Connect with us

Nasional

Sofyan Tsauri Sebut JAD Bekasi Bagian Kelompok Teroris Abu Qutaib

Published

on

Pelaku penusukan Menkopolhukam Wiranto, Syahrial Alamsyah (51) alias Abu Rara

Geosiar.com, Jakarta – Mantan narapidana atau napi kasus terorisme Sofyan Tsauri menceritakan, jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi, kelompok penyerang Menkopolhukam Wiranto, Abu Rara dan Fitria adalah bagian dari kelompok Tambun, Bekasi yang sempat dipimpin oleh Ruri Alexander Rumatarai alias Iskandar alias Abu Qutaibah.

“Kelompok yang bermain kemarin (penyerangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto) dari kelompoknya Tambun,” ujar Sofyan, Jumat (11/10/2019).

Kepolisian menyatakan, pasangan suami-istri Abu Rara dan Fitria merupakan anak buah Abu Zee, pentolan JAD Bekasi.

“Abu Rara terpapar dari media sosial Abu Zee dan sempat dinikahkan di Bekasi dengan FA (Fitria),” tandas Dedi.

Abu Zee sempat ditangkap pada September 2019 lalu. Akan halnya Abu Qutaibah ditangkap pada 7 Juni 2017. Ia diduga terlibat dalam pengeboman Kampung Melayu.

Ini bukan pertama kalinya Qutaibah masuk penjara. Pada 2013 lalu, bekas orang nomor satu JAD Bekasi itu juga pernah diringkus dan divonis dua tahun penjara karena terlibat dalam jaringan Abu Roban di Bima.

Dalam persidangan Aman Abdurrahman pada 2018, ia menyatakan bahwa Abu Qutaibah adalah sosok yang dihormati dan dihargai dilingkungan tahanan.

Nasional

Eks Kapolri Tito Karnavian Resmi Jadi Mendagri

Published

on

Jenderal Polisi Tito Karnavian mendatangi Istana

Geosiar.com, Jakarta – Jenderal Polisi Tito Karnavian resmi mendapat pekerjaan baru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Menteri Dalam Negeri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

“Bapak Muhammad Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Jokowi menyampaikan, Tito bertanggung jawab terhadap urusan di daerah. Kemudian Jokowi juga berpesan kepada Tito agar mengurusi kepastian hukum di daerah terkait investasi.

Tito menduduki kursi yang telah itinggalkan Tjahjo Kumolo yang hari ini resmi pamit karena ditugaskan sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) 2019-2014.

“Terima kasih atas perhatian dan dukungannya selama ini di Kementerian Dalam Negeri. Mohon maaf kalau banyak hal yang kurang berkenan. Saya sudah tidak ditugaskan lagi di Kemendagri. Terima kasih semuanya,” tutur Tjahjo melalui pesan singkat yang diterima Rabu (23/10/2019).

Seperti diketahui, sebelumnya Tito Karnavian adalah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Ia memasuki masa purnatugas usai diberhentikan melalui sidang paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa (22/10/2019).

Tito merupakan lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian pada 1987.

Karirnya diakui gemilang dan tercatat pernah menempati sejumlah posisi sebelum menjadi ditunjuk Presiden menjadi Kapolri pada Juli 2016. Di antaranya sebagai Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror pada 2009-2010, Kapolda tipe A di Papua pada 2012 hingga 2014 dan Kapolda Metro Jaya pada 2015-2016, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 2016.

Continue Reading

Nasional

Berada di Kabinet Jokowi, Prabowo Akrab dengan Fachrul Razi Hingga Luhut

Published

on

Prabowo Subianto menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Maruf Amin

Geosiar.com, Jakarta – Prabowo Subianto resmi masuk Kabinet Jokowi Jilid II. Ketua Umum Partai Gerindra itupun tampak berbaur dengan sejumlah menteri-menteri lainnya, terutama dengan Fachrul Razi dan Luhut Binsar Panjaitan. Ketiganya sama-sama mantan prajurit TNI.

Setelah dipastikan sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto terlihat berbincang sambil tertawa dengan Fachrul Razi, Jenderal Purnawirawan yang dulu sempat memecat dirinya dari perwira TNI.

Fachrul adalah Wakil Ketua Dewan Kehormatan Perwira (DKP) yang turut menandatangani pemecatan Prabowo dari perwira TNI terkait kasus penculikan aktivis 1998 oleh Tim Mawar. Surat keputusan DKP dibuat pada 21 Agustus 1998 silam. Saat ini Fachrul ditetapkan sebagai Menteri Agama.

Ia juga mengaku tak masalah apabila harus bekerjasama dengan Prabowo Subianto di kabinet.

“Saya dengan Prabowo biasa-biasa saja, kalau ketemu peluk-pelukan, makan bareng,” tutur Fachrul di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, (22/10/2019).

Tak hanya itu, Prabowo juga tampak akrab dengan Luhut Binsar Panjaitan yang kini masih tetap menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman di Kabinet Jokowi Jilid II ini.

Setelah menerima SK untuk selanjutnya dilantik, Prabowo berjalan kaki menuju ruang pelantikan bersama dengan Luhut Binsar Panjaitan. Keduanya pun tampak berbincang-bincang hangat.

Continue Reading

Nasional

Jokowi Minta Syahrul Yasin Limpo Urus Pertanian

Published

on

Syahrul Yasin Limpo

Geosiar.com, Jakarta – Mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo kelihatan terseyum bahagia setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (22/10/2019).

Ketika ditanya posisi apa yang akan didapatnya di kabinet kerja jilid II, Syahrul mengaku tidak disampaikan secara spesifik menteri apa yang akan dijabatnya.

“Tapi yang banyak beliau tanyakan kepada saya, bagaimana menjamin 267 juta jiwa ini terpenuhi kebutuhan dasarnya. Lebih khusus di bidang pertanian, perkebunan, dan kehutanan,” tutur Syahrul di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (22/10/2019).

Syahrul mengaku bahwa dirinya siap sedia menerima penugasan dari Jokowi tersebut.

“Saya lama ngurusin kelurahan,” kata kader NasDem ini.

Dia menceritakan sudah berpengalaman mengurusi daerah mulai dari saat menjabat lurah, camat, hingga menjadi kepala daerah selama 25 tahun.

“Saya dua kali bupati, satu kali wakil gubernur, dua periode jadi gubernur,” tutup Syahrul Yasin.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com