Connect with us

Sumut

Siap-siap! Polisi Kembali Gelar Razia Mulai Akhir Oktober

Published

on

Ilustrasi Razia Lalu Lintas.

Geosiar.com, Medan – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan kembali menggelar razia Operasi Zebra Toba 2019 selama dua pekan mulai 30 Oktober-12 November 2019. Tujuan operasi ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kota Medan.

“Pelaksanaan Operasi Zebra ini dilakukan secara serentak di wilayah Indonesia. Pemasangan spanduk juga merupakan langkah pemberitahuan dan keterbukaan dalam pelaksanaan operasi,” ujar Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihatini SIK, saat dikonfirmasi, Sabtu (12/10/2019).

Juliani mengatakan, operasi ini dilakukan selama 14 hari dengan tujuan agar seluruh pengendara kendaraan tetap berhati-hati dan mentaati segala peraturan lalu lintas, termasuk kelengkapan surat- surat kendaraan.

“Operasi Zebra Toba yang digelar selama 14 hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas serta meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” lanjutnya.

Demi menyukseskan operasi ini, Satlantas Polrestabes Medan sudah memasang spanduk di beberapa titik guna menyosialisasikan kegiatan yang tengah dilaksanakan oleh anggota Polri seluruh Indonesia.

“Pemasangan spanduk sendiri dilakukan agar masyarakat mengetahui kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh anggota Polri seluruh Indonesia, sehingga diharapkan warga masyarakat terutama bagi para pengguna jalan tetap mengutamakan keselamatan berlalulintas dengan melengkapi semua surat-surat kendaraan dan kelengkapan teknis lainnya,” pungkasnya.

Adapun target selama pelaksanaan operasi adalah:

  1. Pengemudi menggunakan handphone
  2. Pengemudi melawan arus
  3. Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu
  4. Pengemudi di bawah umur
  5. Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI
  6. Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk
  7. Pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan
  8. Pengemudi yang tidak memiliki kelengkapan SIM, STNK, dan sebagainya
  9. Sepeda motor yang menggunakan atau memasang lampu isyarat lalu lintas (Rotator/Strobo)