Connect with us

Lifestyle

Polusi Udara Sebabkan Rambut Rontok dan Kebotakan, Hati-Hati!

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Tidak hanya merusak paru-paru, ternyata polusi udara juga berdampak langsung pada kesehatan rambut. Studi terbaru ditemukan bahwa polusi udara dapat menyebabkan dan kebotakan.

Perusahaan kosmetik Korea Selatan melakukan penelitian terhadap efek debu dan partikel bahan bakar kendaraan bermotor di udara pada sel kulit kepala manusia. Ini adalah studi pertama yang melihat hubungan antara polusi udara dan kerontokan rambut.

Peneliti Hyuk Chul Kwok di 28th European Academy of Dermatology and Venereology Congress, Madrid, Spanyol berkata “Penelitian kami melihat apa yang terjadi ketika sel-sel yang ditemukan di pangkal folikel rambut terpapar polusi udara.

Hasil penelitian diperoleh bahwa paparan polutan itu mengurangi empat protein yang meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan rambut.

Empat protein tersebut adalah beta-catenin, cyclin D1, cyclin E, dan CDK2. Protein yang terlibat dalam pertumbuhan rambut dan proses pembentukan dan pengaturan folikel adalah protein beta-catenin.

“Saat sel-sel pada kulit kepala manusia terpapar polusi udara dari pembakaran bahan bakar fosil, protein dalam sel yang berguna untuk pertumbuhan rambut dan retensi rambut berkurang secara signifikan,” kata Kwok.

Semakin sering terpapar polusi udara, semakin besar pula efek terhadap kerontokan dan kebotakan rambut. Kemudian disimpulkan orang di kota-kota besar yang dekat dengan polusi udara lebih berisiko mengalami kebotakan dini.

Meskipun demikian, peneliti mengatakan studi lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasi efek polusi udara pada rambut di luar pengujian laboratorium.” Untuk memahami seberapa cepat efek yang dirasakan orang yang secara teratur terpapar polutan dalam kehidupan sehari-hari mereka maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di laboratorium dan penelitian lebih lanjut.”

Tidak hanya kebotakan, polusi udara juga terbukti meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, dan paru-paru. Diperkirakan juga 4,2 juta bayi lahir prematur karena polusi udara. Polusi udara juga berkaitan dengan depresi dan kesuburan yang rendah.

Sebaiknya hindari berada di luar ruangan yang memiliki polusi udara agar terhindar dari kerontokan, kebotakan, dan berbagai risiko kesehatan lainnya akibat paparan polusi udara,. Pakailah masker dan penutup kepala untuk mengurangi efek polusi udara jika harus berada di ruang terbuka.

Lifestyle

Makan Jeruk Saat Musim Hujan Atasi Flu Hingga Stroke

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Musim hujan membuat kesehatan rentan memburuk karena orang-orang tidak dapat pergi keluar untuk berolahraga. Cuaca dingin juga dapat membuat banyak orang terserang flu dan pilek. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh untuk memastikan risiko infeksi dan penyakit berkurang.

Dikutip dari Sindonews, ada cara efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi buah jeruk. Kandungan vitamin C dalam jeruk membantu meningkatkan imunitas dan menangkal risiko infeksi. Tak hanya itu, selama musim hujan, kulit juga mengalami masalah seperti jerawat, kusam dan kering. Adanya vitamin C menjadi nutrisi yang sangat penting untuk kulit dan membantu membuat kulit cerah dan sehat.

Dilkutip dari Times Now News, jeruk juga membantu pengelolaan diabetes dan penurunan berat badan. Karena orang tidak dapat berolahraga secara teratur di musim hujan, maka penting untuk mengkonsumsi makan dengan benar, guna menghindari kenaikan berat badan dan mengendalikan kadar gula darah.

Jeruk mengandung serat yang membantu pencernaan dan memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Hal tersebut dapat membantu mempertahankan berat badan serta kadar gula darah yang sehat.

Tak hanya itu, risiko stroke lebih tinggi saat musim dingin. Oleh karena itu, agar jantung tetap aman dan sehat, Anda mesti memasukkan buah jeruk ke dalam makanan saat musim hujan. Pasalnya, antioksidan yang terkandung dalam buah jeruk telah terbukti secara ilmiah mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Continue Reading

Lifestyle

Berikut 5 Tips Atasi Bau Mulut

Published

on

ilustrasi bau mulut

Geosiar.com, Lifestyle – Halitosis atau dikenal dengan bau mulut umumnya muncul akibat bakteri yang menghasilkan sulfur pada permukaan lidah dan di dalam tenggorokan menjadi aktif.

Reaksi kimia itu menghasilkan volatile sulphur compounds (VSC) yang membuat mulut beraroma tidak sedap alias bau.

Bau mulut mudah dihirup oleh lawan bicara saat Anda tengah berbicara atau menghela napas. Walaupun halitosis tidak berbahaya namun menimbulkan ketidaknyamanan pada lawan bicara.

Namun Anda tidak perlu khawatir dan berkecil hati apabila Anda salah satu yang mengalami bau mulut. Selalu ada solusi agar tak bau mulut lagi buat Anda yang mengalaminya.

Sebuah penelitian dari Journal Of Natural Science, Biology And Medicine yang dikutip dari jpnn.com menyarankan pengelolaan kebersihan mulut dan menghindari faktor pemicu bau mulut.

Berikut ini cara mudah untuk mengusir bau mulut.

  1. menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang ber-fluoride
  2. hindari rokok atau produk tembakau lainnya
  3. berkumur dengan obat kumur non-alkohol
  4. minum cukup air untuk menghindari mulut kering
  5. kunjungi dokter gigi secara berkala, siapa tahu masalah bau mulut yang ditimbulkan akibat masalah gigi

Cobalah lakukan cara di atas, setelah mengetahui kondisi bau mulut yang Anda alami. Dengan demikian, Anda bisa percaya diri pada pertemuan dan berbicara dengan lawan bicara tanpa mengkhawatirkan aroma mulut tidak sedap.

Continue Reading

Lifestyle

Sering Dirindukan Jika Tidak Ada, 4 Zodiak Ini Ngangenin

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Ketika tengah berkumpul dengan rekan-rekan, terkadang kita pasti menyadari bahwa akan ada satu orang yang dirindukan jika tidak ada.

Dikutip dari fimela, ternyata orang yang mudah dirindukan ini dapat ditebak dari zodiaknya. Berikut ini sekian zodiak yang nganenin jika tidak ada.

Cancer

Cancer selalu tahu perasaan orang lain dan paling kalem dan paling penuh cinta, mereka selalu dicari saat ada cara kumpul bersama. Kehadirannya selalu membuat orang nyaman dan meski bukan tipe yang humoris, akan tetapi ia selalu bisa membuat suasana menyenangkan. Tipe yang keibuan dan melindungi ini selalu dirindukan.

Virgo

Sifat Virgo yang jujur dan sering mengkritik mungkin dinilai sedikit menyebalkan, akan tetapi sosoknya yang cerdas dan selalu tahu banyak hal serta bersikap netral terhadap banyak hal selalu dirindukan banyak orang. Pemilik zodiak Virgo merupakan tipe teman yang tidak akan memihak apabila ada perselisihan antar teman.

Gemini

Dalam setiap kelompok teman, kamu akan selalu membutuhkan teman yang banyak bicara, dan peran itu bisa diisi oleh Gemini yang selalu tak bisa diam. Ia selalu punya cerita menarik untuk didengarkan, ia juga mengutamakan komunikasi dengan teman dan memastikan setiap waktu yang dihabiskan selalu menyenangkan.

Sagitarius

Sagitarius bisa jadi mood booster dalam kelompok pertemanan kalian. Si ceria yang penuh energi ini tahu bagaimana cara membuat suasana meriah dan hidup. Mereka selalu tertawa renyah dan itu menular. Saat ada tawa, maka semua merasa bahagia, inilah yang membuat Sagitarius dirindukan.

Itulah sekain zodiak yang ternyata paling dirindukan ketika tidak ada. Kira-kira, apakah kamu merupakan salah satunya yang sering dirindukan?

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com