Connect with us

Sumut

Jokowi Minta Rumah di Kawasan Danau Toba Kembali Seperti Aslinya

Published

on

Peresmian Kawasan Toba Caldera Resort, di Sibisa, Sumatera Utara, Senin (14/10/2019).

Geosiar.com, Tobasa – Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi meminta pembangunan insfratuktur di kawasan Danau Toba agar dapat dirampungkan sesuai target yang ditentukan. Ia juga meminta supaya rumah yang berdiri di kawasan Danau Toba dapat dikembalikan seperti aslinya, yaitu Rumah Adat Batak.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan dalam acara peresmian kawasan Toba Caldera Resort, di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Ajibata, Toba Samosir, Senin (14/10/2019).

Dalam kegiatan itu, turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi serta seluruh Bupati se-Kawasan Danau Toba.

“Presiden minta rumah yang ada di Danau Toba dikembalikan seperti aslinya yakni Rumah Batak, supaya nanti turis bisa datang, atau nanti ada yang mau jadi homestay, anda yang terima untungnya tidak ada urusan pemerintah. Tapi anda harus memenuhi standar yang telah diberikan, itu akan dimulai tahun depan,” kata Luhut.

Mengenai isu yang menjadi keributan di wilayah Sigapiton, Luhut berharap agar masyarakat di kawasan Danau Toba tidak mudah terprovokasi dengan isu yang tidak jelas sumbernya. Ia mengatakan, Presiden sudah berpesan kepadanya agar menyelesaikan hal itu.

“Saya kemarin diwanti-wanti beliau perihal ini, macamlah yang beliau sampaikan. Jadi untuk masalah masyarakat Sigapiton anda jangan mau diprovokasi orang-orang yang tidak jelas,” ujarnya.

Soal groundbreaking pembangunan kawasan Kaldera Danau Toba, disampaikan Luhut, Jokowi berpesan supaya tidak ada masyarakat yang dirugikan akibat penggusuran yang terjadi akibat pembangunan insfratuktur. Luhut sudah meyakinkan hal itu tidak terjadi pada masa pemerintahan Jokowi.

“Coba anda lihat angka untuk Danau Toba ini Rp4,04 triliun tepatnya. Itu angka sepanjang orang Batak hidup di sini belum ada datang. Jadi akan ada pergerakan ekonomi luar biasa di sini. Tinggal orang Batak itu sendiri mau tidak menyikapi dengan baik,” katanya.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih untuk dukungan pemerintah pusat yang memprioritaskan pembangunan Danau Toba. “Diharapkan surga kecil yang ada di Danau Toba akan tambah indah lagi yang diatur oleh tangan cerdas anak bangsa.”

“Saya bersama-sama rakyat Sumut dan masyarakat di kawasan Danau Toba, sangat mendukung dan kami pastikan bahwa tempat ini dengan bantuan presiden, menjadi destinasi prioritas seperti yang sudah dicita-citakan. Belum diapa-apakan saja sudah indah, apalagi diatur oleh orang yang cerdas. Saya yakin ini pasti bisa atas ridho Tuhan,” ucap Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi juga mmenyampaikan, dalam rapat itu perkembangan wisatawan yang datang mengunjungi Danau Toba saat ini memiliki kemajuan yang sangat signifikan.

Sampai bulan ini, jumlah wisman yang datang mencapai 1.440 orang, di antaranya wisman terbanyak dari negri jiran Malaysia.

Sumut

Bentrok Lagi, Satu Mahasiswa Nommensen Tewas

Published

on

Ilustrasi tawuran mahasiswa HKBP Nommensen. [Foto: ANTARA]

Geosiar.com, Medan – Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan kembali terlibat tawuran, Jumat (22/11/2019) sore. Kali ini, tawuran terjadi antara mahasiswa Fakultas Pertanian dan mahasiswa dari Fakultas Teknik. Akibatnya, satu orang dilaporkan meninggal dunia.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, peristiwa ini berawal dari permainan futsal yang dilakukan antara dua fakultas tersebut. Jalannya pertandingan diduga tidak baik sehingga menimbulkan cekcok berujung bentrok. Akibatnya, satu orang berinisial RS (21) warga Balige dinyatakan tewas dan satu lagi terluka.

“Peristiwa berawal dari permainan futsal. Satu tewas masih diidentifikasi. Satu lagi masih dirawat karena mengalami luka bacok di kepala,” ujar Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, Jumat (22/11/2019). 

Kendati demikian, Dadang belum merinci siapa saja mahasiswa yang terlibat. Dia hanya mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan. Untuk itu, ia mengimbau agar semua pihak dapat menahan diri dan meredakan situasi, baik dari civitas akademik maupun fakultas.

“Masih dilakukan penyelidikan. Kita berharap nanti rektor, mahasiswa dan aparat bersama menyelesaikan masalah ini. Mereka yang berbuat harus bertanggung jawab,” pungkasnya.

Atas kejadian ini, petugas dari Polrestabes Medan dan Polsek Medan Timur diturunkan ke lokasi kejadian untuk meredam bentrokan dan memperketat penjagaan guna mengantisipasi terjadinya tawuran susulan.

Continue Reading

Sumut

Akhyar Nasution Apresiasi Rencana Pelaksanaan Natal Pemko Medan 2019

Published

on

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat menerima audiensi Panitia Natal Pemko Medan di Balai Kota Medan, Kamis (21/11/2019). [Foto: dok. Pemko Medan]

Geosiar.com, Medan – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengapresiasi rencana pelaksanaan perayaan Natal Pemko Medan Tahun 2019 yang akan digelar di gedung TD Pardede Hall pada 10 Desember mendatang. Hal itu diungkapnya saat menerima audiensi Panitia Natal Pemko Medan di Balai Kota Medan, Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, Kota Medan merupakan kota metropolitan yang multikultural. Artinya, semua agama dapat merayakan dan mengekspresikan kepercayaannya masing-masing dengan aman dan nyaman.

“Siapapun berhak merayakan hari besar keagamaan dan kepercayaannya masing-masing. Medan adalah rumah kita. Artinya kita semua adalah keluarga besar yang terhimpun dalam satu rumah besar yakni Kota Medan. Harmonisasi dan kerukunan senantiasa dapat tercipta selama kita semua saling menghargai,” ujar Akhyar.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Lebih jauh, ia juga mengapresiasi rencana panitia yang akan membagikan 1.200 tumbler (botol air minum isi ulang) secara gratis kepada jemaat yang hadir. Menurutnya, hal ini selaras dengan fokus Pemko Medan yang tengah gencar menyosialisasikan pengurangan penggunaan plastik dalam aktifitas sehari-hari sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di Kota Medan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
“Kita semua tentu mengetahui bahwa masalah sampah masih jadi masalah klasik yang kita hadapi, terutama sampah plastik. Oleh karenanya, rencana pembagian tumbler tersebut tentu sangat baik apalagi diberikan pada saat Natal di mana banyak jemaat yang hadir nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia natal Pemko Medan, Dra. Hannalore Simanjuntak, M.IP manyampaikan bahwa perayaan natal kali ini diperkiran akan dihadiri sekitar 5000 orang. Karena itu, panitia berharap agar Plt Wali Kota Medan juga bisa hadir dalam perayaan keagamaan Kristen tersebut.

“Karena itu kami sangat mengharapkan dukungan dan kehadiran bapak Plt wali kota Medan untuk bersama kami merayakan natal ini,” pinta Hannalore dalam audiensinya.

Menurut keterangan panitia, perayaan natal ini nantinya akan diisi dengan kebaktian, paduan suara, serta hiburan dari artis ibukota Judika. Selain persiapan pelaksanaan natal Pemko Medan tahun 2019, dalam audiensi ini juga diserahkan draft kepengurusan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik Daerah (LP3KD) Kota Medan kepada Plt Wali Kota Medan.

Continue Reading

Sumut

14 Bangkai Babi Kembali Ditemukan dalam Parit di Tebingtinggi

Published

on

Bangkai babi yang ditemukan di Kelurahan Damar Sari, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi, Jumat (22/11/2019). [Foto: ahs/Geosiar.com]

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Sehari pasca inspeksi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi terhadap para peternak babi, sudah ditemukan lagi 14 ekor bangkai babi yang membusuk di dalam parit, Jumat (22/11/2019).

Parahnya lagi, babi yang ditemukan membusuk dalam parit itu, masih sangat dekat dengan lingkungan warga di Kelurahan Damar Sari, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi.

Mendapat informasi itu, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi bangkai babi dan langsung menguburnya. Diketahui, ada 14 ekor babi yang ditemukan membusuk oleh petugas.

“Iya, benar. Petugas sedang turun untuk melakukan tindak terhadap bangkai babi,” ujar Kadis Satpol PP Kota Tebing Tinggi melalui Sekretaris, JB Hutapean kepada Geosiar.com, Jumat (22/11/2019).

Kemarin, 22 November 2019, Kadis Pertanian dan Ketahanan Marimbun Marpaung, melakukan sidak ke peternakan babi di Kota Tebing Tinggi. Sidak itu juga dihadiri Kadis Komunikasi dan Informatika Dedi Parulian Siagian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wahid Sitorus, Kabag Humas Abdul Halim Purba, dan Dinas Lingkungan Hidup. (ahs)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com