Connect with us

Dunia

Jepang Nobatkan Kaisar Baru Naruhito

Published

on

Ritual penobatan Kaisar Jepang, Naruhito, Selasa (22/10/2019). (Foto: nippon.com)

Geosiar.com, Tokyo – Jepang sudah memulai serangkaian upacara ritual untuk penobatan Kaisar baru, Naruhito pada Selasa (22/10/2019). Sebenarnya, Naruhito dan istrinya, Permaisuri Masako naik takhta pada Mei lalu dalam seremoni tradisional yang singkat, namun seremoni dalam ritual kompleks dilakukan hari ini.

Seremoni penobatan Kaisar Jepang, Naruhito ini pun dihadiri para pejabat dari lebih dari 180 negara. Dalam seremoni tersebut, Naruhito secara resmi mengumumkan perubahan statusnya kepada dunia.

Namun, perayaan ini tidak berlangsung secara meriah sebab Jepang sedang dirudung bencana Topan Hagibis yang telah menewaskan lebih dari 80 orang dalam sepekan.

Dikutip dari AFP, Selasa (22/10), salah satu ritual agama yang dilakukan Naruhito sebelum dianggap sah memangku jabatan itu adalah ritual Shinto. Ritual ini mengharuskan Kaisar baru untuk terlebih dulu berdoa di tiga kuil Shinto yang berada di Istana Kekaisaran Jepang.

Naruhito pun sudah memulai prosesi upacara itu sejak pagi hari waktu setempat. Dia tampak mengenakan pakaian tradisional dan berdoa di Kuil Kashikodokoro serta dua petilasan lainnya.

Setelah ritual itu, Kaisar Naruhito dan istrinya, Permaisuri Masako, akan muncul di Pine Room di Istana Kekaisaran yang telah dipenuhi 2.000 tamu undangan, termasuk Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin. Dalam kegiatan puncak ini, Naruhito akan mengenakan jubah kekaisaran lengkap dengan mahkota.