Connect with us

Sumut

Antisipasi Lalulintas Gridlock, Pemko Medan Wujudkan Transportasi Massal Buy The Service

Published

on

Medan, Geosiar.com – Menyikapi persoalan kemacetan lalulintas di kota Medan yang terancam ‘gridlock’. Dimana dengan peningkatan jumlah kendaraan yang sangat tinggi, sementara ruas badan jalan yang terbatas dikuatirkan pada Tahun 2024 akan terjadi kemacetan lalulintas stagnan. Guna mengantisipasi hal itu Pemko Medan ternyata sudah memiliki strategi khusus dengan melakukan pengembangan transportasi massal berbasis jalan dengan skema pembelian layanan (Buy The Service).

Melalui diskusi wartawan Geosiar.com dengan Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution (foto) di ruang kerjanya, Senin (7/10/2019) disebutkan, telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Peruhungan RI melalui Dirjen Perhuhungan Darat dengan mewujudkan program pengembangan angkutan massal di kota Medan.

“Masalah kondisi lalu lintas di kota Medan, saat ini menjadi perhatian khusus kita. Selain perbaikan infrastruktur jalan dan mengatasi banjir berkelanjutan, mengatasi kemacetan lalulintas juga menjadi program utama kita,” sebut Ir Akhyar Nasution.

Dijelaskan Ahkyar, pengembangan transportasi massal akan dimulai Tahun 2020. Kerjasama dengan Dirjen Perhuhungan Darat program itu sudah dimatangkan. “Dana untuk mendukung sarana dan prasarana sudah kita tampung di APBD Pemko Medan TA 2020,” urai Akhyar.

Ditambahkan, dalam hal itu Pemko Medan sudah mempersiapkan sarana pendukung untuk program itu. Apalagi peran Pemko telah diserahkan sepenuhnya terkait penyediaan fasilitas naik turun penumpang, penataan trayek feeder dan sosialisasi.

Menurut Akhyar, sistem angkutan massal berbasis skema pembelian layanan (Buy The Service/BTS) yakni perusahaan angkutan disubsidi oleh Dirjen Perhubungan ke beberapa operator konsorsium. Nantinya, seluruh pengusaha angkutan di kota Medan akan dilibatkan yang dikordinir pihak Organisasi Angkutan Darat (Organda).

Ditambahkan Ahkyar, rencana pengembangan koridor angkutan perkotaan sistem BTS di kota Medan direncanakan 8 titik. Koridor tersebut yakni koridor Terminal Pinang Baris – Lapangan Merdeka, Terminal Amplas – Lapangan Merdeka, Belawan – Lapangan Merdeka, Terminal Pinang Baris – Terminal Amplas, Terminal Pinang Baris – Sp Aksara/Jl Letda Sujono, Medan Tuntungan – Lapangan Merdeka, Tembung -Lapangan Merdeka dan koridor Deli Tua – Lapangan Merdeka.

Diharapkan, dengan terlaksananya angkutan massal dengan sitem BTS tersebut sehingga kemacetan lalu lintas si kota Medan dapat diminimalisir. Dimana kemacetan jalan lalulintas di Medan saat ini sudah sangat kritis dan nyaris stagnan. (lamru)

Advertisement

Sumut

Gubsu Buka Pameran Otomotif GIIAS di Hotel Santika Premiere Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi resmi membuka pameran otomotif ternama di Medan 2019, Senin (23/10/2019). Pameran otomotif milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) ini akan berlangsung selama lima hari kedepan hingga Minggu, 27 Oktober 2019, di Santika Premiere Hotel & Convention, Medan.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Ketua DPRD provinsi Sumatera Utara yang di wakili oleh Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani serta Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI yang di wakilkan oleh Kasubdit uji tipe kendaraan bermotor, Dewanto Purnacandra.

Disebutkan, GIIAS Medan 2019 menjadi ajang yang menunjukkan pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Rizwan Alamsjah selaku ketua III GAIKINDO menyatakan keyakinannya akan pertumbuhan industri otomotif nasional, dan perkembangan poitif yang di catat provinsi Sumatera Utara akan menjadi salah satu pendorongnya.

“Dari data pertumbuhan yang tercatat di GAIKINDO, Sumatera Utara saat ini berada di posisi tujuh dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik Indonesia. Sehingga kami berharap GIIAS Medan 2019 dapat menjadi sebuah ajang yang turut mendorong dan membesarkan industri otomotif Indonesia memasuki akhir tahun 2019 ini,” ujar Rizwan.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang diwakili oleh kasubdit uji tipe kendaraan bermotor Dewanto Purnacandra mengungkapkan apresiasi atas Kontribusi GAIKINDO yang sangat penting juga bagi Kementerian Perhubungan.

“Apresiasi kami kepada GAIKINDO yang telah mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan di Indonesia. Dan lewat penyelenggaraan GIIAS Medan 2019 kami harap akan dapat semakin memaksimalkan edukasi publik akan hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan teknologi otomotif,” ungkapnya.

Kementerian perhubungan menyampaikan apresiasi kepada GAIKINDO yang telah mendukung kebijakan kementerian perhubungan dalam meningkatkan kendaraan bermotor dan keselamatan Indonesia. “Kami mengungkapkan antusias atas penyelenggaraan GIIAS medan 2019 semoga dengan penyelenggaraan GIIAS ini meningkatkan prestasi membanggakan baik untuk peningkatan industri dibidang otomotif atau perekonomian di Indonesia.” pungkasnya
Edy Rahmayadi.

Dikatakan, bahwa Industri otomotif menjadi salah satu pemasok devisa terbesar di Indonesia .”Di Sumatera sendiri masuk setiap bulan 3.000 kendaraan. Satu bulan pajak kendaraan 60M. Hal ini berarti memberikan pemasukan untuk daerah” ujarnya.

“Sumatera Utara (Sumut) menjadi satu provinsi dengan kapasitas perekonomian terbesar keenam di Indonesia, serta yang tertinggi di wilayah Pulau Sumatera. Bahkan, pertumbuhan ekonomi provinsi dengan ibukota Medan tersebut, tercatat selalu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional. Dan kehadiran GIIAS di Medan tentu akan membawa nilai positif yang akan semakin menyokong tingkat pertumbuhan ekonomi kami,” paparnya.

Penyelenggaraan GIIAS Medan menjadi catatan tersendiri bagi GAIKINDO, untuk menutup rangkaian penyelenggaraan GIIAS The Series yang sebelumnya telah berlangsung dengan sukses di Surabaya, Jakarta, dan Makassar. “Bagi kami, menghadirkan ajang terbaik bagi publik adalah fokus utama, dan kami berharap GIIAS Medan akan selalu menjadi ajang yang ditunggu masyarakat Sumatera Utara, dan Medan khususnya,” ujar Rizwan Alamsjah.

Ditambahkan, GIIAS Medan 2019 akan menampilkan delapan merek kendaraan ternama, yaitu DFSK, Honda, Lexus, Mitsubishi Motors, Renault, Toyota, Wuling, dan VW. Dari kategori sepeda motor AHM juga telah memastikan kehadirannya. Berbagai merek dari industri pendukung juga akan meramaikan pameran otomotif terbesar di Sumatera.

Deretan Program Khusus Untuk Publik Medan, berbagai program juga akan menyemarakkan GIIAS Medan 2019, Program terbaru dan yang paling menarik dari GIIAS Medan 2019 adalah talkshow seputar bisnis otomotif, GIIAS Autopreneur yang telah menjadi magnet pengunjung dipenyelenggaraan rangkaian GIIAS The Series sebelumnya.

Berlangsung dalam dua hari berturut pada 24 – 25 Oktober 2019 di GIIAS Medan 2019, GIIAS Autopreneur, wadah berbagi ilmu dan pengalaman seputar bisnis otomotif, dengan sejumlah pakar otomotif sebagai pembicaranya. Topik diskusi yang diangkat melingkup inovasi dan kreasi kendaraan, serta menjadi pengusaha di bidang otomotif.

Pengunjung bisa mendapat insight yang bermanfaat dari para pembicara yang datang dari berbagai latar belakang, dan kali ini GIIAS Autopreneur akan menghadirkan Influencer Otomotif Lutfi Aziz dan Gandy November, serta Agus Gusno dari PARJO Creative Movement.
Selain itu bermacam promo menguntungkan dan program seru yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari promo bagi-bagi voucher bensin, hingga promo tiket masuk akan menyemarakkan GIIAS Medan 2019.

Bersama dengan sponsor exclusive E-commerce and online ticketing Blibli.com, GIIAS Medan akan memberikan penawaran khusus Buy 3 get 1 Free entry untuk pembelian tiket menggunakan aplikasi Blibli.com yang dilakukan diarea pameran. Sementara Astra Financial selaku sponsor dari GIIAS Medan 2019, Astra Financial akan menghadirkan berbagai program menarik yang salah satunya adalah penawaran solutif dan menarik untuk setiap kegiatan financial pengunjung pada GIIAS Medan 2019. (rel/lamru)

Continue Reading

Sumut

Fraksi Gerindra DPRD Medan Peduli Warga Korban Kebakaran di Sei Kera Hulu

Published

on

Medan, Geosiar.com – Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Sentosa Lama, Kelurahan Sei Kera Hulu, Kecamatan Medan Perjuangan, Rabu (23/10/2019).

Bantuan berupa mi instan sebanyak 26 kardus serta beras sebanyak 36 karung yang diserahkan langsung kepada para korban kebakaran.

Selain memberikan bantuan, para anggota juga memberikan motivasi serta semangat kepada warga agar tetap bersabar.

“Kami atas nama Fraksi Gerindra DPRD Medan ikut berduka dan berharap semoga korban diberi kekuatan. Dan kami berharap kepada pihak yang mampu, agar ikut berpartisipasi meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah,” kata penasehan Fraksi Gerindra, Ihwan Ritonga SE saat memberikan bantuan.

Terlihat ikut pada saat pemberian bantuan diantaranya, Sekretaris Fraksi Dedi Akhsyari Nasution, Wakil Ketua Edy Suranta Meliala, Bendahara Dame Duma Sari Hutagalung, anggota Sahat Simbolon, Mulia Syahputra Nasution, Siti Suciati serta Netty Yuniarti Siregar.

Sebelum memberikan bantuan, anggota DPRD Medan Fraksi Gerindra langsung menemui dan mendengarkan keluh kesah warga yang menjadi korban kebakaran yang terjadi pada Senin 21 Oktober 2019 lalu.

“Kami sebagai wakil rakyat hari ini mengunjungi warga korban kebakaran di Jalan Sentosa Lama ini.Sebagai anggota Dewan, kami merasa turut berduka dan prihatin. Kami memberikan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian kami,”kata Dame Duma Sari Hutagalung.

Duma berpesan kepada warga korban kebakaran agar dapat bersabar dalam kejadian tersebut. (lamru)

Continue Reading

Sumut

Kepala Dinas PPAPPKB Sambangi Polres Tebing Tinggi

Published

on

Suasana kunjungan dan silaturahmi Dinas PPAPPKB Kota Tebing Tinggi di Polres Tebing Tinggi, Rabu (23/10/2019). (Foto: WH/Geosiar.com).

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPAPPKB) Kota Tebing Tinggi, Hj. Nina Zahra, SH. MAP menyambangi Polres Tebing Tinggi dalam rangka mempererat silaturahmi sekaligus menjalin hubungan kerja sama, Rabu (23/10/2019) pukul 10.30 WIB.

Kunjungan itu pun disambut baik oleh Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi, SIK didampingi Wakapolres Kompol R Manurung, Kasat Serse AKP Rahmadani, Kasat Lantas AKP S Siagian, Kanit PPA Iptu Dhora Simanjuntak.

“Pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak tidak dapat hanya diselesaikan oleh satu lembaga, akan tetapi harus melibatkan berbagai instansi terkait dan masyarakat,” ucap Kapolres dalam kata sambutannya di Taman Musyawarah Polres Tebing Tinggi, Rabu (23/10/2019).

Menurutnya, kekerasan terhadap anak tidak hanya terjadi di luar rumah, melainkan dari dalam rumah yang pelakunya justru orang tua si anak sendiri. Karena itu, dia mengatakan bahwa pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak membutuhkan perhatian bersama. (WH)

Kunjungan ini berlangsung kondusif. Masing-masing pihak tampak antusias membahas permasalahan perempuan dan anak, secara khusus di Kota Tebing Tinggi. (WH)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com