Connect with us

Nasional

Jokowi-Ma’ruf Resmi Jabat Presiden dan Wapres 2019-2024

Published

on

Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

Geosiar.com, Jakarta – Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia periode 2019-2024. Pelantikan itu berlangsung di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Baik Jokowi maupun Ma’ruf bergantian mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara yang dilakukan presiden dan wapres terpilih serta sepuluh pimpinan MPR.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” tutur Jokowi mengucapkan sumpahnya.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” tutur Ma’ruf Amin mengucapkan sumpanya.

Pelantikan ini dihadiri lebih 600 anggota DPR/MPR RI, sejumlah tokoh nasional seperti Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden Boediono, Mantan Wakil Presiden Hamzah Haz.

Selain itu, mantan pasangan calon presiden dan wapres nomor urut 02 di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, pun turut menghadiri pelantikan itu. Kemudian, sekitar 17 perwakilan negara sahabat juga hadir menyaksikan pengambilan sumpah Jokowi-Ma’ruf sebagai presiden-wakil presiden.

Advertisement