Connect with us

Sumut

Satgas TMMD Rangkul Remaja Belajar Mengaji

Published

on

Satgas TMMD saat mengajari remaja di Desa Pispis Kampung, Serdang Bedagai mengaji, Kamis (17/10/2019) malam. (Foto: WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0204/Deliserdang, di sela kegiatan pembangunan fisik dan non fisik di Desa Silau Padang dan Desa Pispis Kampung, Kecamatan Serdang Sipispis, Kabupaten Serdang bedagai, menyempatkan diri untuk memberikan dukungan dan bimbingan mengaji kepada remaja di desa tersebut.

Pembelajaran tentang agama itu pun sudah dilakukan pada Kamis (17/10/2019) malam. Dalam kegiatan itu, Babinsa Koramil 15/SPP Yoan Ali Afandi bersama personel gabungan Satgas TMMD Kodim 0204/DS mengajari remaja desa membaca Alquran dan mengaji.

“Kegiatan ini, menjadi salah satu sasaran untuk meningkatkan mental (spiritual) kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan. Kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif  bagi anak-anak di Desa Pispis  ini,” ujar  Serda Yoan Ali afandi.

Ia mengatakan, selain peningkatan infrastruktur dan wawasan kebangsaan sebagai sarana sasaran fisik dan non fisik, Satgas TMMD Kodim 0204/ DS juga sangat peduli dengan mental spiritual dan rohaniah pada anak-anak di Desa pispis ini.

Menurutnya, anak-anak merupakan calon pemimpin bangsa sekaligus sebagai penentu generasi emas Indonesia. Sehingga harus dibekali dengan landasan pendidikan akhlak serta pendidikan spiritual yang kuat dalam menjawab berbagai tantangan bangsa ke depan. (WH)

Sumut

Akyar Nasution Dorong Warga Manfaatkan Pekarangan Ternak Ikan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengapresiasi kepada warga Nimrot Situmeang atas pemanfaatan lahan halaman yang dimilikinya untuk membudidayakan ikan air tawar. Apresiasi yang tinggi tersebut disampaikan Akhyar saat meninjau tempat pembibitan dan pembudidayaan ikan air tawar Dosroha di Jalan Setia Budi, Gang Perbatasan, Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Sabtu (7/12/2019) sore.

Beragam ikan air tawar di antaranya gurami, lele, nila, dan gabus, dibudidayakan di belasan kolam. Plt Wali Kota yang didampingi Kadis Lingkungan Syarif Armansyah dan Kadis Ketahanan Pangan Emilia Lubis meninjau setiap kolam sambil berbincang dengan Nimrot mengenai pembibitan maupun pembudidayaan ikan air tawar tersebut.

Dikatakan Akhyar, bahwa usaha itu menunjukkan warga perkotaan juga bisa beternak ikan. Selain bisa menjadi hiburan, juga dapat menjadi ladang bisnis. ” Kita tahu wilayah perkotaan tentu tidak memiliki lahan yang luas, namun dengan pemanfaatan halaman rumah tentu akan lebih efektif dalam meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Akhyar.

Akhyar  juga mengatakan, Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) juga melakukan pembibitan ikan air tawar. Tentunya usaha pembibitan yang warga ini secara tidak langsung menunjukkan dukungan terhadap program pembibitan ikan air tawar yang dilakukan Distanla.

“Ini dapat menjadi contoh pembudidayaan ikan air tawar ditengah kota. Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) tentu akan dengan senang hati membantu warga yang ingin memulai melakukan budidaya ikan air tawar melalui pelatihan-pelatihan dan juga melalui intensifikasi perikanan untuk mengoptimalkan hasil perikanan lahan sempit ditengah kota,” ujarnya. (lamru)

Continue Reading

Sumut

Uskup Agung Medan Hadiri Pesta Pelindung Stasi Fransiskus Xaverius Sunggal

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pesta Pelindung Stasi Fransiskus Xaverius Sunggal, Paroki Hayam Wuruk berlangsung dengan meriah. Acara dimulai dengan misa Kudus yang dipimpin oleh Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap dan didampingi Pastor Paroki, P. Jhon Rufinus Saragih, OFM Cap, Sunggal, Minggu (8/12/2019).

Uskup Agung Medan, dalam kotbahnya menyampaikan bahwa Fransiskus Xaverius merupakan Santo yang besar yang patut dijadikan sebagai tauladan dalam beriman. Dimana, Santo Fransiskus Xaverius adalah seorang yang kaya dan memiliki jabatan yang tinggi namun, kemudian bertobat dan melayani Tuhan dengan segenap hati.

“Fransiskus Xaverius mengatakan, untuk apa seluruh harta dunia, tapi saya kehilangan nyawa, itulah permenungan dia untuk bertobat dan melayani Tuhan” ujar Uskup.

Dalam sambutannya, Pastor Paroki, P. Jhon Rufinus mengucapkan selamat kepada Umat Stasi Sunggal dalam merayakan Pesta Pelindung.

“Hari ini, juga momen yang istimewa dimana setahun lalu, tepat tanggal ini, Uskup Agung Medan yang hadiri ditengah tengah kita terpilih jadi Uskup” ujar P Jhon.

Acara pesta dihadiri oleh seluruh umat Stasi Sunggal dan undangan serta tokoh tokoh Katolik. Tampak diantaranya Drs Hendrik H Sitompul, MM, Binsar Simbolon, dan Pengurus DPP Hayam Wuruk.

Hendrik H Sitompul ketika ditemui Geosiar.com di lokasi mengatakan bahwa Fransiskus Xaverius patut dicontoh dalam beriman dan melayani Tuhan.

“Bagi saya Santo ini memberi pesan, bahwa berkat yang ada pada kita harus juga bermanfaat bagi orang lain, hidup adalah kesempatan sehingga harus menjadi saluran berkat” ujar Hendrik.

Pada kesempatan tersebut Hendrik H Sitompul bernyanyi bersama Uskup Agung dan Pastor Paroki serta memberikan sumbangan untuk pengadaan panti imam di Gereja. (rel)

Continue Reading

Sumut

Akhyar Nasution Ajak Memaknai Natal, ‘Sebar Kasih Tanpa Melihat Latar Belakang SARA’

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh jamaat untuk memaknai peristiwa Natal sebagai momentum sakral, untuk mengenang kembali kelahiran Isa Almasih ke dunia. Namun juga dapat memaknai dari hati yang terdalam untuk menyebarkan kasih tuhan kepada seluruh manusia, tanpa melihat latar belakang agama, budaya dan adat-istiadat.

Demikian disampaikan Plt Wali Kota saat menghadiri Perayaan Natal RSUD Dr Pirngadi Kota Medan Tahun 2019 di Gedung Alpha Omega Jalan Dipenogoro Medan, Sabtu (7/12) malam. Melalui perayaan natal ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk semakin memperat tali persaudaraan dan menjadi lebih baik di tahun yang akan datang.

Perayaan Natal yang mengusung tema Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang berlangsung dengan khidmat diawali dengan ibadah bersama. Lantunan lagu-lagu pujian mengiringi perayaan natal tersebut.

“Karenanya, saya mengajak kita semua yang ada disini untuk terus memberikan kasih kepada sesama, menebar benih kebaikan dan menghilangkan rasa permusuhan, apalagi sesungguhnya kita semua adalah satu kesatuan yang diikat dengan tali persaudaraan sebangsa dan setanah air,” kata Akhyar.

Disamping itu Akhyar mengungkapkan bahwa perayaan natal keluarga besar RSUD Dr Pirnagadi Kota Medan menjadi mementum untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Artinya lakukan yang terbaik untuk Kota Medan semoga pelayanan di Rumah Sakit milik Pemko Medan ini makin baik dan maju.

“Melalui momentum perayaan natal ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Pirngadi Medan, mari kita berbuat yang terbaik untuk masyarakat dan Kota Medan ini,” ungkap Akhyar.

Dalam hal ini, Akhyar berharap RSUD Dr Pirnagadi Kota Medan sebagai rumah sakit yang berada di bawah naungan Pemko Medan selalu mendukung Pemko Medan dengan berusaha sekuat tenaga mencari terobosan dan cara baru, guna mempercepat kesejahteraan rakyat serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Mari seluruh keluarga besar RSUD Dr Pirnagadi Kota Medan untuk terus bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas demi memacu pembangunan kesehatan secara merata di ibu kota Provinsi Sumut ini. Terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada seluruh masyarakat, terutama dari keluarga kurang mampu. Ini merupakan harapan kita di tahun baru yang akan datang,” ajak Akyar.

Selain itu, tambah Akhyar sebagai modal sosial yang sangat penting, Ia mengajak seluruh umat kristiani untuk terus memperkokoh kerukunan kehidupan dengan penuh toleransi, saling menghargai, serta saling menghormati dan mengasihi antar sesama manusia.

“Mari kita pelihara kebhinekaan di tengah-tengah kemajemukan bansga ini mengingat saat ini banyak sekali problematika yang dihadapi oleh bangsa kita sendiri, terutama isu sara serta sikap radikalisme oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Sebelumnya Dirut RSUD Dr Pirngadi, Dr Suryadi Panjaitan, menjelaskan bahwa perayaan Natal ini merupakan agenda rutin yang digelar Keluarga Besar RSUD Dr Pirngadi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi diantara pegawai khususnya yang beragama Nasrani.

Usai melakukan ibadah, acara dilanjutkan dengan pemberian tali kasih oleh Plt Wali Kota bersama Dirut RSUD Dr Pirngadi Medan. Kemudian, juga diisi dengan acara hiburan dan pembagian doorprize. (lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com