Connect with us

Politik

Ketua MPR Usul Pelantikan Presiden dan Wakilnya Jadi Pukul 2 Siang

Published

on

Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet

Geosiar.com, Jakarta – Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet melaporkan, para pimpinan MPR setuju agenda pelantikan presiden-wakil presiden terpilih 2019-2024 jadi pukul 14.00 WIB siang. Sebelumnya, Bamsoet melontarkan wacana agenda pelantikan diadakan sore hari.

“Ada wacana juga kalau jam 4 sore mepet dengan magrib. Jadi sepakat mengusulkan kepada Kesetjenan MPR maupun protokol Istana dan presiden untuk dilakukan jam 2 siang,” ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Menurutnya, pelantikan pukul 14.00 WIB itu ideal. Hal itu mengingat sejumlah kegiatan pada 20 Oktober 2019 yang jatuh pada hari Minggu.

“Karena CFD berakhir jam 11 dan ibadah bisa selesai sekitar jam 12. Kita juga yang muslim bisa selesai (salat) zuhur kemudian masih sempat juga salat asar begitu pelantikan selesai. Jadi kami sepakat mengusulkan jam 2,” jelasnya.

Bamsoet menyebut, usul para pimpinan MPR itu bakal disampaikan kepada pihak Kesetjenan, protokol Istana serta presiden-wakil presiden. Bamsoet berharap upacara pelantikan Jokowi dapat berlangsung dengan baik.

Bamsoet sebelumnya mengatakan pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin pada 20 Oktober 2019 diundur hingga pukul 16.00 WIB. Seharusnya pelantikan digelar pukul 10.00 WIB.

Sementara pihak KPU mengatakan, pengunduran jam pelantikan tidak dipermasalahkan yang penting tetap pada 20 Oktober 2019.

“Terkait masalah jam pelantikan diundur, bahkan bila ingin digelar malam hari pun tidak apa-apa, yang penting pada tanggal 20 Oktober,” ungkap komisioner KPU Viryan Aziz pada Rabu (9/10/2019).