Connect with us

Ekonomi

Ekspektasi Gibran dan Kaesang pada Perekonomian Jilid 2 Jokowi

Published

on

Gibran Rakabuming Raka di gedung MPR/DPR RI Jakarta pada Minggu (20/10/2019). (Foto: ANTARA/Bayu Prasetyo)

Geosiar.com, Jakarta – Sebagai pengusaha muda, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep pun menyampaikan ekspektasi terhadap perekonomian Indonesia di masa kepemimpinan ayahnya di periode kedua.

“Semoga lebih baik,” tutur Gibran usai pelantikan presiden dan wakil presiden, Minggu (20/10/2019) di Gedung DPR, Jakarta.

Gibran berharap, perbaikan bisa dilakukan dari segi regulasi, perizinan, terutama yang mencakup sektor Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM).

“Semua yang mendukung UMKM, semoga lebih baik,” jelas Gibran singkat.

Senada, Kaesang pun mengharapkan ada perbaikan di sektor UMKM. Bos SangPisang itu optimis jika periode kedua Jokowi perekonomian Indonesia, khususnya UMKM bakal lebih menguat.

“(Ingin) yang terbaik,” jawabnya.

Terkait hal ini, Jokowi dalam pidato pertamanya usai dilantik optimis menyatakan Indonesia memiliki potensi yang besar untuk keluar dari jebakan negara dengan penghasilan menengah.

“Potensi kita untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah sangat besar,” ujar Jokowi dalam pidato pertamanya usai dilantik sebagai Presiden 2019-2024 di di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Hal ini dikarenakan Indonesia berada di puncak bonus demografi, di mana penduduk usia produktif jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif. Oleh karena itu, Jokowi yakin bonus demografi akan menjadi kesempatan besar bagi Indonesia untuk keluar dari zona penghasilan menengah apabila mampu membagun SDM unggul.