Connect with us

Sumut

Walkot Medan Kena OTT KPK

Published

on

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin.

Geosiar.com, Medan – Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). OTT ini berlangsung pada Selasa hingga Rabu (16/10/2019) dini hari.

Menurut penuturan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Kepala Daerah Medan itu diberangkatkan pagi ini ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

“Kepala daerah dibawa pagi ini ke Jakarta,” ujar Febri Diansyah, Rabu (16/10/2019).

Selain Eldin, penyidik KPK juga mengamankan tujuh orang lainnya. Mereka terdiri dari unsur kepala daerah, kepala dinas hingga pihak swasta.

“Kepala Daerah Wali Kota, Kepala Dinas PU, protokoler dan ajudan Wali Kota, swasta,” ungkapnya.

Adapun kasus yang menjerat Wali Kota Medan dan tujuh pejabat lainnya diduga berkaitan dengan praktik setoran dari sejumlah Dinas. Dari hasil OTT, penyidik berhasil mengamankan uang ratusan juta.

“Uang yang diamankan lebih dari 200 juta. Diduga praktik setoran dari dinas-dinas sudah berlangsung beberapa kali. Tim sedang mendalami lebih lanjut,” jelasnya.

Febri mengatakan, saat ini Eldin dan ketujuh pejabat lainnya masih berstatus sebagai terperiksa. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukumnya.