Connect with us

Lifestyle

Ini 3 Buah yang Cocok Dikonsumsi Ketika Menstruasi

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Ketika masa menstruasi, tubuh biasanya tidak nyaman sekali. Perubahan hormon dapat mempengaruhi kondisi tubuh, seperti nyeri perut, kembung, kelelahan, dan selera makan yang sulit dikendalikan. Apalagi jika kita disibukkan oleh aktivitas dan rutinitas yang padat, rasanya badan ini sakit semua.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk bantu redakan kondisi tubuh yang tidak nyaman selama haid yakni mengonsumsi makanan yang tepat misalnya buah-buahan.

Dikutip dari fimela, ada beberapa jenis buah yang cocok dikonsumsi ketika sedang menstruasi.

Buah Jeruk

Buah pertama yakni jeruk. Dilansir dari shape.com, perempuan yang mengonsumsi kalsium dan vitamin D yang banyak berisiko rendah mengalami gejala PMS (premenstrual syndrome). Kalsium bantu redakan perasaan gelisah dan tertekan yang dirasakan oleh otak.

Sementara vitamin D dapat membantu mengatur enzim yang mengubah triptofan menjadi serotonin yang membantu menjaga suasana hati. Buah jeruk bisa dikonsumsi selama haid untuk bantu menjaga kondisi dan kebugaran tubuh.

Buah Pisang

Selanjutnya adalah buah pisang. Buha ini kaya akan vitamin B6, magnesium, dan kalium. Mengonsumsi buah pisang bisa bantu mengatasi retensi cairan dalam tubuh dan mencegah perut kembung. Selain itu, mengonsumsi pisang bisa membantu kita mendapat siklus haid yang lebih teratur.

Buah Semangka

Ketika sedang menstruasi biasanya kita ingin mengonsumsi yang manis-manis. Daripada mengonsumsi camilan yang kandungan gulanya terlalu tinggi, cobalah konsumsi buah semangka. Buah semangka mengandung gula alami dan menyegarkan. Bisa dikonsumsi untuk membuat tubuh berenergi.

Dibalik itu semua, imbangi juga dengan minum air putih yang cukup. Jika memungkinkan, lakukan olahraga ringan untuk bantu redakan rasa sakit atau tidak nyaman ketika menstruasi.