Ustaz Ingatkan Kewajiban Salat Saat Penyuluhan Agama di Desa Sipispis

by

Geosiar.com, Sergai – Dalam program non fisik kali ini, Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/Deliserdang menggelar penyuluhan agama bagi warga Dusun I, Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, pada Selasa (15/10/2019) malam.

Kegiatan ini dipusatkan di Masjid Al-Ikhlas Dusun I dengan menghadirkan penceramah dari Kantor Urusan Agama (KUA) Sipispis, Ustaz Azis Muslim. Turut hadir pula Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al-Ikhlas Sunyoto, Imam Masjid Al-Ikhlas, Kamdi, Stafter Kodim 0204/DS, Serma Suhartono, dan para jamaah Masjid Al-Ikhlas.

Dalam ceramahnya, Ustaz Azis Muslim menjelaskan berbagai macam syariat agama yang menjadi pondasi bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Di antara materi yang diuraikannya, kebanyakan menyoal pada tata cara mandi wajib (junub), karena telah melakukan hadas.

“Tujuan mandi junub ini adalah untuk membersihkan diri dari hadas kecil maupun hadas besar,” ucap Ustaz Muslim.

Selain itu, Ustaz Muslim juga membahas tentang cara melafadzkan niat salat dan penjelasan mengenai macam-macam takbir.

“Dalam melafadzkan takbir ‘Allahu Akbar’, meskipun berbeda-beda, namun tidak ada yang menyalahkannya. Dengan kata lain, semua boleh,” jelasnya.

Begitu juga mengenai kewajiban melaksanakan salat lima waktu bagi setiap umat muslim dan muslimah. Dijelaskan Ustaz Muslim, Nabi Muhammad SAW telah memberikan tuntunan dalam pelaksanaan salat. Karenanya, umat Islam wajib melaksanakan salat sebagaimana salatnya Nabi Muhammad SAW.

“Shalatlah kalian sebagaimana aku shalat,” kata Ustaz Muslim menyampaikan sabda Rasulullah.  

Masih seputar salat yang merupakan tiang agama, Ustaz Muslim juga mengingatkan para jemaah untuk tidak mempertentangkan masalah perbedaan dalam salat.

“Perbedaan dalam salat jangan menjadi masalah bagi umat Muhammad. Karena itu akan menjadi perpecahan sesama umat Islam itu sendiri. Yang harus dipermasalahkan adalah apabila tidak melaksanakan salat,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan ini, Ustaz Muslim yang memimpin doa mengajak para jemaah untuk memohon kepada Allah SWT agar pelaksanaan TMMD ke-106 Kodim 0204/DS berjalan lancar tanpa hambatan, dan selesai sesuai target rencana yang ditetapkan. (WH)