Connect with us

Lifestyle

Penikmat Kopi Wajib Tahu 4 Teknik Seduh Kopi Kekinian

Published

on

Ilustrasi teknik penyeduhan kopi.

Geosiar.com, Lifestyle – Bagi kamu penikmat kopi, sekarang ini tidak perlu pusing untuk memikirkan cara menyeduh kopi dengan hasil akhir nikmat tapi tidak ribet dalam pengerjaannya.

Sebab, saat ini mulai banyak bermunculan berbagai teknik manual brew dengan keunikannya masing-masing. Mulai dari Aeropress, V60, Vietnam Drip, dan masih banyak lagi. Bahkan, kalian bisa langsung mempraktikkannya sendiri di rumah lho. Simak yuk!

V60

Cara menyeduh kopi yang populer digandrungi para barista adalah dengan metode Pour Over menggunakan peralatan V60. Teknik ini memungkinkan kamu menikmati rasa kopi yang lebih lembut. Cara kerja V60 yaitu dengan menggunakan alat berupa corong gelas berbentuk V dengan kemiringan 60 derajat dengan guratan-guratan di dalam corongnya.

Teknik ini biasanya akan disajikan bersama cangkir atau gelas/keramik V60, filter yang dialaskan pada V60, dan kattle yang berleher panjang. Waktu penyeduhan berkisar antara 1 menit 30 detik – 2 menit 15 detik.

Aeropress

Menyeduh kopi dengan menggunakan alat Aeropress terkesan sederhana, bahkan terlihat sangat mudah untuk menguasai metodenya. Kamu cukup menekan kopi yang sudah diberi air panas sehingga tersaring dan tersaji di dalam cangkir.

Secara garis besar, cara penyeduhan kopi menggunakan teknik Aeropress adalah dengan menggunakan tekanan udara. Kamu hanya perlu menekan kopi yang sudah diberi air panas sehingga tersaring dan tersaji di dalam cangkir. Jika kamu hobi traveling, aeropress bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dibawa sebaba tidak mudah pecah dan lebih mudah disimpan di dalam tas maupun koper.

Cold Brew

Untuk iklim Indonesia yang umumnya cenderung panas dan lembab, kopi-kopi seduh dingin (atau kerap disebut cold brew) seringkali dianggap pilihan yang cocok. Racikan kopi dengan teknik ini juga mempunyai sensasi yang berbeda.

Namun, teknik ini membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa mencapai lebih dari 12 jam. Caranya dengan menggunakan alat khusus, lalu bubuk kopi akan ditetesi air es. Setelah itu, tetesan air kopi akan masuk ke gelas tampung.

Menurut para ahli kopi, metode seduh dingin seperti ini dianggap bisa menghindarkan kopi teroksidasi oleh suhu panas dari air. Sehingga pada akhirnya, kopi yang sedang diekstraksi menghasilkan citarasa yang lebih utuh dan cenderung lebih sweet.

Vietnam Drip

Teknik ini hampir mirip dengan Cold Brew, yakni membutuh waktu cukup lama lantaran menunggu tetesan kopi setetes demi setetes seperti teknik drip pada umumnya. Berbeda dengan Cold Brew yang menggunakan air dingin, teknik Vietnam Drip ini memakai air panas.

Hal yang menjadi pembeda adalah tambahan susu kental manis ke dalam cangkir kopi lalu aduk hingga rata. Ini merupakan kebiasaan orang Vietnam dalam menikmati kopi.

Lifestyle

Payudara Sering Gatal? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Published

on

Ilustrasi mengenai kesehatan organ payudara.

Geosiar.com, Lifestyle – Payudara gatal di waktu tertentu mungkin menjadi hal umum bagi sebagian wanita. Gatal pada payudara biasanya terjadi karena alasan yang sama seperti gatal di area lain seperti stimulasi ujung saraf. Seringkali rasa gatal di payudara ini bukan dikarenakan oleh penyakit kulit atau semacamnya, namun karena beberapa penyebab lainnya.

Dilansir dari Medical News Today, Rabu (13/11), berikut ini adalah beberapa alasan masuk akal mengapa payudara seringkali terasa gatal. Penasaran?

Perubahan hormon

Ketika menstruasi atau adanya kenaikan berat badan, hormon bisa berubah. Dan perubahan hormon ini juga bisa memberi pengaruh terhadap area kewanitaan tak terkecuali payudara. Payudara akan terasa gatal meski tak ada benjolan atau lainnya.

Suhu lingkungan

Perubahan suhu sekitar juga bisa menyebabkan kulit kering pada payudara dan membuatnya gatal. Terkena keringat setelah olahraga juga bisa membuat payudara gatal karena bakteri.

Memiliki eksim

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kering, gatal, dan radang yang muncul sebagai ruam merah. Jika Anda seringkali mengalami gatal pada payudara sesaat, eksim bisa menjadi penyebabnya

Kulit kering

Kulit kering pada payudara akan menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Kulit kering akan membuat permukaan areola dan puting mengelupas atau pecah-pecah dan bukan hanya gatal, tapi juga pedih. Oleskan pelembab agar tidak gatal, jangan digaruk.

Pertumbuhan

Beberapa perempuan akan mengalami beberapa fase pertumbuhan seperti misalnya pubertas, hamil dan menyusui. Pada fase-fase ini, payudara mengalami pertumbuhan sehingga ukuran payudara lebih besar, dan proses ini seringkali menimbulkan kulit gatal.

Kanker payudara

Pada kasus tertentu, payudara (terutama area puting dan areola) gatal bisa jadi gejala kanker karena jaringan payudara mengalami inflamasi atau peradangan. Terkadang diikuti gejala lain seperti panas dan bengkak.

Itulah beberapa penyebab payudara gatal. Ketahui apa penyebabnya dan jangan ragu memeriksakannya ke dokter jika gatal tak kunjung mereda.

Continue Reading

Lifestyle

Lansia Boleh Kok Coba 5 Olahraga Ini!

Published

on

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat baik dilakukan oleh para lansia. [Foto: istimewa]

Geosiar.com, Lifestyle – Seiring pertambahan usia, kondisi tubuh pun kian menurun sehingga membutuhkan perhatian khusus. Gejala-gejala penuaan sudah mulai muncul pada usia 50-an. Hal itu menandakan tidak semua aktivitas fisik atau olahraga bisa dilakukan demi meningkatkan kebugaran tubuh.

Selain meningkatkan kemampuan fisik, olahraga juga mampu memperbaiki kualitas tidur dan menjaga tubuh dari serangan penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, yang pada umumnya terjadi di usia 50-an ke atas.

Lantas olahraga apa saja yang tepat buat usia 50 tahun ke Atas? Melansir dari WebMD, berikut olahraga yang cocok untuk usia 50-an. Simak penjelasan berikut ini yuk.

Yoga

Bukan rahasia lagi jika yoga memiliki banyak manfaat kesehatan. Yoga dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Tak hanya itu, yoga juga dapat mengurangi kecemasan dan depresi yang kerap muncul seiring bertambahnya usia.

Jika Anda berada dalam kondisi sehat, setidaknya lakukan aktivitas kardio sebanyak 150 menit dalam sepekan. Akan lebih baik jika Anda membaginya ke dalam tiga hari menjadi 50 menit dalam setiap harinya.

Joging

Jika Anda tak masalah dengan keringat yang mengucur, coba lah untuk joging atau berlari kecil. Joging dapat membantu menjaga detak jantung dan melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular.

Kenakan sepatu yang tepat dan jangan lupa untuk beristirahat sejenak, maka persendian Anda akan baik-baik saja. Peregangan ekstra juga akan mengurangi kemungkinan cedera.

Berjalan kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang aman dilakukan oleh segala rentang usia baik anak-anak hingga dewasa tidak terkecuali orang tua.

Berjalan kaki menjadi olahraga untuk lansia yang dapat dilakukan dengan teratur sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Banyak manfaat dari berjalan kaki, yaitu menjaga kesehatan tulang, jantung, paru dan otot.

Tenis

Olahraga raket seperti tenis bagus untuk menekan risiko penyakit jantung. Bermain tenis dua hingga tiga kali dalam sepekan dapat meningkatkan stamina tubuh dan mengontrol kadar kolesterol.

Berenang

Olahraga air dapat membantu menjaga ketahanan tubuh serta membangun otot dan tulang. Berenang juga dapat membantu membakar kalori dan menjaga kesehatan jantung.

Meskipun tidak semua lansia mampu berenang, namun berenang merupakan salah satu olahraga untuk lansia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berenang mampu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Selain itu dengan berenang membuat lansia dapat bergerak bebas. Namun sebaiknya konsultasikan kegiatan olahraga ini kepada dokter agar tidak terjadi saat masalah saat melakukannya.

Itulah beberapa olahraga yang bisa dicoba untuk usia 50-an. Namun, Anda harus tetap waspada jika nyeri dada, masalah pernapasan, pusing, masalah keseimbangan, dan mual muncul saat berolahraga. Sebab, beberapa tanda itu bisa menjadi peringatan bagi kondisi tubuh.

Continue Reading

Lifestyle

Kejam, 4 Zodiak Ini Tega Tinggalkan Pasangan Karena Bosan

Published

on

Ilustrasi pasangan. (Foto: shutterstock)

Geosiar.com, Lifestyle – Rasa bosan kerap datang di tengah hubungan asmara. Namun, bukan berarti rasa itu kita biarkan merusak hubungan yang kita bangun. Saat menemukan orang yang tepat, kita seharusnya siap untuk berkomitmen dan jatuh cinta dengan cara yang sama selamanya. Namun, tentu saja ini sangat sulit diterapkan dalam kehidupan nyata, bukan?

Kebosanan itu sebenarnya hal wajar dalam sebuah hubungan. Tetapi, jangan sampai kita menjadi pribadi yang tega meninggalkan pasangan karena alasan telah bosan dengannya.

Mengutip dari laman bustle.com, 4 zodiak ini termasuk sangat jahat karena sering meninggalkan pasangannya dengan alasan telah bosan. Mereka tidak segan untuk memutus komunikasi dengan pasangan bila merasa pasangannya bukan lagi sosok yang menarik di hatinya.

Siapa saja zodiak yang akan meninggalkan pasangannya karena alasan bosan? Semoga salah satunya bukan kamu ya.

Aquarius

Pemilik zodiak ini tahu betul apa yang diinginkan oleh hatinya. Saat ia merasa tidak bahagia atau tidak nyaman dengan pasangannya, ia akan segera meninggalkan pasangannya. Yang lebih menyakitkan, aquarius bahkan tega berpura-pura tak lagi mengenal pasangannya di masa depannya. Sekalinya ia mengatakan putus atau memutuskan meninggalkan pasangan, sosok pasangan tak akan ada lagi di benak atau hatinya.

Aries

Zodiak pertama yang tega meninggalkan pasangannya karena dia telah bosan adalah aries. Dibandingkan bertahan dengan pasangan yang tak lagi dicintainya, aries lebih memilih segera pergi dan memutuskan hubungan mereka. Sebagai pribadi yang blak-blakan dan apa adanya, ia juga akan jujur ke pasangan mengenai alasannya meninggalkan pasangan.

Scorpio

Tak mudah untuk meraih hati scorpio. Butuh waktu lama untuk meyakinkan pemilik zodiak ini bahwa pasangannya adalah sosok terbaik untuknya. Jika dalam waktu lama scorpio belum juga menemukan hal yang spesial di diri pasangan, ia tak segan untuk segera meninggalkan pasangannya.

Leo

Ketika leo telah merasa bosan dengan pasangannya atau tidak menemukan sesuatu yang spesial dari pasangan, leo akan segera meninggalkan pasangannya. Leo punya seribu cara untuk memutuskan hubungannya dengan pasangan. Namun dalam kasus ini, leo akan melakukan berbagai cara agar dia tidak dianggap sebagai pihak yang memutuskan hubungannya.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com