Connect with us

Sumut

Dansatgas TMMD Ke-106, Cek Proses Pembangunan Rumah Anti Angin Puting Beliung

Published

on

Rumah anti angin puting beliung yang merupakan inovasi terbaru dalam kegiatan TMMD Ke-106, Kodim 0204/DS hampir rampung, Sabtu (19/10/2019)

Geosiar.com, Sergai  –Rumah anti angin puting beliung yang menjadi inovasi terbaru dalam kegiatan TMMD Ke-106, Kodim 0204/DS, kini menjadi perhatian utama dalam penyelesaiannya.

Untuk memastikan kualitas rumah anti puting beliung, Dandim 0204/DS yang juga Dansatgas TMMD Ke-106, Letkol Kav, Syamsul Arifin turut andil mengawasi dan langsung turun memastikan pengerjaan Rumah Tak Layak Huni (RTLH), yang berada di Dusun 5 Desa Pispis Kampung, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai.

Sebagaimana yang disampaikan Dansatgas TMMD, Letkol Kav, Syamsul Arifin, Sabtu sore (19/10/2019), menyebutkan bahwa pengerjaan rumah telah mencapai 60 persen. Yakni proses plaster dinding luar sudah selesai. Hanya saja tinggal pemasangan rangka atap dan kanopi rumah, dapur, kamar mandi serta plaster bagian dalam.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa rumah yang dihuni Horaimin Br Damanik (80) dalam kondisi tidak layak huni sehingga memenuhi kriteria untuk segera dibenahi. Bertepatan dengan kondisi daerah yang sering dilanda angin puting beliung, maka muncullah ide untuk membangun rumah anti angin puting beliung dengan bentuk rumah persegi delapan.

Harapannya, dengan selesainya pembangunan rumahini  nantinya segera dihuni oleh Horaimin Br Damanik atau yang akrab di sapa Nek Min dan keluarga.

Selain itu juga,  tambah Dandim, ia mengatakan rumah angin puting beliung ini menjadi rumah contoh bagi kawasan yang rawan dilanda angin putting beliung.

Diakhir penyampaian, personel Satgas TMMD Ke-106, bersama warga berusaha menyelesaikan pembangunan rumah Nek Min, bahkan diantaranya mereka juga berprofesi sebagai tukang bangunan. Sekaligus mereka membantu  pembuatan rumah anti angin puting beliung bersama satgas TMMD Kodim 0204/DS. (WH)