Connect with us

Lifestyle

Ini Alasan Mengapa Kita Harus Hindari Makan Sambil Berdiri

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Alangkah baiknya agar menikmati makanan dengan posisi duduk bukan makan sambil berdiri. Karena posisi berdiri saat makan dapat memengaruhi tubuh kita.

Peneliti menyatakan bahwa berdiri sambil makan dapat meningkatkan stres pada tubuh.

Dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, penelitian yang dipublikasikan di Journal of Consumer Research menyatakan bahwa postur tubuh bisa berdampak pada indera pengecap kita. Makanan dapat terasa kurang lezat jika kita menikmatinya sambil berdiri.

Dikutip juga dari fimela, peneliti secara khusus meneliti kaitan antara vestibular (sistem yang mencakup bagian telinga dalam dan otak yang mengolah informasi sensorik terkait pengendalian keseimbangan tubuh dan pergerakan mata) dan sistem sensoris pengecap. Hasilnya, tim peneliti menemukan bahwa gaya gravitasi mendorong darah ke bagian bawah tubuh. Membuat jantung harus bekerja keras untuk mengalirkan darah kembali ke atas tubuh, sehingga detak jantung melaju lebih cepat.

Saat posisi kita berdiri ketika makan, maka hypothalamic-pituitary adrenal (HPA) axis akan aktif dan menyebabkan peningkatan konsentrasi hormon stres, kortisol. Pengaruhnya dapat berdampak pada sensitivitas sensorik kita yang berdampak pada pengujian makanan dan minuman.

Ketika kita tengah merasa tidak nyaman, makanan yang biasanya enak akan terasa tidak anek. Tim peneliti mengonfirmasi hipotesis mereka dengan melibatkan 350 partisipan untuk mencicipi keripik pita (pita chips). Hasilnya, orang yang makan sambil berdiri menilai rasanya kurang enak dibandingkan orang yang makan sambil duduk di kursi empu.

Selain itu, saat makan dengan posisi berdiri, rasa makanan atau hidangan yang kita santap bisa terasa kurang lezat. Ada baiknya saat makan, kita mencari tempat duduk yang nyaman dan menikmati makanan dengan perlahan.