Connect with us

Sumut

P3TSU Dituntut Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Tradisional

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ratusan pedagang menghadiri acara pelantikan pengurus  Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara (DPC P3TSU) Kota Medan periode 2019-2024 di Gedung Dharma Wanita Jalan Rotan, Medan, Senin (21/10/2019) malam. Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap agar P3TSU nantinya, dapat  menjadi wadah untuk memperjuangkan sekaligus meningkatkan kesejahteraan para pedagang tradisional yang ada di Kota Medan.

Pelantikan dilakukan langsung Ketua Umum P3TSU  Zulkifli Chaniago. Sebagai Ketua Umum P3TSU Kota Medan terpilih Muslim Sikumbang  dari Pasar Aksara, sedangkan M Ikhwan SE (Pasar Petisah) dipercayakan sebagai sekretaris (Pasar Petisah) serta  Azhari (Pasar Simpang Limun) menjadi bendahara.

Sebelum pelantikan dilakukan diawali dengan pembacaan ikrar dan dilanjutkan dengan penyerahan pataka dari Ketua Umum P3TSU kepada Ketua Umum P3TSU Kota Medan yang baru dilantik. Usai pelantikan, selain menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus yang baru dilantik, Wakil Wali Kota juga menyerahkan plakat kepada Ketua Umum P3TSU.

Dalam arahannya, Wakil Wali Kota berharap P3TSU dapat jadi mitra Pemko Medan, sebab pedagang tradisional merupakan tulang punggung perekonomian. Dikatakan Wakil Wali kota, berdagang boleh, sebab itu hak para pedagang tetapi yang tidak diperbolehkan menggunakan badan jalan untuk tempat berjualan.

“Kehadiran Pemko Medan untuk membantu pedagang dapat berjualan dan membuat masyarakat merasa aman, tenang dan nyaman ketika berbelanja di pasar tradisional. Tentunya sinergi dan mitra kerja seperti inilah yang ingin kita bangun denga  pengurus P3SU Kota Medan,” kata Wakil Wali Kota.

Terkait dengan itulah Wakil Wali Kota berharap agar para pedagang pasar tradisional memberikan kepercayaan sepenuhnya dengan Pemko Medan dalam melakukan penataan seluruh pasar tradisional di Kota Medan tanpa ada rasa kecurigaan sedikit pun. “Yakinlah Pemko Medan berkomitmen penuh untuk menata dan memajukan pasar tradisional sehingga menjadi tempat melaksanakan transaksi jual beli yang representatif,” ungkapnya.

Di kesempatan itu Wakil Wali Kota yang hadir di dampingi Kadis Perdagangan Kota Medan Damikrot, Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya, Kabag Humas Arrahman Pane dan Camat Medan Petisah M Agha Novrian mengajak seluruh pedagang untuk senantiasa menjaga kebersihan seluruh pasar tradisionil dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Pasar adalah rumah para pedagang, maka marilah kita jaga bersama kebersihannya. Ingat, kebersihan pasar sangat penting dilakukan guna memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada masyarakat ketika berbelanja,”ajaknya.

Di samping itu yang lebih penting lagi,  tegas Wakil Wali kota, para pedagang tradisional diingatkannya agar tidak mau dipengaruhi pihak ketiga sehingga nantinya akan merugikan para pedagang sendiri. “Percayalah dengan Pemko Medan yang akan terus menata dan membenahi seluruh pasar tradisional di Kota Medan agar menjadi lebih baik lagi ke depannya,” pungkasnya.(lamru)

Advertisement

Sumut

Bentrok Lagi, Satu Mahasiswa Nommensen Tewas

Published

on

Ilustrasi tawuran mahasiswa HKBP Nommensen. [Foto: ANTARA]

Geosiar.com, Medan – Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan kembali terlibat tawuran, Jumat (22/11/2019) sore. Kali ini, tawuran terjadi antara mahasiswa Fakultas Pertanian dan mahasiswa dari Fakultas Teknik. Akibatnya, satu orang dilaporkan meninggal dunia.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, peristiwa ini berawal dari permainan futsal yang dilakukan antara dua fakultas tersebut. Jalannya pertandingan diduga tidak baik sehingga menimbulkan cekcok berujung bentrok. Akibatnya, satu orang berinisial RS (21) warga Balige dinyatakan tewas dan satu lagi terluka.

“Peristiwa berawal dari permainan futsal. Satu tewas masih diidentifikasi. Satu lagi masih dirawat karena mengalami luka bacok di kepala,” ujar Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, Jumat (22/11/2019). 

Kendati demikian, Dadang belum merinci siapa saja mahasiswa yang terlibat. Dia hanya mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan. Untuk itu, ia mengimbau agar semua pihak dapat menahan diri dan meredakan situasi, baik dari civitas akademik maupun fakultas.

“Masih dilakukan penyelidikan. Kita berharap nanti rektor, mahasiswa dan aparat bersama menyelesaikan masalah ini. Mereka yang berbuat harus bertanggung jawab,” pungkasnya.

Atas kejadian ini, petugas dari Polrestabes Medan dan Polsek Medan Timur diturunkan ke lokasi kejadian untuk meredam bentrokan dan memperketat penjagaan guna mengantisipasi terjadinya tawuran susulan.

Continue Reading

Sumut

Akhyar Nasution Apresiasi Rencana Pelaksanaan Natal Pemko Medan 2019

Published

on

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat menerima audiensi Panitia Natal Pemko Medan di Balai Kota Medan, Kamis (21/11/2019). [Foto: dok. Pemko Medan]

Geosiar.com, Medan – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengapresiasi rencana pelaksanaan perayaan Natal Pemko Medan Tahun 2019 yang akan digelar di gedung TD Pardede Hall pada 10 Desember mendatang. Hal itu diungkapnya saat menerima audiensi Panitia Natal Pemko Medan di Balai Kota Medan, Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, Kota Medan merupakan kota metropolitan yang multikultural. Artinya, semua agama dapat merayakan dan mengekspresikan kepercayaannya masing-masing dengan aman dan nyaman.

“Siapapun berhak merayakan hari besar keagamaan dan kepercayaannya masing-masing. Medan adalah rumah kita. Artinya kita semua adalah keluarga besar yang terhimpun dalam satu rumah besar yakni Kota Medan. Harmonisasi dan kerukunan senantiasa dapat tercipta selama kita semua saling menghargai,” ujar Akhyar.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Lebih jauh, ia juga mengapresiasi rencana panitia yang akan membagikan 1.200 tumbler (botol air minum isi ulang) secara gratis kepada jemaat yang hadir. Menurutnya, hal ini selaras dengan fokus Pemko Medan yang tengah gencar menyosialisasikan pengurangan penggunaan plastik dalam aktifitas sehari-hari sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di Kota Medan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
“Kita semua tentu mengetahui bahwa masalah sampah masih jadi masalah klasik yang kita hadapi, terutama sampah plastik. Oleh karenanya, rencana pembagian tumbler tersebut tentu sangat baik apalagi diberikan pada saat Natal di mana banyak jemaat yang hadir nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia natal Pemko Medan, Dra. Hannalore Simanjuntak, M.IP manyampaikan bahwa perayaan natal kali ini diperkiran akan dihadiri sekitar 5000 orang. Karena itu, panitia berharap agar Plt Wali Kota Medan juga bisa hadir dalam perayaan keagamaan Kristen tersebut.

“Karena itu kami sangat mengharapkan dukungan dan kehadiran bapak Plt wali kota Medan untuk bersama kami merayakan natal ini,” pinta Hannalore dalam audiensinya.

Menurut keterangan panitia, perayaan natal ini nantinya akan diisi dengan kebaktian, paduan suara, serta hiburan dari artis ibukota Judika. Selain persiapan pelaksanaan natal Pemko Medan tahun 2019, dalam audiensi ini juga diserahkan draft kepengurusan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik Daerah (LP3KD) Kota Medan kepada Plt Wali Kota Medan.

Continue Reading

Sumut

14 Bangkai Babi Kembali Ditemukan dalam Parit di Tebingtinggi

Published

on

Bangkai babi yang ditemukan di Kelurahan Damar Sari, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi, Jumat (22/11/2019). [Foto: ahs/Geosiar.com]

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Sehari pasca inspeksi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi terhadap para peternak babi, sudah ditemukan lagi 14 ekor bangkai babi yang membusuk di dalam parit, Jumat (22/11/2019).

Parahnya lagi, babi yang ditemukan membusuk dalam parit itu, masih sangat dekat dengan lingkungan warga di Kelurahan Damar Sari, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi.

Mendapat informasi itu, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi bangkai babi dan langsung menguburnya. Diketahui, ada 14 ekor babi yang ditemukan membusuk oleh petugas.

“Iya, benar. Petugas sedang turun untuk melakukan tindak terhadap bangkai babi,” ujar Kadis Satpol PP Kota Tebing Tinggi melalui Sekretaris, JB Hutapean kepada Geosiar.com, Jumat (22/11/2019).

Kemarin, 22 November 2019, Kadis Pertanian dan Ketahanan Marimbun Marpaung, melakukan sidak ke peternakan babi di Kota Tebing Tinggi. Sidak itu juga dihadiri Kadis Komunikasi dan Informatika Dedi Parulian Siagian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wahid Sitorus, Kabag Humas Abdul Halim Purba, dan Dinas Lingkungan Hidup. (ahs)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com