Connect with us

Dunia

Menteri Dalam Negeri AS Kevin McAleenan Mundur dari Jabatan

Published

on

Kevin McAleenan

Geosiar.com, Jakarta – Pelaksana Menteri Dalam Negeri Amerika Serikat (AS), Kevin McAleenan dilaporkan mengundurkan diri dari jabatannya, pada Jumat (11/10/2019).

McAleenan mulai menjabat sebagai pelaksana menteri dalam negeri pada April lalu usai Kirstjen Nielsen mundur sebagai menteri dalam negeri karena dianggap kelompok Republik gagal dalam menyelesaikan masalah imigran dan perbatasan Meksiko.

Sebelum menjadi pelaksana menteri dalam negeri, Mcaleenan sempat bekerja menjadi komisioner untuk Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan, salah satu badan yang berada di bawah payung Kementerian Dalam Negeri AS.

Pengunduruan diri McAleenan diumumkan oleh Presiden Trump melalui akun Twitter-nya.

“Sekarang Kevin, setelah beberapa tahun di Pemerintah, ingin menghabiskan lebih banyak waktunya dengan keluarganya dan akan ke sektor swasta,” tweet Donald Trump, seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (12/10/2019).

“Saya akan mengumumkan pelaksana menteri yang baru pekan depan. Banyak kandidat luar biasa,” tambah Trump.

McAleenan dalam pernyataannya mengatakan, selama enam bulan menjabat, Kementerian Dalam Negeri sudah membuat kemajuan yang luar biasa dalam mengatasi masalah keamanan di perbatasan dan krisis kemanusiaan yang dihadapi selama setahun ini.

Sementara Ketua parlemen AS Nancy Pelosi mengatakan, pengunduran diri McAleenan adalah sinyal terbaru mengenai kegagalan kepemimpinan pemerintah, yang membuat situasi kemanusiaan di perbatasan semakin memburuk, dan menimbulkan rasa sakit dan tragedi terhadap begitu banyak jiwa.