Connect with us

Dunia

Kunjungi Istana Singapura, Jokowi Disambut Iriana

Published

on

Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong melihat Anggrek Iriana Jokowi di The Istana, Singapura, pada Selasa, 8 Oktober 2019

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Singapura untuk menghadiri Annual Leaders Meeting dengan Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong kemarin, Selasa (8/10/2019).

Saat tiba di The Istana, rombongan Kepala Negara RI disambut oleh Ibu Negara Iriana Jokowi. Bunga anggrek jenis Dendrobium yang diberi nama serupa dengan Ibu Negara RI yaitu Dendrobium Iriana Jokowi.

Dilihat dari foto-foto dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi dan Lee Hsien Long tampak menengok dan berfoto di depan Anggrek Iriana. Begitu pula para menteri dari kedua negara.

“Anggrek ini dinamai setelah kunjungan Presiden Indonesia Yang Mulia Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo ke Taman Nasional Anggrek pada 29 November 2015,” ujar Sekretariat Presiden dalam keterangan persnya, Rabu (9/10/2019).

Pertemuan kedua pemimpin itu bertujuan menindaklanjuti perkembangan kerja sama kedua negara itu. Sejumlah materi utama yang akan dibahas tindak lanjut Leader’s Retreat 2018, termasuk pembahasan seputar Kendal Industrial Park dan Nongsa Digital Park.

Kendal Industrial Park merupakan kawasan industri terbesar di Jawa Tengah yang menjadi proyek kerja sama antara Indonesia dengan Singapura. Ketika peresmian pada awal 2016, Jokowi menyatakan ini merupakan ikon baru bagi perwujudan kerja sama kedua negara.

Adapun Nongsa Digital Park adalah kawasan di Kota Batam, Kepulauan Riau, yang berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital. Kawasan yang diresmikan pada 2018 tersebut menjadi jembatan digital antara Indonesia dan Singapura.

Jokowi juga berencana akan membahas penguatan kerja sama pembangunan dan pendanaan infrastruktur serta pembangunan sumber daya manusia, khususnya di bidang pendidikan vokasi.