoni karena ada dua matahari kembar. Plus membuat atmosfir tidak sehat,” ucap Ketua DPP PKS Mardani Ali saat dikonfirmasi, Jumat (25/10/2019).

Mardani menilai, keberadaan wamen secara tidak langsung bisa menyebabkan terpecahnya kepemimpinan dalam suatu kementerian. Menurutnya, menghadirkan sosok wamen bukanlah menjadi solusi untuk memecahkan permasalahan, melainkan berpotensi menimbulkan masalah lain.

“Tidak boleh satu masalah diselesaikan dengan menimbulkan masalah lain,” jelas anggota DPR RI periode 2019-2024.

Oleh sebab itu, ia melihat kalau pengadaan wamen di tiap kementerian perlu dikaji ulang dengan mempertimbangkan manfaat serta kerugiannya. “[Jabatan wamen] mesti dihitung ulang manfaat dan mudharatnya,” pungkasnya.