Connect with us

Sumut

Kasad: TMMD Telah Membangun 24,3 Juta Meter Jalan

Published

on

Ketua Tim Pemeriksaan dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-106 Kasad Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM melakukan kunjungan ke lokasi TMMD ke-106 TA 2019 Kodim 0204/DS di Desa Pispis, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (18/10/2019). (Foto: WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Sepanjang pelaksanaannya, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) telah membangun 24.391.581 meter jalan, 3.572.166 parit atau irigasi, dan 7.399 jembatan. Sedangkan pada sektor penunjang kesejahteraan keluarga seperti perbaikan rumah tak layak huni (RTLH), sebanyak 34.888 unit dan pembuatan pipa air bersih sepanjang 1.209.002 meter.

Sementara pada sektor fasilitas umum atau fasilitas sosial seperti pembangunan rumah ibadah, sebanyak 8.206 unit, gedung sekolah sebanyak 7.788 unit, dan pemasangan jaringan listrik sebanyak 16.489 lokasi.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa melalui Ketua Tim Pemeriksaan dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-106 Kasad Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM dalam kunjungaannya ke lokasi TMMD Kodim 0204/DS di Desa Pispis, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Jumat (18/10/2019).

Menurut Kasad, selain pembangunan fisik, juga telah dilakukan kegiatan non fisik seperti penyuluhan dalam rangka penguatan karakter generasi muda dan kegiatan penyuluhan lainnya untuk memberikan penguatan rasa kebangsaan.

“Untuk itu demi suksesnya pelaksanaan TMMD marilah kita bersama-sama bergotong royong agar hasil dari pelaksanaan TMMD ke-106 ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Kasad.

Kasad menjelaskan, TMMD pada dasarnya merupakan Karya Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian/LPNK, Pemda dan masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam memacu pembangunan di daerah. (WH)

Sumut

Akhyar Nasution Apresiasi Rencana Pelaksanaan Natal Pemko Medan 2019

Published

on

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat menerima audiensi Panitia Natal Pemko Medan di Balai Kota Medan, Kamis (21/11/2019). [Foto: dok. Pemko Medan]

Geosiar.com, Medan – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengapresiasi rencana pelaksanaan perayaan Natal Pemko Medan Tahun 2019 yang akan digelar di gedung TD Pardede Hall pada 10 Desember mendatang. Hal itu diungkapnya saat menerima audiensi Panitia Natal Pemko Medan di Balai Kota Medan, Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, Kota Medan merupakan kota metropolitan yang multikultural. Artinya, semua agama dapat merayakan dan mengekspresikan kepercayaannya masing-masing dengan aman dan nyaman.

“Siapapun berhak merayakan hari besar keagamaan dan kepercayaannya masing-masing. Medan adalah rumah kita. Artinya kita semua adalah keluarga besar yang terhimpun dalam satu rumah besar yakni Kota Medan. Harmonisasi dan kerukunan senantiasa dapat tercipta selama kita semua saling menghargai,” ujar Akhyar.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Lebih jauh, ia juga mengapresiasi rencana panitia yang akan membagikan 1.200 tumbler (botol air minum isi ulang) secara gratis kepada jemaat yang hadir. Menurutnya, hal ini selaras dengan fokus Pemko Medan yang tengah gencar menyosialisasikan pengurangan penggunaan plastik dalam aktifitas sehari-hari sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di Kota Medan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
“Kita semua tentu mengetahui bahwa masalah sampah masih jadi masalah klasik yang kita hadapi, terutama sampah plastik. Oleh karenanya, rencana pembagian tumbler tersebut tentu sangat baik apalagi diberikan pada saat Natal di mana banyak jemaat yang hadir nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia natal Pemko Medan, Dra. Hannalore Simanjuntak, M.IP manyampaikan bahwa perayaan natal kali ini diperkiran akan dihadiri sekitar 5000 orang. Karena itu, panitia berharap agar Plt Wali Kota Medan juga bisa hadir dalam perayaan keagamaan Kristen tersebut.

“Karena itu kami sangat mengharapkan dukungan dan kehadiran bapak Plt wali kota Medan untuk bersama kami merayakan natal ini,” pinta Hannalore dalam audiensinya.

Menurut keterangan panitia, perayaan natal ini nantinya akan diisi dengan kebaktian, paduan suara, serta hiburan dari artis ibukota Judika. Selain persiapan pelaksanaan natal Pemko Medan tahun 2019, dalam audiensi ini juga diserahkan draft kepengurusan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik Daerah (LP3KD) Kota Medan kepada Plt Wali Kota Medan.

Continue Reading

Sumut

14 Bangkai Babi Kembali Ditemukan dalam Parit di Tebingtinggi

Published

on

Bangkai babi yang ditemukan di Kelurahan Damar Sari, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi, Jumat (22/11/2019). [Foto: ahs/Geosiar.com]

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Sehari pasca inspeksi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi terhadap para peternak babi, sudah ditemukan lagi 14 ekor bangkai babi yang membusuk di dalam parit, Jumat (22/11/2019).

Parahnya lagi, babi yang ditemukan membusuk dalam parit itu, masih sangat dekat dengan lingkungan warga di Kelurahan Damar Sari, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi.

Mendapat informasi itu, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi bangkai babi dan langsung menguburnya. Diketahui, ada 14 ekor babi yang ditemukan membusuk oleh petugas.

“Iya, benar. Petugas sedang turun untuk melakukan tindak terhadap bangkai babi,” ujar Kadis Satpol PP Kota Tebing Tinggi melalui Sekretaris, JB Hutapean kepada Geosiar.com, Jumat (22/11/2019).

Kemarin, 22 November 2019, Kadis Pertanian dan Ketahanan Marimbun Marpaung, melakukan sidak ke peternakan babi di Kota Tebing Tinggi. Sidak itu juga dihadiri Kadis Komunikasi dan Informatika Dedi Parulian Siagian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wahid Sitorus, Kabag Humas Abdul Halim Purba, dan Dinas Lingkungan Hidup. (ahs)

Continue Reading

Sumut

Disambar Petir, Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Nisel

Published

on

Ilustrasi kapal nelayan tenggelam.

Geosiar.com, Nias – Kapal Motor Restu Bundo GT 5 asal Kota Sibolga, dilaporkan tenggelam usai disambar petir di perairan Labuhan Hiu, Kecamatan Pulau Batu Timur, Kabupaten Nias Selatan (Nisel).

Diketahui, kapal pencari ikan itu berawakan 7 orang tapi hanya tiga orang yang dilaporkan selamat, yakni Anto (40), Hutahuruk (36) dan Eno (35). Namun, Eno dilaporkan meninggal dunia akibat luka bakar serius yang dialaminya.

“Sedangkan 4 orang lainnya yakni Barat (50), Meti (40), Dar (40), dan Parman (40) masih dalam pencarian,” ujar Humas Kantor SAR Medan, Hisar Turnip, saat dikonfirmasi, Jumat (22/11/2019).

KM Restu Bundo diketahui melaut dari Kota Sibolga pada Minggu, 17 November 2019, untuk mencari ikan di Pulau Pini. Namun, pada Rabu (20/11/2019) malam, kapal tersebut disambar petir lalu tenggelam.

“Kejadiannya malam hari di tengah laut. Korban yang selamat berenang ketepian dengan menggunakan jerigen dan melaporkan kejadian ini ke Pos AL Pulau Pini,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Tim SAR dibantu oleh petugas Angkatan Laut masih melakukan proses pencarian terhadap 4 ABK lainnya.

“Korban selamat sekarang berada Labuhan Bajoy dan di daerah itu tidak ada sinyal. Pos AL sudah berupaya mencari keempat korban sampai saat ini belum ditemukan,” tandas dia.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com