Connect with us

Nasional

Jokowi Umumkan Kabinet Segera Setelah Pelantikan

Published

on

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Dok Biro Pers Setpres)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menyelesaikan susunan Kabinet Kerja Jilid II. Dia mengatakan akan mengumumkan nama-nama menteri yang bakal membantunya hingga 2024 setelah acara pelantikan.

“Susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya,” tulis Jokowi di akun instagramnya, Kamis (17/10/2019).

Mantan Wali Kota Solo itu menjelaskan, para menteri berasal dari berbagai bidang profesi. “Akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka,” lanjut dia.

Untuk itu, ia pun meminta publik untuk lebih sabar menunggu pengumuman kabinet tersebut.

“Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini,” kata dia.

Terkait nama-nama prediksi menteri yang bersebaran di media, Jokowi mengaku antusias membacanya. Bahkan, ia membandingkan nama-nama itu dengan kabinet susunannya sendiri.

“Saya telah menerima beberapa versi ‘bocoran’ nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran,” tambahnya.

Kemarin di Istana Merdeka, Jokowi mengatakan susunan kabinet kali ini banyak diisi wajah baru. Tetapi, dia juga tetap mempertahankan sejumlah menteri kabinet kerja periode 2014-2019 yang dinilai kompeten.

“Ya adalah (yang dipertahankan), yang lama ada. Yang baru banyak,” ujar Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (16/10/2019).