Connect with us

Dunia

PM Australia bakal Hadir di Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin

Published

on

Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Australia Scott Morrison di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8/2018)

Geosiar.com – Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan bahwa dirinya akan hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-Ma’ruf Amin pada Minggu (20/10/2019). Morrison dijadwalkan tiba di Indonesia pada hari ini, Sabtu (19/10/2019).

“Saya berharap untuk memberi selamat kepada Presiden Widodo atas kemenangannya dalam pemilihan ini dan membangun persahabatan yang kuat dan kemitraan yang mendalam antara kedua negara kita,” ungkap Morrison dalam keterangan tertulisnya dikutip dari kumparan.

Morrison menilai, kedua negara mempunyai hubungan yang erat dalam berbagai hal. Indonesia, jelas Morrison, menjadi negara pertama yang dikunjungi oleh Morrison setelah dirinya dilantik sebagai Perdana Menteri.

Morrison berharap kerja sama antara kedua negara bisa lebih maju di masa pemerintahan Jokowi yang kedua. Termasuk membangun Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Australia yang disepakati saat Morrison berkunjung ke Indonesia pada tahun lalu.

“Saya berharap dapat memajukan kerja sama kami dalam perdagangan dan investasi, masalah maritim, keamanan, kontra-terorisme, kejahatan transnasional, infrastruktur dan pendidikan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia Australia (IA-CEPA) pada bulan Maret tahun ini diharapkan dapat membantu membuka potensi besar hubungan ekonomi yang menguntungkan kedua negara.

Sekadar informasi, pelantikan Jokowi-Ma’ruf bakal digelar pada Minggu (20/10/2019) di Gedung DPR/MPR pukul 14.30 WIB. Lebih dari 30 ribu pasukan gabungan TNI-Polri disiagakan untuk acara itu.

Advertisement